Sukses

Fitur Baru WhatsApp Bikin Pengguna Bisa Kirim Pesan ke Nomor Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna WhatsApp bakal bisa mengirim pesan kepada dirinya sendiri. Kemampuan mengirimkan pesan ke nomor sendiri sebelumnya dimiliki oleh aplikasi pesan Telegram.

Bagi mereka yang punya dua perangkat berbeda, kemampuan berkirim pesan ke nomor sendiri memang berguna. Misalnya kita hendak mengkopi chat dari seseorang di smartphone lalu ingin menyimpannya sebagai catatan di tablet, kita bisa mengirimkannya kepada diri sendiri.

Nah, kini, fitur baru WhatsApp memungkinkan pengguna kirim pesan ke nomor WhatsApp-nya sendiri sekaligus menjadikan aplikasi pesan ini jadi aplikasi pencatat notes.

Mengutip Gizchina, Selasa (24/1/2023), kemampuan mengirimkan pesan kepada nomor atau kontak sendiri di WhatsApp mulai diimplementasikan ke akun pengguna sejak akhir November lalu. Kemungkinan fitur ini bakal segera ditambahkan secara resmi ke WhatsApp di perangkat iOS dan Android.

Mungkin kamu termasuk pengguna yang sudah bisa merasakan fitur baru WhatsApp ini. Mungkin juga tanpa sepengetahuan kamu, fitur ini sudah ada karena peluncurannya dilakukan secara bertahap selama beberapa minggu terakhir.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Ini?

Kemampuan berkirim pesan WhatsApp ke kontak sendiri di WhatsApp dianggap berguna bagi si pengguna. Cara kerjanya seperti berkirim dokumen ke cloud dan menarik atau mengunduhnya jika kamu membutuhkan.

Cara kerjanya juga mirip dengan mengirimkan pesan atau dokumen dalam bentuk file ke email sendiri, di mana kamu juga bisa mengunduh file tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jadi Fitur Berguna

Kini, karena aplikasi pesan milik Meta ini tersedia dan dipakai secara masif oleh pengguna di mana pun, tool alias fitur baru ini jadi kian berguna.

Apalagi, seluruh percakapan di WhatsApp kamu bisa disinkronkan jika kamu memakai WhatsApp di beberapa perangkat, misalnya di smartphone atau di PC.

Hasilnya, pengguna tidak akan lagi pusing di mana mereka harus menyimpan notes alias catatan, foto, screenshot, dokumen, atau tautan yang dibagikan antara kamu dan perangkat lain dengan akun kamu di dalamnya.

3 dari 3 halaman

Cara Kirim Pesan ke Nomor Sendiri

Fungsi ini juga kian berguna karena pengguna bisa dengan cepat menarik notes yang disimpan dan meninjau semua file yang dibagikan. Di mana semua file diatur berdasarkan tipe, menggunakan build search engine hingga detail percakapan.

Untuk bisa chat dengan nomor sendiri, caranya, mulai chat, dan ketuk pada bagian nama kamu. Nantinya akan muncul kontak yang bisa dikirimi pesan di bagian atas daftar nama, pilih nama kamu sendiri ntuk menggunakan fitur ini.

Sebelumnya, Meta menawarkan fitur ini ke layanan Instagram dan Facebook Messenger-nya. Fitur serupa juga tersedia di aplikasi pesan lain, mulai dari Slack, Microsoft Teams, dan Signal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS