Sukses

Gempa Turki 6 Februari 2023, Warganet Gaungkan Tagar Pray for Turkey di Twitter

Selain ungkapan rasa duka, warganet juga banyak yang mengirimkan doa bagi warga yang terkena imbas gempa menggunakan #PrayforTurkey.

Liputan6.com, Jakarta - Korban tewas akibat gempa Turki 6 Februari 2023 telah mencapai 912 orang, sebagaimana disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Sementara itu, ada sekitar lebih 5.383 korban luka-luka akibat gempa Turki," kata Recep Tayyip Erdogan sebagaimana dikutip kanal Global Liputan6.com dari BBC.

Sontak kabar ini langsung menjadi sorotan warganet, terutama di platform media sosial milik Elon Musk, yakni Twitter.

Pantauan tim Liputan6.com, #PrayforTurkey sudah menjadi trending topic dengan jumlah cuitan mencapai 11,5 ribu kali.

Selain ungkapan rasa duka, warganet juga banyak yang mengirimkan doa bagi warga yang terkena imbas gempa.

Berikut ini adalah rangkuman postingan warganet terkait gempa Turki hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi WNI di Turki

Seorang pria mengecek bangunan yang runtuh di Diyarbakir, Turki selatan, Senin dini hari, 6 Februari 2023. Laporan The Guardian, Senin (6/1/2023) menyebut, sedikitnya 10 orang tewas di Turki setelah gempa mengguncang selatan negara itu dan juga Suriah utara, kata dua pejabat Turki. (Depo Photos via AP)

Sementara itu, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ankara Turki mengaku dalam kondisi aman saat negara yang ditinggalinya dilanda gempa magnitudo 7,8 (versi USGS).

"Alhamdulillah saya dan keluarga dalam kondisi aman. Saya dan keluarga tinggal di Ankara. Pusat gempa ada di dekat perbatasan Suriah," ujar Farah Fuadona, seorang WNI saat dihubungiĀ Liputan6.com, Senin (6/2/2023).

Farah Fuadona menyebut bahwa pemberitaan media Turki terus melaporkan kondisi di lapangan.

"Terutama TRT yang merupakan TV pemerintah," kata Farah.

"Di hari pertamaĀ gempa Turki, laporan soal pandangan mata, korban jiwa dan upaya pemberian bantuan serta penyelamatan. Kalau bantuan biasanya beberapa hari setelahnya."

"Di sini ada AFAD, semacam Tim SAR jika di Indonesia yang merupakan tim tanggap darurat yang langsung ke lapangan."

Gempa Turki 6 Februari 2023Ā dilaporkan terasa sampai ke Israel.Ā The Times of IsraelĀ menyebut getaran dirasakan warga Tel Aviv.Ā 

Para pengguna media sosial dari Jazirah Arab juga mengakuĀ merasakan gempaĀ Turki, seperti netizen di Beirut (Lebanon) dan Erbil (Irak), hingga Kuwait.Ā 

3 dari 4 halaman

KBRI Ankara: 3 WNI Terluka Sudah Dirujuk ke Rumah Sakit

Orang-orang dan tim darurat menyelamatkan seseorang dengan tandu dari bangunan yang runtuh di Adana, Turki, Senin, 6 Februari 2023. Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 telah menyebabkan kerusakan signifikan di tenggara Turki dan Suriah. (IHA agency via AP)

GempaĀ berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki padaĀ Senin (6/1/2023). Banyak korban dikhawatirkan akan muncul akibat lindu tersebut.

"Telah terjadiĀ gempa bumiĀ M 7,4 (sebelumnya versi USGS disebut 7,8) di selatan Turki (Provinsi Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye) pada pukul 04.17 waktu setempat (08.17 WIB). Pusat gempa di Provinsi Kahramanmaras (+/- 600 km sebelah tenggara Ankara). Disusul 2 gempa lanjutan M 6,4 dan M 6,5 di Provinsi Gaziantep (+/- 700 km sebelah tenggara Ankara)," ujar KBRI Ankara menjelaskan perihal gempa tersebut melalui pernyataan tertulis.

"Sampai saat ini dilaporkan 51 korban jiwa, ratusan terluka, dan sejumlah bangunan yang runtuh dan rusak berat, akibat ketiga gempa," ungkap pihak KBRI Ankara.

Sejauh ini KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas PerlindunganĀ WNIĀ dan PPI di sekitar lokasi.

"Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia," tutur pihak KBRI Ankara.

4 dari 4 halaman

Tinggalkan Apartemen

Orang-orang berusaha menjangkau warga yang terperangkap di dalam bangunan yang runtuh di Diyarbakir, Turki selatan, Senin dini hari, 6 Februari 2023. Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 telah menyebabkan kerusakan signifikan di tenggara Turki dan Suriah dan dikhawatirkan banyak korban jiwa. (Depo Photos via AP)

Kendati demikian, sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan bangunan parah akibatĀ gempa TurkiĀ tersebut. "KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat."

"Tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.