Sukses

WhatsApp Uji Coba Rekaman Suara Jadi Status Update

WhatsApp tengah menguji coba fitur baru di WhatsApp Status yang memungkinkan pesan suara jadi status update.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mungkin bukan aplikasi terbaik dalam menyinkronkan log panggilan, namun kini WhatsApp jadi salah satu layanan pesan terenkripsi paling populer di dunia.

Seperti Snapchat atau Instagram, WhatsApp juga dilengkapi fitur berbagi status yang akan hilang otomatis dalam 24 jam atau yang sering disebut sebagai WhatsApp Status.

Meski begitu, pengguna agak terbatas dalam melihat jenis media apa yang dibagikan ke pembaruan WhatsApp status. Kini, kabarnya WhatsApp berupaya untuk memungkinkan pengguna berbagi pesan suara sebagai status update.

Fitur baru WhatsApp yakni status pesan suara ini menurut informasi, sudah dikerjakan selama beberapa waktu belakangan. Informasi awal tentang kehadiran fitur ini adalah pada Juli 2022.

Terbaru, sebagaimana dikutip dari Android Police, Kamis (19/1/2023), kini WhatsApp tengah menguji coba fitur berbagi pesan suara ke WhatsApp status itu ke sejumlah penguji melalui pembaruan beta terbaru di Google Play Store.

Menurut WABetaInfo yang telah mencoba fitur ini, pengguna bisa mengirim voice note dari bagian yang sama seperti yang dipakai untuk mengirim status berupa tulisan.

Disebutkan, tombol kirim Status kini berubah menjadi tombol mikrofon yang bisa ditekan dan tahan untuk mengirim pesan, layaknya mengirim pesan suara WhatsApp dalam obrolan WhatsApp biasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didukung Enkripsi End-to-End

Seperti semua update status, WhatsApp akan membagikan pesan suara WhatsApp ini kepada semua kontak yang diizinkan untuk melihat foto atau video di WhatsApp Status.

Seperti semua update status lainnya, pesan suara yang dibagikan ke WhatsApp Status juga dienkripsi end-to-end dan akan tetap bisa didengarkan selama 24 jam, kecuali sudah dihapus sebelumnya.

Saat ini, perekaman untuk suara di WhatsApp Status tidak boleh melebihi batas waktu 30 detik. Namun pengguna bisa membatalkannya dan memulai dari awal bila perlu.

3 dari 3 halaman

Harus Pakai WhatsApp Versi Baru

Perlu diingat, kontak kamu tidak bisa mendengar update status jika mereka memakai WhatsApp versi lama.

Meskipun pada awalnya fitur ini tidak terlihat penting, namun fitur ini bakal cukup bermanfaat, apalagi kalau kamu ingin mengirim rekaman pesan ke banyak kontak.

Sejauh ini, Android Police belum melihat fitur ini di perangkat mereka yang menjalankan WhatsApp Beta. Namun fitur ini sudah dikembangkan selama hampir setahun dan WhatsApp belum merinci kapan seluruh pengguna bisa mendapatkannya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.