Sukses

Alasan Garena Free Fire Maintenance, Ternyata Ada Deretan Konten Baru

Garena Free Fire telah mengumumkan server maintenance yang dilakukan pada 11 Januari 2023 dengan menghadirkan beragam konten baru.

Liputan6.com, Jakarta - Garena Free Fire mengumumkan telah melakukan server maintenance pada 11 Januari 2023 mulai pukul 11.00 WIB. Bersama dengan maintenance ini, ada sejumlah konten baru yang akan dihadirkan untuk para pemain.

Sebagai bagian dari patch OB38, Garena menghadirkan perubahan besar di Free Fire untuk memberikan pengalaman bermain terbaik. Tidak hanya itu, pembaruan ini juga dilakukan untuk meningkatkan tingkat kompetitif dalam game.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/1/2023), salah satu pembaruan yang dihadirkan melalui pembaruan ini adalah pemberian titel khusus untuk menujukkan peringkat pemain di skala Regional (Provinsi) dan Nasional. Mode Clash Squad dan Battle Royale akan mmiliki leaderboard terpisah.

Tidak hanya itu, mode Battle Royale juga akan kedatangan gudang senjata atau arsenal yang berisi item dari airdrop hingga senjata level 3.

Sebanyak 5 sampai 6 arsenal akan tersebar di setiap map dan hanya bisa dibuka dengan kunci khuuss yang bisa didapatkan lewat random loot, atau dibeli lewat vending machine.

Garena juga melakukan perubahan pada karakter Kenta dn Skyler. Perubahan karakter Kenta akan membuatnya tetap bisa menggunakan shield sambil menembak, sehingga dapat mengurangi damage dari depan hingga 10 persen.

Ada pula karakter baru yang diberi nama Santino, seorang desainer fashion di balik Angelic. Karakter ini akan memiliki skill Shape Splitter yang mampu memunculkan manekin dengan 200 HP dan bisa berjalan selama 12 detik, lalu Santion akan melakukan teleportasi ke lokasi manekin.

Garena Free Fire juga akan kehadiran pet baru yang diberi nama Kactus yang bisa memberikan bonus EP pada pemain. Dengan berdiam diri selama 6-8 detik, Kactus akan memberikan 10 EP per detik untuk pemain hingga maksimal 100 EP.

Update yang juga tidak kalah penting adalah pada performa in-game Free Fire. Optimalisasi pertama dilakukan pada performa awal game yang membuat waktu tunggu membuat aplikasi menjadi lebih singkat.

Optimalisasi dan penyesuaian juga dilakukan pada map pool yang digunakan dalam mode Battle Royale dan Clash Squad agar proses matchmaking Free Fire lebih efisien. Map pool yang digunakan dalam update terbaru ini adalah Bermuda, NeXTerra, dan Purgatory.

Pembaruan lain yang juga dihadirkan usai Free Fire maintenance lewat patch OB38 ini adalah perubahan balance karakter, senjata, hingga optimalisasi lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Free Fire Kolaborasi dengan Devil May Cry 5 dan Rilis Patch Baru

Di samping itu, Garena Free Fire mengumumkan kolaborasi terbaru mereka, kali ini dengan salah satu game populer lainnya yaitu Devil May Cry 5.

Di kolaborasi yang akan hadir pada Februari 2023 ini, Survivors akan mendapatkan perpaduan art style Devil May Cry 5 yang khas dengan sentuhan grunge dalam Free Fire.

Mengutip siaran persnya, Rabu (11/1/2023), Free Fire akan membawa beragam item spesial mulai dari costumes, emotes, dan animasi hasil dari perpaduan Free Fire dan Devil May Cry 5.

Sebelumnya, Free Fire menghadirkan event bertajuk Winterlands menyambut liburan akhir tahun. Event ini berlangsung mulai dari 16 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Hadir dengan tema musik, event ini akan membawa segudang konten musik menarik mulai dari penampilan DJ Alok, peluncuran video musik 'Let It Snow', hingga kolaborasi dengan YouTube Indonesia dalam Code Hunt Contest.

3 dari 5 halaman

Sambut Libur Akhir Tahun, Free Fire Kehadiran Event Baru Bertajuk Winterlands

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (21/12/2022), event Winterlands akan menghadirkan sisi lain karakter Dasha sebagai drummer dari band punk-rock bernama Subzero.

Bersama Dasha, para pemain akan diajak mengarungi perjalanan ala festival musik dan selebrasi musim dingin. Para pemain juga akan disambut lobby dan spawn island dengan skin baru yang penuh elemen salju.

Lalu mulai 21 Desember 2022, sub-event musik spesial di Winterlands akan mengajak para pemain bernostalgian dengan berbagai lagu klasik Free Fire. Ada pula peluncuran musik video untuk them song terbaru Let It Snow yang akan rilis pada 25 Desember 2022.

Menyambut liburan panjang akhir tahun, Garena Free Fire juga menghadirkan sejumlah sub-event lain, seperti Friend Callback. Sub-event ini memungkinkan survivors bermain bersama teman dan mendapatkan berbagai hadiah menarik.

4 dari 5 halaman

Konten di Event Winterlands

Beberapa konten baru juga akan dihadirkan di game Free Fire dalam event Winterlands, mulai dari peta baru hingga mode spesial. Berikut ini daftar lengkapnya:

Map Lone Wolf 1 vs 1 Terbaru

Mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, pemain bisa mendapatkan tiered rewards dengan memainkan map Lone Wolf terbaru. Peta ini akan mengajak pemain bertarung satu lawan satu di area bekas tambang bersalju.

Mode Jump n Blast

Dari 31 Desember 2022 sampai 8 Januari 2022, survivors dapat menikmati kembali mode 14 pemain di peta El Pastelo. Pada mode ini, pemain ditantang bertahan hanya dengan menggunakan satu senjata dan jumping shoes.

Souvenirs dan Rewards

Hingga 8 Januari 2022, pemain Free Fire bisa mendapatkan skin senjata bertema Winterlands: Subzero. Tidak hanya itu, dalam event Free Fire ini ada pula koleksi item dan bundel baru, termasuk bundel Cannibal Havoc yang memberikan kemampuan berubah menjadi werewolf dalam game.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.