Sukses

Vonis Kuat Ma'ruf dan Bripka RR Ricky Rizal Lebih Berat dari Tuntutan, Warganet: Sudah Sepantasnya di Atas 10 Tahun

Berikut ini adalah cuitan warga Twitter terkait perbandingan vonis hukupan Bripka RR Ricky Rizal dengan Kuat Ma'ruf di platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) telah resmi menjatuhkan vonis Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Adapun Asisten rumah tangga (ART) keluarga mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, diganjar 15 tahun penjara.

Sementara itu, Bripka RR Ricky Rizal turut mendapatkan penambahan masa tahanan dari yang dituntutkan oleh JPU pada persidangan 16 Januari 2023 dari 8 tahun menjadi 13 tahun.

Vonis Bripka RR Ricky Rizal ini lebih lama ketimbang dari tuntutan JPU, namun lebih ringan 2 tahun daripada hukuman penjara Kuat Ma'ruf.

Hukuman vonis penjara terhadap Ricky Rizal ini lebih ringan tujuh tahun dari Putri Candrawathi yang divonis 20 tahun penjara dan Ferdy Sambo dengan hukuman mati.

Tak berlangsung lama, warga di Twitter pun mulai ramai membandingkan vonis Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Saking ramainya, keyword Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf pun masuk dalam daftar trending topic di Twitter hari ini.

Berikut ini adalah cuitan warganet terkait perbandingan vonis Bripka RR Ricky Rizal dengan Kuat Ma'ruf di platform media sosial milik Elon Musk.

"Kuat sama ricky rizal layaklah diatas 10 taun, kasih keterangan berbelit2. Ga jelas poll. Bisa2nya JPU kemarin cuma kasih 8 taun," kata @bette****.

"Padahal vonis Ricky Rizal bisa lebih tinggi krn doi polisi, tapi gegara punya 3 anak masih kecil kali ya jadi dikurangin🤔," ucap @nuru****.

"Sambo mati, pc 20 tahun, kuat 15 tahun, ricky rizal 13 tahun, eliezer????" tanya @choco**** di Twitter.

"Ricky rizal 13 tahun okay but kirain bakal lebih tinggi dari kuat," jelas @suka****

"Sambo Hukuman Mati, PC hukuman 20 tahun penjara, Kuat Maruf 15 tahun, Ricky rizal 13 tahun, Eliezer kira2 bsk kena brp tahun?" unggah @Umar****

"Sama juga seperti yang lain...vonis lebih tinggi dibanding tuntutan jaksa! Bravo majelis hakim👏👏👏," jelas @Santo****

"Ferdy Sambo hukuman mati.Putri Candrawathi 20 tahun penjara.Kuat Ma'ruf 15 tahun penjara.Ricky Rizal 13 tahun penjara.

Semua vonis lebih tinggi daripada tuntutan jaksa. Bagaimana dengan Richard Eliezer?" ucap @1bi****

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bripka Ricky Rizal Divonis 13 Tahun Penjara

<p>Ricky Rizal bersiap mengikuti sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (24/1/2023). Ricky Rizal Wibowo yang menjadi salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) mengaku menyesal tidak menyampaikan kejadian yang sebenarnya sejak awal penyidikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)</p>

Terdakwa Bripka Ricky Rizal mendapatkan hukuman penjara 13 tahun penjara dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Hukuman yang didapatkan Ricky Rizal itu lebih ringan dari hukuman penjara terdakwa lain yakni Kuat Ma’ruf.

"Mengadili,  menyatakan terdakwa atas nama Ricky Rizal telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 13 tahun. Menyatakan pidana tersebut akan dikurangi lamanya terdakwa dalam berada tahanan, memerintahkan terdakwa tetap ditahan, menyatakan barang bukti dikembalikan kepada jaksa penuntut umum untuk digunakan di perkara lain," ujar hakim, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023).

Sebelum menjatuhkan vonis, Hakim menyampaikan pertimbangan hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa Ricky Rizal.  Hakim menilai, terdakwa terbelit-belit dan tidak berterus terang dalam memberikan keterangan. Hal itu mempersulit jalannya persidangan. “Perbuatan terdakwa telah mencoreng nama baik institusi kepolisian,” ujar dia.

Adapun hal yang meringankan terdakwa Ricky Rizal yaitu masih mempunyai tanggungan keluarga dan memperbaiki perilakunya pada kemudian hari.

Hukuman yang diberikan kepada Ricky Rizal ini memang lebih berat dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pada 16 Januari 2023, Ricky Rizal dituntut delapan tahun penjara.  Tuntutan yang diberikan tersebut juga sama dengan terdakwa lainnya yaitu Kuat Ma’ruf dan Putri Candrawathi. Namun, hukuman yang diberikan kepada Ricky Rizal ini lebih ringan dua tahun dari Kuat Ma’ruf. Kuat Ma’ruf divonis penjara selama 15 tahun.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Kuat Ma’ruf 15 tahun penjara,” kata Wahyu.

Selain itu, hukuman kepada Ricky Rizal ini lebih ringan tujuh tahun dari Putri Candrawathi yang divonis 20 tahun penjara.

3 dari 4 halaman

Vonis 13 Tahun Penjara untuk Ricky Rizal, Ini 2 Hal yang Memberatkannya

<p>Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Yosua, Ricky Rizal bersiap mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan,Selasa (14/2/2023). JPU meminta Majelis Hakim menyatakan Ricky bersalah karena turut serta melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. (Liputan6.com/Herman Zakharia)</p>

Sebelumnya,  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis hukuman 13 tahun penjara terhadap Ricky Rizal.

"Menjatuhkan pidana terhadap terpidana tersebut selama 13 tahun, menyatakan pidana tersebut dikurangkan dengan lamanya terdakwa dalam masa tahanan," ujar hakim, di PN Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023).

Ricky Rizal dinyatakan sah dan bersalah melakukan tindakan pidana serta turut melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Vonis Ricky Rizal ini lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Ricky Rizal dengan hukuman pidana 8 tahun penjara.

Menurut hakim, terdapat dua hal yang memberatkan hukuman Ricky Rizal. Hal tersebut yakni Ricky Rizal berbelit-belit selama memberikan keterangan dalam sidang kasus pembunuhan Brigadir J.

Majelis hakim juga menganggap Ricky Rizal telah mencoreng nama baik kepolisian dengan perbuatannya tersebut. Atas hal itulah, majelis hakim menjatuhkan vonis 13 tahun penjara.

Di sisi lain, ada dua hal yang meringankan Ricky Rizal yaitu ia masih muda serta masih memiliki tanggungan keluarga. Ricky Rizal sendiri tampak tak terlalu banyak berbicara usai vonis yang dijatuhkan pada dirinya.

4 dari 4 halaman

Hakim Sebut Ricky Rizal Penuhi Unsur Kesengajaan Ikut Menghilangkan Nyawa Brigadir J

Terdakwa kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal usai menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023). Majelis hakim menjatuhkan vonis 13 tahun penjara kepada Ricky Rizal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, majelis hakim membacakan sejumlah pertimbangan soal keterlibatan terdakwa Ricky Rizal atas kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Hakim menilai, perbuatan Ricky memenuhi unsur kesengajaan dalam ikut menghilangkan nyawa Brigadir J.

"Sikap terdakwa tidak lain dan tidak bukan bahwa terdakwa telah menghendaki serta mengetahui sekaligus menunjukkan adanya kesengajaan khususnya sebagai maksud menghilangkan nyawa korban Yosua di Rumah Dinas Duren Tiga," kata hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023).

"Menimbang bahwa dari uraian di atas majelis hakim berpendapat unsur kedua dengan sengaja telah terbukti secara hukum," lanjut dia.

Hakim menjelaskan, kesengajaan Ricky dalam upaya penghilangan nyawa Yosua berawal dari keterlibatannya di rumah Magelang. Saat itu, Ricky mengetahui adanya keributan antara Kuat Ma'ruf dan Yosua. Namun, menurut hakim, hanya senjata milik Yosua yang diamankannya, sedangkan pisau yang digunakan Kuat saat cekcok dengan Yosua tidak ikut diamankan.

"Terdakwa Ricky mengamankan senjata korban Yosua tetapi tidak ikut mengamankan pisau saksi Kuat," kata hakim.

Tidak hanya sampai di situ, kesengajaan terjadi saat rombongan Magelang tiba di Rumah Saguling. Saat itu, Ricky diberitahu Ferdy Sambo untuk menembak Yosua namun hal itu tidak berusaha ditahan justru menurut perintah Sambo untuk memanggil Richard usai perintah Sambo ditolaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.