Sukses

Nintendo, Xbox, dan Sony Bakal Absen di E3 2023

Menurut laporan terbaru, Nintendo, Xbox, dan Sony akan abses pada gelaran E3 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Event E3 akhirnya akan digelar secara langsung pada tahun ini, setelah sebelumnya absen dalam tiga tahun terakhir. Namun, kembalinya E3 disebut tidak akan dihadiri sejumlah perusahaan besar.

Mengutip informasi dari IGN, Jumat (3/2/2023), berdasarkan informasi dari sejumlah sumber, ada tiga perusahaan yang disebut akan absen dalam gelaran E3, yakni Xbox, Sony, dan Nintendo.

Laporan ini muncul di saat Xbox sebelumnya mengatakan akan hadir Los Angeles, lokasi diadakannya E3. Kendati demikian, perusahaan tersebut memang belum mengonfirmasi apakah akan hadir dalam event E3.

Terlebih, CEO Xbox Phil Spencer telah menyatakan dukungannya pada event E3 dan ESA (Entertainment Software Association). Hanya untuk sekarang, informasi mengenai rencana Xbox di tahun ini belum banyak diketahui.

Sementara terkait Nintendo, informasi mengenai kehadiran perusahaan ini di E3 memang masih belum diketahui alasannya. Namun, Nintendo sendiri sudah pernah melakukannya di 2019.

Terkait Nintendo sendiri, analis Ampere Piers Harding-Rolls merasa hal itu dilakukan karena Nintendo tidak memiliki perangkat baru untuk diperkenalkan. Karenanya, menurut Rolls, masuk akal Nintendo tidak menghadiri event E3 di tahun ini.

Adapun untuk Sony, menurut laporan, perusahaan asal Jepang itu memang telah beberapa kali absen di acara ini. Meski sudah memastikan tidak hadir di E3 2019 dan 2020, alasan Sony melakukan hal tersebut memang belum terungkap.

Untuk diketahui, event E3 tahun ini akan digelar pada pertengahan tahun, yakni 13 hingga 16 Juni 2023. Seperti biasa, E3 akan menjadi ajang publisher, software developer, hinga manufaktur dari industri video game untuk memperkenalkan produk terbaru mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sony PlayStation Siap Gelar State of Play 2023 Dalam Waktu Dekat

Di sisi lain, Sony PlayStation dikabarkan akan menggelar event untuk memperkenalkan deretan konten baru yang akan hadir platform-nya. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Insider Gaming yang mendapatkan kabar dari leaker The Snitch.

Dikutip dari Gamerant, Senin (16/1/2023), kabar itu menyebut PlayStation akan mengumumkan deretan konten baru yang berasal dari pihak ketiga dalam waktu dekat. Karenanya, ada kemungkinan event State of Play untuk tahun ini siap digelar sebentar lagi.

Sekadar informasi, event State of Play biasanya menjadi ajang pengenalan Sony pada game-game non AAA, serta biasanya memiliki cakupan lebih kecil. Namun, di tahun lalu, kebiasaan tersebut berubah.

Saat event State of Play tahun lalu, PlayStation mengungkapkan sejumlah informasi besar, seperti Tekken 8, Rise of the Ronin, dan Resident Evil 4. Lalu di event itu, perusahaan juga mengungkapkan trailer untuk Final Fantasy 16, God of War Ragnarok, serta Street Fighter 6.

3 dari 5 halaman

State of Play 2022

State of Play sendiri terakhir digelar pada September 2022, sehingga event tahun ini disebut-sebut bisa menjadi ajang pengumuman untuk konten baru yang diperkenalkan untuk 2023 dan di masa depan.

Salah satu game yang digadang-gadang akan diungkap kehadirannya adalah remake Metal Gear Solid yang ditujukan eksklusif untuk PlayStation 5. Selain itu, ada beberapa judul eksklusif lain yang kemungkinan akan diungkap PlayStation, seperti Hogwarts Legacy dan Street Fighter 6.

Kendati demikian, perlu diingat informasi ini masih sebatas rumor. Untuk itu, kepastian mengenai event ini masih perlu menunggu informasi resmi dari Sony.

Selain State of Play, Sony juga biasanya menggelar PlayStation Showcase yang memperkenalkan deretan konten anyar yang dikembangkan sendiri. Hanya, untuk tahun lalu, perusahaan tidak menggelar event tersebut.

4 dari 5 halaman

God of War: Ragnarok Jadi Game of the Year 2022 Versi PlayStation Blog

Sebelumnya, Sony Interactive Entertainment (SIE) baru-baru ini merilis sederet penghargaan PlayStation Blog Game of the Year bagi beberapa game yang rilis di tahun 2022 ini.

Melalui blog resminya, Jumat (30/12/2022), Gillen McAllister, Senior Specialist, Content Communication, SIE menyebutkan, pemenang dari 16 kategori yang ada di penghargaan ini, ditentukan oleh para gamer.

Dalam penghargaan ini, judul terbaru dari seri God of War, God of War Ragnarok, menyabet banyak penghargaan dari berbagai kategori termasuk PS4 Game of the Year dan PS5 Game of The Year.

Di kedua kategori Game of The Year (GOTY) tersebut, God of War Ragnarok mengalahkan sederet judul seperti Elden Ring, Horizon Forbidden West, dan Stray.

(Dam/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.