Sukses

WhatsApp untuk Android Segera Hadirkan Fitur Editor Teks Baru

WhatsApp untuk Android segera menghadirkan fitur baru WhatsApp yakni editor teks baru bagi tools drawing.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan menggulirkan fitur baru WhatsApp yang lagi-lagi bermaksud untuk memberikan kemudahan bagi pengguna. Kali ini berdasarkan kehadiran WhatsApp versi 2.23.3.4 di program Google Play Beta.

Menurut laporan tersebut, aplikasi ini menghadirkan fitur editor teks baru yang untuk alat menggambar atau tools drawing WhatsApp. Saat ini belum ada pengujian beta, tetapi akan dilakukan dalam waktu dekat.

Mengutip Gizchina, Jumat (27/1/2023), WhatsApp masih bekerja untuk meningkatkan dan menambah kemampuan baru pada tools drawing WhatsApp. Dalam versi beta 2.22.9.7 untuk Android tahun lalu, aplikasi ini mendapat tambahan tool termasuk di antaranya pensil baru untuk menggambar.

Kini WABetaInfo mengungkapkan bahwa versi berikutnya akan menawarkan desain ulang editor teks yang baru dalam tools drawing-nya. Ada tiga fitur baru yang direncanakan WhatsApp untuk ditambahkan ke aplikasi.

Pertama adalah kemudahan pengguna mengubah font hanya dengan mengklik alternatif yang tersedia di atas keyboard. Perlu diingat, meskipun hal ini sudah dilakukan, antarmuka baru akan membuatnya lebih cepat dan efisien.

Kedua, kemampuan pengguna untuk mengubah orientasi teks. Hal ini akan memberikan pengguna fleksibilitas yang lebih besar tentang bagaimana teks yang dibuat diformat dalam foto, video dan GIF dengan memungkinkan pengguna memilih untuk menempatkan teks di kiri, tengah, atau kanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warna Background Teks Bisa Disesuaikan

Ketiga adalah latar belakang teks yang juga bisa berubah, hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih warna berbeda, guna menarik perhatian pembaca ke bagian tertentu.

Sekadar informasi, fungsi ini masih dikembangkan dan belum dikembangkan untuk penguji beta. Selain itu, belum ada perkiraan waktu untuk kehadiran fitur ini dalam versi stabil.

Namun, dengan dimulainya fase pengujian, jika tidak ada masalah signifikan, fitur baru WhatsApp dalam tools drawing ini akan segera tersedia bagi masyarakat umum.

3 dari 5 halaman

Waspada Penipuan di WhatsApp

Terlepas dari itu, penipuan di dunia maya kian marak, salah satunya adalah adanya pihak yang menawarkan uang melalui aplikasi WhatsApp. Sayangnya saat pengguna sadar bahwa aksi tersebut adalah penipuan semata, bisa jadi uang di rekening mereka sudah terkuras.

Seperti baru-baru ini, aksi penipuan menjerat pengguna WhatsApp di Brasil dan India, yang menjanjikan uang dengan hanya memberi like pada video di YouTube.

Mengutip Gizchina, Kamis (26/1/2023), penipu mulanya menghubungi calon korban via WhatsApp, mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan marketing global. Para penipu meyakinkan calon korbannya bisa mendapatkan uang sekitar USD 0,50 dengan hanya memberi like satu video YouTube.

Jumlah itu memang tidak banyak, tapi para penipu menjanjikan korban bisa dapat hingga USD 60 per hari jika mereka memberi 5.000 likes.

Dengan hitungan kasar, jika korban memberi like 5.000 video YouTube per hari untuk tujuh hari berturut-turut, mereka bisa mendapatkan USD 420. Terdengar menggiurkan bukan?

4 dari 5 halaman

Pencurian Data Pribadi

Masalahnya, semua itu adalah penipuan semata yang bertujuan untuk mendapatkan data-data pribadi dan uang dari si korban.

Rupanya, ketika si penipu mendekati pengguna WhatsApp, mereka akan mulai meminta informasi pribadi yang katanya dipakai untuk memproses pembayaran. Setelah mengumpulkan data-data, si penipu akan mengatakan ada masalah teknis.

Kadang-kadang, penipu juga sengaja mentransfer sejumlah kecil uang untuk membuat aksinya terlihat menjanjikan.

Setelah korban percaya, para penipu ini mempersyaratkan korban untuk memasang aplikasi untuk transfer uang. Masalahnya, aplikasi-aplikasi tersebut mengandung trojan atau malware. Para penipu akan meminta pengguna untuk transfer USD 1 untuk verifikasi.

Selanjutnya, si penipu pun berhasil mendapatkan data korban. Tentunya dengan beberapa langkah sederhana, korban sendirilah yang memberikan penipu akses ke detail rekening bank, kartu kredit, email, dan lain-lain.

Saat para penipu ini mendapat akses ke seluruh data pribadi korban, tidak banyak hal yang bisa dilakukan korban untuk mencegah pengambilalihan uang dari rekening.

5 dari 5 halaman

Penipuan via WhatsApp yang Janjikan Pekerjaan

Oleh karena itu, jika kamu pernah mendapatkan pesan di WhatsApp yang menjanjikan pekerjaan semacam ini, waspada kalau hal itu bisa saja merupakan penipuan.

Pada kasus di atas, setelah aksi pengurasan uang di rekening korban selesai, mereka hanya perlu menghapus akun WhatsApp-nya dan berganti ke korban lainnya.

Di Brasil misalnya, ada sejumlah penipu yang memakai WhatsApp dan Telegram untuk mencuri data pengguna. Mereka bisa saja berbohong, mengaku bekerja di Amazon dan memperlihatkan sejumlah screenshot pembayaran untuk meyakinkan sang korban.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.