Sukses

Pengguna Ungkap Ada Kekurangan iOS 16.3, Masalah di Backup iCloud hingga Messages

Sejumlah pengguna mengungkap, ada masalah dan kekurangan iOS 16.3, salah satunya di backup iCloud, Photos, dan Messages.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna iCloud mengeluhkan ada masalah sinkronisasi iCloud Drive, Photos, dan pengunggahan backup setelah meng-update perangkatnya ke iOS 16.3. Tidak hanya itu, ada juga yang mengeluhkan soal kurangnya two-factor authentication.

Mengutip Apple Insider, Senin (13/2/2023), dalam unggahan forum dukungan Apple dan Reddit, seseorang menghubungi Apple Insider, menyebutkan ada masalah ketika sejumlah pengguna mencoba menggunakan iCloud.

Masalah ini terjadi setelah pengguna update iOS 16.3. Ada pula masalah perubahan keamanan untuk mengaktifkan kunci keamanan fisik yang akan dipakai untuk mengamankan akun, serta memperluas Perlindungan Data Lanjutan di luar AS.

Laporan oleh pengguna menjelaskan, mereka melihat pesan bertuliskan "An Unexpected Error Occured. Please try again later" atau 'Terjadi Kesalahan Tak Terduga. Silakan coba lagi nanti', setelah mencoba mengaktifkan fitur yang sebelumnya aktif dan berfungsi, yang kini dimatikan setelah update iOS 16.3. Fitur-fitur yang dimaksud mulai dari iCloud Drive dan iCloud Backup.

Utas umum di seluruh laporan pengguna, autentikasi dua faktor tidak diaktifkan di sebagian besar kasus gangguan ini. Dalam kasus lain, laporan tindak lanjut kekurangan iOS 16.3 memperlihatkan, mengaktifkan autentikasi dua faktor ke Apple ID bisa menjadi solusi, tetapi tidak semua orang ingin mengaktifkan fitur keamanan tersebut di akun mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Tambahkan Enkripsi End-to-End di iOS 16.3

Sejumlah pengguna lain melaporkan, mereka mengalami masalah yang sama, tetapi sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor, jadi ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh hal lain.

Sekadar informasi, Apple meluncurkan perlindungan Advanced Data Protection alias perlindungan data tingkat lanjut di AS pada Desember 2022, yang menambahkan enkripsi end-to-end ke iCloud Drive, backup perangkat dan Messages, Photos, dan elemen lainnya. Fitur ini diperluas ke negara lainnya pada 23 Januari.

Tampaknya sejumlah pengguna telah mencoba mendapatkan bantuan dari Apple Support dan pihak Apple sudah menyadari ada sesuatu yang terjadi dengan sistem tersebut.

3 dari 4 halaman

iOS 16.3 Gulirkan Pembaruan Terhadap Bug

Sebelumnya, Apple juga menggulirkan iOS iOS 16.3 ini untuk memperbaiki bug pada sejumlah iPhone, utamanya iPhone 14 Pro series. Belakangan, sejumlah pemilik iPhone 14 Pro series melaporkan layar perangkatnya terdapat garis horizontal saat dalam mode lockscreen dan bug lainnya.

Update ini bisa dibilang cukup minor, tetapi perlu dipasang di iPhone Anda. Bagi mereka pemilik iPhone yang sebelumnya sudah kebagian iOS 16, mereka bisa mendapatkan update ini.

Pada perangkat iPhone 14 Pro, ukuran file yang harus diunduh untuk update ini adalah 761,4MB. Sementara pada iPhone lain mungkin ukuran file-nya setara dengan ukuran file untuk iPhone 14 Pro. Semuanya tergantung pada fitur atau perbaikan bug apa yang diperlukan untuk masing-masing model iPhone.

Cara Update iOS 16.3

- Buka Setting atau Pengaturan

- Ketuk menu General atau Umum

- Lalu, ketuk Update Software atau Pembaruan Perangkat Lunak untuk mengunduh file pembaruan.

 

4 dari 4 halaman

Bawa Wallpaper dan Tampilan Baru

Dalam keterangan resminya, sebelumnya Apple mengonfirmasi, tanggal perilisan update iOS 16.3 ini, sekaligus mengumumkan sejumlah cara perusahaan merayakan Black History Month tahun 2023.

Sekadar informasi, Black History Month dikenal sebagai hari bersejarah bagi etnis Afrika-Amerika, di mana mereka untuk pertama kalinya mendapatkan pengakuan dari pemerintah AS dan Kanada.

Inisiatif untuk merayakan Black History Month yang diperingati pada 1 Februari 2023 dirayakan Apple dengan kehadiran wallpaper Unity baru untuk iPhone dan tampilan Unity untuk Apple Watch via update iOS 16.3.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (20/1/2023), Apple mengatakan, kedua hal ini mengharuskan Apple Watch pengguna menjalankan watchOS 9.3 dan iPhone menjalankan iOS 16.3.

Update ini tengah dalam pengujian beta, tetapi perusahaan menyebut, semuanya tersedia dalam pembaruan "minggu depan".

- Watch face Unity 2023 akan tersedia minggu depan dan mempersyaratkan Watch Series 4 atau yang lebih baru menjalankan watchOS 9.3 serta iPhone 8 atau setelahnya dan iPhone SE gen 2 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.

- Wallpaper Unity iPhone yang baru untuk lock screen juga akan tersedia minggu depan, dan mempersyaratkan iPhone 8 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.