Sukses

WhatsApp Segera Izinkan Pengguna Kirim Foto dengan Kualitas Tinggi

WhatsApp akan segera mengizinkan pengguna untuk mengirim foto dengan kualitas tinggi tanpa dikompres. Fitur baru WhatsApp tersebut tengah dikembangkan dan diperkirakan segera hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Mengirim foto dari satu perangkat ke perangkat lainnya kini jadi lebih mudah berkat WhatsApp. Sayangnya sampai saat ini, pengguna belum bisa mengirimkan foto dengan ukuran asli alias kualitas tinggi menggunakan WhatsApp.

Kendati demikian, WhatsApp mulai mengupayakannya. Kini dengan batasan ukuran file yang dikirim dari 100MB menjadi 2GB, hanya tinggal tunggu waktu sampai akhirnya aplikasi WhatsApp izinkan pengguna kirim foto via WhatsApp dengan ukuran asli, tanpa dikompres.

WhatsApp telah mengambil langkah pertama untuk menghadirkan solusi tersebut, dengan memasukkan fitur tersebut ke dalam versi beta selulernya.

Kini menurut WABetaInfo, para pengembang berupaya menghadirkan fitur baru WhatsApp ini ke WhatsApp Web. Hal ini bisa dilihat di opsi baru yang akan muncul di menu kirim.

Mengutip Gizchina, Rabu (15/2/2023), para pengguna nantinya bisa memilih ukuran foto yang mau dikirim, antara kualitas "Standard" dan "HD". Opsi HD akan memungkinkan pengguna mengirim foto dalam resolusi setinggi mungkin, tanpa kehilangan kualitas aslinya.

Penting untuk dicatat, saat ini ada kompresi gambar saat pengguna mengirimkan foto melalui WhatsApp. Hal inilah yang membuat kualitas foto WhatsApp tidak selalu yang terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Dalam Pengembangan

Hal ini terlihat ketika membandingkan gambar asli dengan yang lain. Nantinya dengan integrasi fitur baru, masalah penurunan kualitas foto yang dikirimkan tidak akan ada lagi, sehingga memudahkan pengguna berbagi foto kualitas tinggi dengan teman atau keluarga melalui aplikasi WhatsApp.

Perlu dicatat, sejauh ini fitur yang mengizinkan pengiriman foto di WhatsApp dengan kualitas asli masih dalam pengembangan dan belum bisa diakses oleh semua pengguna WhatsApp Web. Namun, tak butuh waktu lama lagi bagi pengembang untuk menyelesaikan integrasi tersebut.

WABetaInfo mencatat fitur ini kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat. Dengan kehadiran pengiriman gambar resolusi penuh di WhatsApp Web akan meningkatkan pengalaman pengguna.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Akan Rilis Fitur Baru yang Mirip Telegram

Terlepas dari itu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Senin (13/2/2023), WhatsApp disebut-sebut hendak menghadirkan fitur baru WhatsApp yakni pin pesan atau obrolan.

Fitur pin pesan atau obrolan sebelumnya sudah ada di Telegram. Tampaknya, rencana WhatsApp menghadirkan fitur pin pesan ini terinspirasi dan tidak mau ketinggalan dari aplikasi pesan yang dikembangkan Pavel Durov tersebut.

WABetaInfo menyebut, WhatsApp segera menambahkan fitur pin pesan, yang kini jadi salah satu fitur terbaik di Telegram.

Hal ini berdasarkan dari versi WhatsApp Beta terbaru WhatsApp untuk Android, yakni versi 2.23.3.17 yang sudah tersedia di Play Store dan menguji fitur pin pesan WhatsApp tersebut.

Dengan fitur pin pesan ini, ketika pengguna mem-pin atau menyematkan pesan dan penerima memiliki versi lawas aplikasi, WhatsApp akan otomatis meminta pengguna untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk menyematkan pesan.

4 dari 4 halaman

Pesan di-pin akan tetap di atas obrolan grup WhatsApp

Penyematan atau pin pesan memungkinkan pengguna untuk menyematkan pesan ke bagian paling atas obrolan. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses chat tertentu yang dianggap penting.

Fitur ini sangat berguna dalam obrolan group, di mana penting untuk menginformasikan sesuatu ke semua anggota. Meski fitur WhatsApp ini masih dalam pengembangan, kemungkinan bakal segera dirilis ke semua pengguna WhatsApp.

Bagi kamu yang ingin menjajal fitur baru ini sebelum dirilis ke masyarakat umum, kamu disarankan untuk mengikuti program WhatsApp Beta.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.