Sukses

Status WhatsApp Punya 5 Fitur Baru, Apa Saja?

Status WhatsApp akan memiliki lima fitur baru, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Status WhatsApp kini jadi cara untuk membagikan pembaruan dengan kontak dan teman dekat melalui aplikasi pesan. Status WhatsApp akan hilang dalam waktu 24 jam dan berupa foto, video, GIF, teks, dan lainnya.

Seperti halnya panggilan dan chat pribadi, status WhatsApp dilindungi dengan enkripsi end-to-end, yang membuat pengguna bisa berbagi secara pribadi dengan aman.

Seiring kehadirannya, WhatsApp mengembangkan berbagai fitur baru Status WhatsApp untuk memudahkan pengguna mengekspresikan diri dan terhubung dengan orang lain.

5 Fitur Baru di Status WhatsApp

  • Pemilih Pemirsa Pribadi

Semua status yang dibagikan pengguna mungkin tidak selalu cocok untuk semua orang di kontak mereka. Untuk itu, WhatsApp menyediakan fleksibilitas bagi pengguna untuk memperbarui pengaturan privasi per status agar bisa memilih orang yang bisa memilih status, tiap kali mengunggah update status.

Pilihan pemirsa paling baru akan disimpan dan digunakan sebagai opsi default untuk status Anda berikutnya.

  • Status Suara

Pengguna bisa mengunggah status dalam bentuk pesan suara. Pengguna bisa merekam dan membagikan pesan suara berdurasi hingga 30 detik di status WhatsApp.

Status suara dapat dipakai untuk membagikan update yang lebih personal, khususnya jika pengguna merasa lebih nyaman mengekspresikan diri, dengan cara berbicara daripada mengetik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru di Status WhatsApp Selanjutnya

  •  Tanggapan Status

Pengguna menambahkan fitur tanggapan status, untuk memberikan cara yang mudah dan cepat untuk merespons pembaruan status dari kontak dan teman dekat pengguna.

Dikatakan WhatsApp, fitur ini merupakan hal nomor satu yang diinginkan pengguna, menyusul peluncuran Tanggapan di tahun lalu. Sekarang, pengguna bisa dengan mudah membalas status apa pun dengan menggeser ke atas dan mengetuk salah satu dari delapan emoji.

Pengguna masih bisa membalas status menggunakan teks, pesan suara, stiker, dan banyak lainnya.

  • Lingkaran Profil Status untuk Pembaruan Baru

Seperti Instagram Stories, kini status WhatsApp juga hadirkan tanda lingkaran di profil pengguna untuk memberikan informasi ke audiens bahwa ada pembaruan status baru.

Dengan begitu, pengguna tidak akan melewatkan status dari orang tercinta. Lingkaran ini nanti muncul di sekeliling foto profil kontak Anda setiap kali mereka membagikan pembaruan status. Lingkaran ini akan terlihat di daftar chat, daftar peserta grup, dan info kontak.

3 dari 4 halaman

Fitur Baru di Status WhatsApp Berikutnya

  • Pratinjau Tautan di Status

Sekarang, saat pengguna mengunggah tatutan di status Anda, Anda secara otomatis melihat pratinjau visual konten tautan tersebut, sama halnya ketika Anda mengirimkan pesan.

Pratinjau visual akan menjadikan status Anda tampil lebih menarik, serta memberikan gambaran lebih baik kepada kontak Anda mengenai isi tautan tersebut sebelum mereka mengkliknya.

Update ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

 

4 dari 4 halaman

Cara Nonaktifkan WhatsApp Sementara

WhatsApp (WA) saat ini telah menjadi aplikasi olah pesan terpopuler, dan sulit dilepas dari kegiatan sehari-hari karena umum dipakai untuk berkomunikasi dengan keluarga hingga urusan kantor.

Namun ada kalanya seseorang menjadi lelah karena terus menerus mendapatkan notifikasi dari teman, kolega, keluarga, hingga pihak tidak dikenal sekali pun.

Bila berhadapan dengan kondisi seperti ini, mungkin ada baiknya kamu menonaktifkan WA sementara tanpa harus menghapus aplikasi dari HP Android atau iPhone.

Diketahui, WhatsApp sendiri tidak memiliki fitur untuk logout atau keluar dari aplikasi sehingga Anda tetap masih bisa terima pesan kapan pun dikirim.

Nah, berikut ini adalah cara menonaktifkan WA sementara tanpa harus menghapus aplikasi tersebut dari perangkat mobile.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Matikan Semua Notifikasi WhatsApp

Mematikan semua notifikasi WhatsApp memungkinkan pengguna menjalani hari tanpa terdistraksi banyaknya notifikasi pesan yang masuk ke aplikasi WhatsApp.

Untuk mematikan notifikasi, tergantung dari OS perangkat yang dipakai.

iPhone:

  • Buka Setting
  • Scroll ke bawah dan tap WhatsApp
  • Masuk ke Notifikasi
  • Di samping Allow Notifications, pastikan untuk geser tombol ke kiri agar tidak ada lagi notifikasi masuk.

HP Android:

  • Buka Setting
  • Ketuk Notifikasi > scroll ke bawah dan pilih WhatsApp
  • Di samping Allow Notifications, matikan sakelar notifikasi 

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini