Sukses

Update One UI 5.1 Siap Hadir di HP dan Tablet Samsung, Cek Jadwalnya di Sini

Setelah dirilis pada pekan lalu, update One UI 5.1 siap hadir di deretan HP dan tablet Samsung dalam beberapa pekan mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi dirilis pekan lalu, update One UI 5.1 untuk perangkat Samsung dikonfirmasi siap hadir pada beberapa minggu mendatang. One UI baru berbasis Android 13 ini diperkenalkan di event Samsung Galaxy Unpacked awal Februari.

Selain akan dijalankan secara bawaan pada Galaxy S23 series, update One UI 5.1 juga akan digulirkan untuk sederet HP Samsung lainnya. 

Saat ini, update One UI 5.1 sudah tersedia di Galaxy S22 series dan Galaxy S21 series. Pengguna Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy S21 FE 5G, Galaxy S20 series, dan Galaxy S20 FE juga sudah bisa melakukan update.

Tidak hanya HP flagship di atas, update One UI 5.1 juga akan menyambangi ponsel dan tablet Samsung lainnya. Untuk mengetahui daftar perangkat dan jadwal rilisnya, simak informasi lengkapnya seperti dikutip dari SamMobile, Senin (20/02/2023), berikut ini: 

Jadwal Rilis One UI 5.1 untuk HP dan Tablet Samsung

Minggu Ketiga Februari 2023

  • Galaxy Z Flip3 and Z Fold3
  • Galaxy Tab S8, Tab S8 Plus, Tab S8 Ultra
  • Galaxy A73 5G, A53 5G, A33 5G

Minggu Keempat Februari 2023

  • Galaxy A72, Galaxy A52s 5G, Galaxy A52 5G, Galaxy A52
  • Galaxy Tab S7 FE, Galaxy Tab S7 Plus, Galaxy Tab S7
  • Galaxy Z Fold 2 and Galaxy Z Flip
  • Galaxy Note 20 and Galaxy Note 20 Ultra

Minggu Pertama Maret 2023

  • Galaxy A71 5G and Galaxy A71
  • Galaxy A51 5G and Galaxy A51
  • Galaxy Tab S6 Lite

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembaruan Widgets serta Personalisasi Modes dan Routines

Sebagai informasi, pengguna perangkat Samsung mungkin tidak menyadari perubahan desain yang drastis pada update One UI 5.1. Namun, pembaruan tersebut menghadirkan beberapa perubahan kecil

Beberapa perubahan tersebut adalah fitur Modes dan Routines, lock screen baru yang dapat dikustomisasi, dan beberapa perbedaan pada ikon volume dan output media.

Salah satu perubahan visual yang paling signifikan di One UI 5.1 datang dari beragam widget baru, seperti widget cuaca dinamis, peningkatan pada widget Smart Suggestions, dan widget baterai.

Dihimpun dari XDA Developers, Senin (13/02/2023), widget Smart Suggestions kini dapat merekomendasikan daftar lagu dan playlist di Spotify berdasarkan aktivitas yang sedang dilakukan pengguna, seperti berolahraga atau mengemudi.

Selain itu, fitur Modes juga dapat mengubah wallpaper sesuai aktivitas pengguna. Sementara fitur Routines akan menyajikan lebih banyak opsi di mana pengguna dapat mengganti ringtone dan font. 

 

3 dari 4 halaman

Multitasking Lebih Leluasa dengan One UI 5.1

Tidak hanya itu, update kali ini juga memungkinkan peningkatan multitasking dengan kemudahan mengatur besar kecil jendela aplikasi.

Kini, pengguna dapat dengan leluasa menarik salah satu sudut aplikasi yang sedang digunakan untuk menempati sebagian layar home screen dengan ukuran yang dapat disesuaikan (Pop-Up View).

Berbeda dari One UI 5.0, cara yang sama juga dapat dilakukan untuk mengembalikan jendela aplikasi ke mode layar penuh.

Pada mode Split-screen Samsung DeX, pengguna dapat mengatur ukuran masing-masing jendela aplikasi. Beberapa aplikasi yang baru digunakan juga akan muncul di multi-window untuk memudahkan pengguna.

Untuk pembaruan di aplikasi Samsung Notes, nantinya beberapa pengguna juga dapat membuat atau mengedit sebuah dokumen secara langsung dan bersamaan.

4 dari 4 halaman

Bixby untuk Menjawab Panggilan Telepon

Pada One UI 5.1, salah satu fitur asisten virtual Samsung yang mengalami peningkatan adalah Bixby Text Call dengan dukungan penggunaan bahasa Inggris. Fitur ini sebelumnya telah muncul di One UI 5.0 tetapi hanya tersedia dalam bahasa Korea.

Bixby Text Call memungkinkan pengguna menjawab panggilan telepon di keadaan yang tidak memungkinkan untuk berbicara di telepon. Suara penelpon akan ditranskrip ke dalam teks dan pengguna juga dapat membalasnya melalui teks.

Selanjutnya, Bixby akan menerjemahkan teks respons dari pengguna ke bentuk suara untuk menjawab penelpon layaknya telepon biasa. Selain itu, ntuk memudahkan pengguna, menu Quick Response yang ditampilkan Samsung dapat dipersonalisasi terlebih dahulu.

(Din/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.