Sukses

Masalah Screen Burn di iPhone 14 Pro Bikin Kesal Pengguna, Ini Cara Mencegahnya

Sejumlah pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max keluhkan masalah screen burn akibat adanya fitur Always on Display. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hal serupa terjadi pada perangkat kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin marak terjadi, sejumlah pengguna melaporkan kekhawatiran mereka dan menyayangkan adanya masalah screen burn di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mereka. 

Belum setahun diluncurkan, flagship Apple ini rupanya telah memiliki suatu masalah yang menimbulkan protes bagi penggunanya.

Siapa sangka, salah satu fitur utama yang dipromosikan Apple, yakni Always on Display justru berpotensi menciptakan masalah screen burn pada layar ponsel.

Dilansir dari Gizchina, Selasa (21/2/2023), telah ditemukan beberapa laporan pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dari media sosial yang mengalami screen burn

Masalah ini terlihat seperti afterimage yang tetap ada di layar bahkan setelah ponsel dimatikan atau berpindah aplikasi. 

Tak hanya itu, terdapat pula laporan yang memperlihatkan screen burn terletak di area dekat Dynamic Island, tempat diletakkannya kamera depan dan beberapa sensor.

Masalah ini umum terjadi ketika menjalankan satu atau dua aplikasi akibat perubahan visual yang dinamis. Namun yang memprihatinkan, beberapa orang mengaku ponsel yang mereka miliki ini baru digunakan kurang dari sebulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Apple Terkait Masalah Screen Burn

Seperti pada gambar di atas, masalah ditemukan ketika terdapat bayangan berwarna putih saat membuka suatu aplikasi lain.

Menurut seorang pengguna yang mengeluhkan masalah ini, ia telah melaporkannya dan meminta bantuan ke Apple's after-sales service. Namun, salah satu karyawan Apple yang ia temui menyatakan bahwa mereka belum pernah mengalami hal tersebut.

Di samping itu, dikabarkan bahwa pengguna itu dapat menerima penggantian layar gratis dengan Apple Care+ Extended yang dimiliki.

Meskipun begitu, hingga saat ini iPhone belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait langkah yang akan diambil untuk menangani masalah ini.

Sebenarnya, masalah screen burn seperti ini lazim ditemukan di berbagai perangkat dengan beragam faktor yang memengaruhinya. Akan tetapi, fitur Always on Display di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini memungkinkan masalah serupa dapat lebih sering terjadi ke depannya. 

3 dari 4 halaman

Mencegah Masalah Screen Burn di iPhone 14 Pro

Adanya beberapa keluhan yang diajukan pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max seharusnya menjadi pengingat bagi pengguna lainnya untuk lebih waspada akan potensi terjadinya masalah serupa. 

Penting bagi pengguna untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar dapat meminimalkan risiko. Salah satunya dengan mengurangi waktu penggunaan fitur Always on Display atau bahkan menonaktifkannya. 

Seperti yang dikutip dari Gizchina, Selasa (21/2/2023), aktif mengganti wallpaper dan mengurangi penggunaan aplikasi yang memiliki elemen statis untuk menghindari tampilan statis jangka panjang pada layar merupakan langkah yang dapat dilakukan secara rutin.

Kini, masih banyak pengguna yang menunggu keterangan dan solusi yang akan diberikan Apple untuk menanggapi masalah screen burn ini.

Sementara menunggu, cara-cara di atas dapat diaplikasikan untuk mencegah terjadinya masalah serupa pada perangkat pengguna.

4 dari 4 halaman

Masalah Screen Burn pada Perangkat Lainnya

Tidak hanya pada iPhone, kasus screen burn juga lazim terjadi di berbagai perangkat lain ketika gambar statis terus muncul di layar dalam jangka waktu lama. Hal ini menyebabkan beberapa pixel pada layar menjadi lebih terang secara permanen dari pixel di sekitarnya. 

Berikut ini beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan screen burn pada layar smartphone kamu:

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi 

Kebiasaan membiarkan ponsel digunakan dalam tingkat kecerahan yang tinggi merupakan salah satu penyebab screen burn karena pixel layar terus bekerja secara maksimal.

Perangkat Over-heat 

Hal ini umum terjadi ketika terlalu lama menggunakan ponsel atau meninggalkan ponsel di bawah suhu tinggi sehingga menimbulkan masalah pada kualitas layar.

Penuaan Layar

Faktor ini memang tidak bisa dihindari karena usia perangkat yang sudah tua kerap menyebabkan komponen elektroniknya melemah sehingga lebih rentan terkena screen burn

Namun apabila perangkat dirawat dengan baik, kualitas komponennya pun dapat terjaga dalam waktu yang relatif lebih lama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.