Sukses

Harga iPhone 15 Pro Bakal Lebih Mahal Dibanding iPhone 14 Pro?

Harga iPhone 15 Pro dan Ultra dikabarkan akan lebih mahal dibandingkan versi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang dirilis tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta -  Apple dikabarkan akan menaikkan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra, dibandingkan pendahulunya, iPhone 14 versi Pro. Informasi ini berdasarkan laporan dari seorang leaker di forum online Tiongkok, Weibo.

Meski biasanya iPhone terbaru dirilis pada bulan September, informasi mengenai perangkat ini telah beredar sejak tahun lalu. Terbaru, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra dilaporkan telah memasuki proses produksi oleh mitra manufaktur Apple, Foxconn.

Mengutip Gizchina, Kamis (12/1/2023), sebelumnya laporan menyebut bahwa harga iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal lebih murah dibandingkan model standar iPhone 14. Namun, untuk model Pro dan Ultra, harganya justru dikabarkan akan lebih mahal dibandingkan versi Pro dari iPhone 14.

Apple disebut-sebut ingin menghadirkan jarak yang lebih jauh antara spesifikasi iPhone 15 versi standar dengan yang versi Pro dan Ultra alias versi premiumnya.

Menurut laporan Weibo tersebut, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal didukung fitur Dynamic Island dan kamera 48MP yang sebelumnya hanya ada di model premium iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Kendati demikian, selain harga lebih mahal, dua model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra akan menghadirkan fitur dan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

Peningkatan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra ini salah satunya dipicu oleh penggunaan chip baru Apple. Kedua model premium ini akan didukung chip A17 Bionic terbaru Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chip A17 Bikin Harga Lebih Mahal

Chip ini menjadi system on chip pertama Apple untuk smartphone yang menggunakan proses 3nm. Chip ini digadang-gadang akan mampu memberikan penghematan signifikan dalam penggunaan energi. Pasalnya, TSMC akan menggunakan metode baru dalam memproduksi prosesor ini. Namun, harus diingat bawah harganya lebih mahal.

Menurut rumor, pemrosesan 3nm akan jauh lebih mahal dibandingkan teknologi saat ini. Oleh karenanya, ditaksir akan ada kenaikan harga 25 persen pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra dibandingkan pendahulunya, yang sama-sama versi premium dari iPhone.

TSMC mulai memanufaktur chip pertama dengan teknologi baru ini dua minggu lalu. Perusahaan Taiwan ini mulai bergabung dengan Samsung dalam memproduksi chip berteknologi 3nm. MacBook Pro generasi baru 14 inci dan 16 inci yang dirilis musim semi ini bakal menjadi perangkat Apple pertama dengan chip ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra akan menjadi iPhone pertama dengan sasis titanium yang meningkatkan ketangguhannya. Hal ini juga yang kemungkinan membuat harga kedua iPhone premium ini lebih mahal dibanding versi sebelumnya memakai casing aluminium.

Selain itu, iPhone 15 versi premium juga akan menjadi iPhone pertama yang didukung lensa periskop. Seperti model premium Android, dengan lensa periskop, perangkat ini bakal menjadi lebih mahal dibandingkan pendahulunya.

RAM yang dipakai di iPhone 15 Pro dan Ultra juga akan membuatnya jadi lebih mahal dibandingkan iPhone 14 Pro series. Pasalnya iPhone 15 Pro dan Ultra digadang-gadang memakai jenis LPDDR5. Selain itu, iPhone 15 Pro dan Ultra juga akan didukung port USB Type C yang menawarkan kemampuan Thunderbolt.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.