Sukses

Bocoran Desain iPhone 15 Pro dengan Port USB C Beredar di Internet

Bocoran pertama desain iPhone 15 Pro yang beredar di media sosial tunjukkan tampilan baru dengan penggunaan USB-C untuk gantikan port Lightning pada series sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar yang dianggap sebagai iPhone 15 Pro beredar di media sosial Twitter pada Jumat (17/02/2023) sore. Menariknya, gambar yang dibagikan oleh akun @URedditor ini memperlihatkan port USB C alih-alih port Lightning pada iPhone generasi mendatang.

Sejak tahun 2012, Apple telah menggunakan port Lightning pada sebagian besar produknya. Maka, peralihan ke USB C ini menjadi salah satu perubahan signifikan bagi generasi terbaru iPhone yang akan rilis di tahun 2023 ini. 

Meskipun Apple telah menggunakan USB C pada berbagai produknya seperti iPad dan Mac, bocoran gambar tersebut tetap menarik perhatian pengguna karena iPhone belum mengikuti jejak produk lainnya dengan port USB C.

Sementara itu, iPhone merupakan produk Apple yang memiliki kontribusi paling tinggi pada total pendapatan Apple di tahun 2022.     

Sebelumnya, berbagai model computer-aided design (CAD) untuk iPhone 15 Pro juga telah bermunculan. Umumnya, Apple memberikan bocoran desain kepada pabrik-pabrik di Asia guna mempersiapkan casing sebelum peluncuran resmi produk berikutnya. 

Pada render yang diterbitkan oleh 9to5Mac berdasarkan render CAD sebelumnya, visualisasi pertama dari desain bezel yang lebih tipis dan tepi melengkung juga cukup akurat dengan bocoran foto iPhone 15 Pro yang beredar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

USB C Gantikan Port Lightning

Dilansir dari 9to5Mac, perubahan port Lightning ke USB-C bisa jadi merupakan dampak dari adanya tekanan dari Uni Eropa yang mendorong produsen untuk mengikuti standar pengisian daya umum pada semua jenis smartphone dan perangkat. Regulasi ini juga berlaku pada kamera digital, konsol video games, dan tablet yang mendukung teknologi pengisian baterai.

Pada aturan ini juga disebutkan bahwa setelah tanggal 28 Desember 2024, setiap produk yang dipasarkan di Uni Eropa wajib menggunakan port USB-C. Hal ini telah diresmikan dan dicatat dalam jurnal Europian Union Law 2022. 

Meskipun foto tersebut hanya menunjukkan bocoran untuk iPhone 15 Pro, pembaruan port akan hadir pada seluruh jajaran iPhone 15, termasuk iPhone 15 Plus dan Pro Max. Sementara itu, penyempurnaan desain pada seri ini akan mengikuti masing-masing model iPhone 15. 

 

3 dari 4 halaman

Pembaruan Desain Bezel dengan Titanium

Selain mengonfirmasi penggunaan port USB-C pada iPhone 15 series mendatang, foto tersebut juga menunjukkan perubahan yang terlihat pada desain bezel yang lebih tipis dan sedikit melengkung di tepian body yang tersambung ke layar. Meskipun mirip dengan seri iPhone 11, bodi utama iPhone 15 Pro ini tetap menggunakan desain kotak.

Lengkungan di bagian tepinya juga menyerupai desain MacBook Pro 14 inci serta MacBook Air M2 yang baru sehingga menampilkan transisi yang mulus ke bingkai. 

Dalam beberapa laporan, dikabarkan bahwa Apple akan beralih dari baja tahan karat ke titanium untuk iPhone 15 Pro. Dengan demikian, iPhone 15 Pro akan memiliki lapisan matte yang mirip dengan Apple Watch Ultra. 

Ukuran bezel yang lebih tipis juga telah ditampilkan pada bocoran CAD. Jika ukuran layar iPhone 15 Pro ini masih 6,1 inci seperti seri pendahulunya, maka genggaman ponsel ini akan terasa lebih ringkas. Hal ini sejalan dengan rumor bahwa iPhone 15 Pro akan hadir dengan tampilan yang lebih stylish.

4 dari 4 halaman

Perubahan Tombol dan Kamera yang Lebih Tebal

Dalam CAD yang beredar, ukuran lensa kamera di belakang body iPhone 15 Pro terlihat lebih tebal. Dikabarkan, kemungkinan Apple akan meningkatkan sistem kamera dan menghadirkan sensor gambar yang lebih besar. 

Akan tetapi, tata letak kamera iPhone 15 Pro tidak jauh berbeda dengan iPhone 14 Pro, di mana tiga lensa dan pemindai LiDAR disusun dalam modul persegi. 

Sementara itu, perubahan tombol pada bagian samping ponsel berbeda dari yang dikabarkan. Tombol volume di iPhone 15 Pro nampak seperti tombol kapasitif dan ukuran mute switch terlihat lebih kecil dan bulat.

Salah satu perubahan yang paling iconic pada iPhone 14 series yakni fitur Dynamic Island akan tetap eksis pada seri rilisan mendatang dengan ukuran yang diperkirakan sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.