Sukses

Harga iPhone 11 Turun Hampir 50 Persen dari Harga Rilis, Masih Layak Beli di Tahun 2023?

Harga iPhone 11 di tahun 2023 turun hampir 50 persen dari harga saat pertama kali launching di tahun 2019. Berikut pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli.

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun 2023 ini, iPhone 11 turun harga hampir 50 persen dari harga saat pertama kali launching. Berdasarkan pantauan di situs penjualan resmi iPhone di Indonesia, harga iPhone 11 tercatat Rp 6.999.000.

Padahal, saat rilis di tahun 2019, harga iPhone 11 nyaris menyentuh Rp 13 juta untuk varian memori paling kecil yakni 64 GB.

Meskipun telah tertinggal tiga generasi dari rillisan terbaru iPhone 14 series, ponsel Apple pertama yang dijuluki "iPhone Boba" ini tetap menarik untuk dibahas.

Mengingat harga iPhone keluaran baru yang semakin mahal, tidak sedikit orang masih minat untuk memiliki iPhone seri lama, baik dengan membeli unit baru maupun bekas.

Saat ini, unit baru iPhone 11 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7 juta di situs distributor resmi seperti iBox dan Digimap. Sementara itu, unit lama dapat dibeli di berbagai gerai online maupun offline dengan harga mulai dari Rp 5 juta.

Di samping harganya yang jauh lebih murah, banyak peminat yang masih mempertanyakan kelayakan ponsel ini untuk digunakan di tahun 2023.

Kualitas yang bersaing dengan HP Android keluaran terbaru di harga yang sama menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli ponsel ini.

Jadi, apakah membeli iPhone 11 masih layak di tahun 2023 ini? Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain yang Tidak Jauh Berbeda dari Penerusnya

Soal desain, iPhone 11 tidak terlalu tertinggal oleh seri-seri penerusnya. Kehadiran kamera bermodel "Boba" yang disusun dalam modul persegi membuatnya masih hits hingga saat ini.

Banyaknya pilihan warna yang cantik dengan nuansa pastel juga menjadi poin plus tersendiri bagi sebagian peminat. 

Pada bagian belakang, iPhone 11 memiliki pinggiran alumunium matte dengan lapisan glossy yang juga dilengkapi dengan logo Apple. Sementara untuk bagian body, ponsel ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari iPhone 12 namun tetap solid dan nyaman untuk digengam.

Perbedaan yang paling signifikan mungkin terdapat pada layar iPhone 11 yang masih menggunakan notch memanjang yang terkesan membosankan, sedangkan iPhone 14 sudah menerapkan Dynamic Island dengan berbagai fitur menarik. 

3 dari 4 halaman

Performa dan Spesifikasi yang Masih Mumpuni

Untuk ponsel keluaran 3 tahun lalu, performa iPhone 11 masih terbilang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan aktivitas pengguna.

Dengan ditenagai chip A13 Bionic yang dikombinasikan dengan iOS, ponsel ini masih cukup andal dalam penggunaan berbagai aplikasi, seperti multimedia yang berat sekalipun.

Kini, iPhone 11 juga telah mendapatkan update sistem operasi terbaru dengan iOS 16 dan kemungkinan masih dapat diperbarui hingga minimal dua tahun ke depan. 

Selain itu, tidak dapat dimungkiri bahwa salah satu keunggulan iPhone dibandingkan Android adalah kualitas kameranya. iPhone 11 yang dibekali kamera utama dan kamera ultra wide beresolusi 12 MP masih memiliki hasil yang bagus untuk standar tahun 2023.

Dengan bukaan kamera f/1.8, kamera dapat menangkap cahaya yang cukup banyak sehingga kualitas gambar memiliki warna cerah natural yang konsisten khas kamera iPhone.  

Dikutip dari situs DxOmark, iPhone 11 memiliki kualitas kamera dengan nilai skor 109 dan menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

4 dari 4 halaman

Kelemahan yang Perlu Dipertimbangkan

Walaupun banyak aspek yang mendukung kelayakan iPhone 11 untuk digunakan di tahun 2023, terdapat pula beberapa kekurangan yang wajib dipertimbangkan.

Salah satu kelemahan iPhone 11 yakni kualitas layar yang sudah jauh tertinggal dari kebanyakan HP Android di harga RP 3 jutaan.

Dengan jenis layar Liquid Retina HD1 IPS beresolusi 1792 x 828 pixel, aktivitas scrolling media sosial mungkin akan terasa sedikit lambat.

Begitu pula dengan menonton film ataupun bermain game dengan visual yang berat, layar hanya mendukung penggunaan 60hz. 

Tak hanya itu, memori internal iPhone 11 juga terbilang kecil, hanya 64GB untuk harga Rp 7 juta sehingga pengguna harus pintar-pintar mengirit penggunaan memori atau berlangganan iCloud. 

Akan tetapi, pengguna juga dapat memilih varian dengan memori 128GB seharga RP 8,5 juta untuk dapat mengunduh lebih banyak aplikasi yang membutuhkan memori besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.