Sukses

iPhone 15 Pro Bakal Punya Bezel Lebih Tipis Daripada iPhone 14 Pro

iPhone 15 Pro dikabarkan akan memiliki bezel lebih tipis daripada iPhone 14 Pro, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 15 series bakal rilis pada tahun ini. Perangkat baru Apple tersebut diprediksi akan hadir dengan ukuran yang sama dengan lini iPhone 14. Namun ada satu peningkatan dari sisi layarnya.

Sekadar informasi, iPhone 14 series yang dirilis 2022 lalu terdiri dari empat model. Masing-masing adalah iPhone 14 dengan ukuran layar 6,1 inci, iPhone 14 Plus yang punya layar 6,7 inci, iPhone 14 Pro dengan layar 6,1 inci, dan yang paling flagship, iPhone 14 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Terbaru, mengenai bocoran iPhone 15 series, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/2/2023), leaker ShrimpApplePro, menyebut model iPhone 15 Pro akan memiliki bezel lebih tipis ketimbang iPhone 14 series.

ShrimpApplePro disebut-sebut sebagai leaker yang memiliki sumber akurat tentang informasi-informasi Apple di masa lalu.

Informasi dari ShrimpApplePro tersebut dikonfirmasi dengan bocoran dari sumber lain yang menyebutkan hal serupa. Jadi, kemungkinan besar iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max --yang mungkin disebut sebagai iPhone 15 Ultra-- akan memiliki bezel lebih ramping.

Menurut informasi tersebut, pengurangan ukuran bezel akan menyebabkan peningkatan ruang layar yang dapat digunakan, meskipun peningkatannya akan kecil. Bezel yang lebih tipis ini juga membuat tampilan ponsel Apple ini sedikit berbeda dengan pendahulunya.

Sayangnya, disebutkan kekurangan dari bezel iPhone 15 Pro lebih tipis ini adalah tidak adanya cukup ruang untuk meletakkan jari si pengguna. Hal ini pun bisa berdampak pada adanya berbagai sentuhan yang tidak disengaja. Namun, nantinya lambat laun pengguna iPhone 15 Pro akan terbiasa dengan bezel yang lebih tipis ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikabarkan akan Punya Tepian Layar Edge

Selanjutnya, ShrimpApplePro juga mengatakan, di masa lalu, iPhone 15 akan memiliki tepian melengkung alias desain layar edge. Tetapi sumber ini tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Leaker tersebut juga mengklaim, bezel yang lebih tipis dengan tepian melengkung akan menciptakan efek layar seperti Apple Watch.

Menurut rumor sebelumnya, seluruh lini iPhone 15 akan memiliki layar dengan fitur Dynamic Island, bukan lagi notch seperti pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

3 dari 4 halaman

Hilangkan Port Lightning

Hal lain dari iPhone 15 Pro adalah, perangkat ini jadi iPhone pertama yang menghilangkan port Lightning dan tombol-tombol fisik.

Masih dari segi layar, model standar iPhone 15 mungkin akan tetap mempertahankan refresh rate 60Hz dan kemungkinan akan ditenagai chipset A16 Bionic. Sementara, model Pro dan Pro Max (atau mungkin namanya Ultra), dapat menampilkan chip dengan proses 3nm.

Model flagship yang digadang-gadang akan disebut sebagai iPhone 15 Ultra kemungkinan besar akan menampilkan kamera zoom periskop. Fitur ini bisa membantunya jadi smartphone dengan kamera terbaik tahun 2023.

4 dari 4 halaman

iPhone dengan Dual Port, Lightning dan USB Type C

Sebelumnya, aturan baru Uni Eropa mengharuskan perangkat mobile menggunakan sistem port pengisian daya tunggal, melalui port USB Type C. Hal ini bukanlah masalah besar karena sebagian besar vendor smartphone dan elektronik lainnya menggunakan port ini, kecuali Apple.

Untuk mematuhi aturan tersebut, Apple memiliki beberapa opsi yang bakal dipertimbangkannya. Ada laporan bahwa iPhone mendatang hanya akan mendukung pengisian daya portabel. Ada juga laporan bahwa pengguna tidak akan bisa menggunakan sembarang kabel USB Type C pada seri iPhone 15.

Mengutip Gizchina, Selasa (14/2/2023), sejauh ini ada sejumlah engineer yang berhasil mengubah antarmuka Lightning iPhone ke USB C. Kini ada ide lain mengenai iPhone dual-port.

Dalam hal ini, engineer menambahkan antarmuka port USB Type C ke antarmuka Lightning port lama. Ia adalah YouTuber dengan akun Hyphaistos3672 yang mengerjakan perubahan port iPhone 12 dengan menyertakan port USB Type C di sisi samping dari port Lightning di perangkat tersebut.

Untuk bisa menambahkan port tersebut, terlebih dahulu dia harus membongkar iPhone 12, memangkas lubang yang ada di bagian bawah, dan menempatkan port USB Type C di sana dan menghubungkan ke perangkat keras ponsel yang ada.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.