Sukses

MIUI 14 Kini Sambangi Pengguna Xiaomi 12 Global

Xiaomi dilaporkan sudah mulai menggulirkan MIUI 12 untuk pengguna Xiaomi 12 global.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah mengumumkan kehadiran MIUI 14 bulan lalu, dan sejak itu sejumlah perangkat yang hadir di pasar Tiongkok sudah mendapatkannya. Kini, laporan terbaru MIUI anyar itu sudah menyambangi smartphone Xiaomi untuk pasar global.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (17/1/2023), Xiaomi 12 menjadi smartphone pertama untuk pasar global yang pertama kali menerimanya. Bersama dengan pembaruan ini, Xiaomi turut menyertakan pembaruan keamanan untuk Januari 2023.

Kendati demikian, MIUI 14 ini baru tersedia untuk pengguna global yang sudah terdaftar di kanal beta. Pembaruan ini hadir dengan ukuran sekitar 4,43GB.

Hanya perlu diketahui, pembaruan ini baru menjangkau pengguna Xiaomi 12, dan varian Pro dilaporkan belum mendapatkannya. Meski belum dapat dipastikan, besar kemungkinan pembaruan ini akan tersedia untuk pengguna varian Pro dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, MIUI versi terbaru  ini berbasis Android 13. Xiaomi menghadirkan sejumlah perubahan tampilan, fitur baru, termasuk peningkatkan kolabroasi antar perangkat.

Selain itu, Xiaomi menyebut MIUI 14 memiliki firmware yang lebih kecil dibandingkan MIUI 13, serta mengadopsi arsitektur sistem yang ditingkatkan. Jadi, MIUI ini memiliki kinerja dan efisiensi lebih baik.

Di sektor desain, MIUI 14 hadir dengan sejumlah perubahan ikon maupun keseluruhan tampilan antarmuka. Kini, ikon aplikasi tampil lebih besar dan bisa disesuaikan ukurannya.

Format widget pun tampil lebih segar, begitu pula dengan folder di Home Screen, sehingga pengguna memiliki opsi kustomisasi lebih luas. Yang menarik, ada pula widget baru untuk tumbuhan dan hewan yang bisa diletakkan di Home Screen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja MIUI 14

Bicara soal kinerja, Xiaomi mengklaim MIUI 14 lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Perusahaan asal Tiongkok itu juga menyebut performa sistem pada MIUI telah meningkat 60 persen.

Secara keseluruhan, ukuran firmware MIUI 14 juga lebih kecil hanya sekitar 13.09GB. Pembaruan turut dilakukan pada opsi manajemen notifikasi, sehingga pengguna bisa menutup notifikasi hanya dengan satu satuan.

Pada MIUI versi terbaru ini, fitur privasi juga ditingkatkan kemampuannya oleh Xiaomi. Kini, semua tindakan dalam sistem dilakukan secara lokal di perangkat, tanpa ada data pengguna yang disimpan di cloud.

Sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan turut dibenamkan di MIUI 14, salah satunya adalah kemampuan ekstraksi teks dari gambar. Xiaomi juga juga meningkatkan kemampuan asisten suara berbasis kecerdasan buatan untuk melakukan sejumlah tugas berbekal perintah suara sederhana.

3 dari 4 halaman

10 Smartphone Xiaomi yang Pertama Kebagian MIUI 14, Apa Saja?

Sebagai informasi, versi global dari MIUI 14 akan diluncurkan pada smartphone Xiaomi, Redmi, dan Poco. Ketiganya menjadi produk Xiaomi yang memperkuat lini bisnis perusahaan.

Menurut informasi baru, MIUI 14 bakal segera tersedia dalam waktu dekat. Bahkan, sistem operasi ini ada di lini Xiaomi 13.

Terpenting dari itu, sudah ada informasi tentang 10 smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan update MIUI 14 versi global. Berikut informasinya sebagaimana dikutip Gizchina, Selasa (10/1/2023):

1. Xiaomi 12 Pro

2. Xiaomi 12

3. Xiaomi 12T

4. Xiaomi 12 Lite

5. Xiaomi 11 Lite 5G NE

6. Xiaomi 11 Lite 5G

7. Redmi Note 11 Pro+ 5G

8. Poco F4 FT

9. Poco F4

10. Poco F3

Karena MIUI 14 ingin menjadi salah satu update paling signifikan dalam memori, MIUI 14 menyertakan banyak fitur baru. Mulai dari antarmuka yang menawarkan pengalaman baru, sebagai hasil dari efek animasi peningkatan sistem.

 

4 dari 4 halaman

HP Xiaomi dengan Kamera Leica Bakal Meluncur di MWC 2023

Di sisi lain, Xiaomi kabarnya akan meluncurkan flagship terbarunya, dimana ponsel tersebut akan mengusung kamera Leica.

Hal ini diungkap oleh beberapa sumber di industri kepada 91Mobiles, dimana HP Xiaomi itu tersebut diyakini adalah Xiaomi 13S Ultra.

Diketahui, Xiaomi sudah meluncurkan seri Xiaomi 13 di Tiongkok pada bulan lalu.

Mengutip laporan 91Mobiles via Gizmochina, Rabu (11/1/2023), HP Android terbaru milik Xiaomi itu akan debut di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023.

Tahun ini, MWC akan digelar mulai dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol.

Sayangnya, Xiaomi sendiri belum mengumumkan kehadiran perusahaan asal Tiongkok tersebut di pameran teknologi tahunan itu dan bakal boyong produk apa saja.

Desas-desus tentang Xiaomi 13S Ultra sendiri sudah ramai di ranah internet, dimana ponsel tersebut tampil dengan kamera bermerek Leica--seperti Xiaomi 13 lainnya.

Banyak yang meyakini, keluarga baru di Xiaomi 13 series ini akan hadir dengan sensor 1 inci yang dapat ditemukan di Xiaomi 13 Pro.

Laporan sebelumnya menyebutkan, Xiaomi 13S Ultra akan memiliki kamera periskop baru diklaim memiliki kinerja mengejutkan.

Perusahaan akan melengkapi ponsel ini dengan empat lensa bersensor 50MP. Xiaomi 13S Ultra hadir dengan layar QHD+ dan prosesor Snapdragon 8 Gen 2.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.