Sukses

Cara Cek IMEI Ponsel Sudah Terdaftar di Kemenperin atau Belum

Berikut ini cara untuk cek IMEI ponsel, serta untuk melihat apakah mereka sudah terdaftar di Kemenperin atau belum

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, penting bagi pengguna smartphone atau HP di Indonesia memastikan IMEI dari perangkat mereka terdaftar di pemerintah melalui situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atau tidak.

Hal ini untuk memastikan perangkatmu tidak terblokir saat digunakan di Tanah Air.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity sendiri merupakan nomor identitas yang biasanya dicantumkan pada perangkat ponsel. Fungsi IMEI penting untuk bisa melakukan identifikasi perangkat mobile.

Fungsi lain dari IMEI adalah mencegah pencurian. Apabila ponsel bisa diidentifikasi, pencuri tidak bisa memakai kartu SIM di perangkat curiannya, karena nomor IMEI ponsel sudah terhubung dengan nomor telepon dari operator.

Oleh sebab itu, saat operator memblokir nomor IMEI ponsel yang dicuri, ponsel tersebut tidak bisa dihubungkan dengan nomor lain.

Dikutip dari Merdeka, dilansir laman imei.info, IMEI digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Nomor ini digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat yang valid sehingga, dapat digunakan untuk menghentikan telepon curian agar tidak mengakses jaringan di negara tersebut.

Secara khusus, kode IMEI dapat mengaktifkan jaringan Global System for Mobile communication (GSM) atau Universal Mobile Telecommunications Service (UMTS) untuk mencegah handphone yang salah tempat atau dicuri melakukan panggilan.

Jika kamu membeli HP bekas, kamu dapat mencari nomor IMEI-nya untuk memeriksa dan melihat keasliannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek IMEI di Situs Kemenperin

Memeriksa nomor IMEI handphone juga dapat memberi tahu pengguna tentang negara dan jaringan asal perangkat, garansi, informasi operator, dan detail serupa lainnya.

Baik penegak hukum dan dinas intelijen juga dapat menggunakan nomor IMEI untuk melacak perangkat dalam akurasi beberapa meter. Penyedia layanan dapat menggunakannya untuk membuat daftar hitam perangkat yang dicuri.

Nah untuk cek IMEI HP pun secara umum sebenarnya cukup mudah. Cara tercepatnya adalah dengan menekan *#06#, yang merupakan perintah untuk menampilkan ID unik.

Cara cek IMEI handphone yang lainnya adalah melalui menu "Pengaturan" dan pilih "Tentang Telepon" untuk memeriksa kode IMEI handphone Anda.

Setelah mendapatkan 15 digit nomor IMEI, pastikan nomor tersebut sudah terdaftar di pemerintah atau tidak. Caranya, adalah dengan cek di situs Kemenperin melalui https://imei.kemenperin.go.id/

 

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Cek IMEI iPhone

Untuk iPhone, cek IMEI juga dapat dilakukan dengan cara yang tidak jauh berbeda. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini yang dikutip dari laman Apple Support.

Menu USSD

  • Cara pertama adalah dengan menekan tombol *#06# di keypad telepon pada iPhone kamu
  • Lewat Setting atau Pengaturan
  • Buka Pengaturan (Setting), pilih Umum (General), dan ketuk Mengenai (About)

Setelah itu, kamu tinggal menggulirkan layar ke bawah untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Untuk menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor yang akan disalin. 

4 dari 4 halaman

Cek dari PC

Cek di Slot Kartu SIM

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengecek IMEI melalui slot kartu SIM yang ada iPhone. Kamu bisa melakukan cara ini untuk mengetahui IMEI model iPhone 6s Plus hingga iPhone 13 Series.

Sementara untuk iPhone 5 hingga iPhone 6, nomor IMEI bisa ditemukan di bodi belakang perangkat iPhone, tepat di bawah tulisan iPhone.

Cek IMEI iPhone dari PC

Terakhir, cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka situs resmi Apple ID melalui peramban kamu. Caranya, masuk menggunakan Apple ID yang ada di iPhone.

Lalu, gulirkan layar ke bawah bagian perangkat (Device). Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, pilih perangkat. Apabila kamu menggunakan perangkat yang menjalankan iOS 10.3 atau versi lebih baru. Buka Pengaturan, lalu pilih nama kamu.

Gulirkan layar ke bawah untuk melihat perangkat yang masuk dengan Apple ID kamu. Selanjutnya, untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, ketuk nama perangkat.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.