Sukses

Update Terbaru WhatsApp Akan Bikin Transfer Chat di Android Makin Cepat

Laporan WABetaInfo mengungkap, WhatsApp akan menggulirkan fitur baru yang membuat transfer chat antarperangkat Android makin cepat dan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Versi terbaru WhatsApp bakal memungkinkan pengguna Android untuk transfer chat WhatsApp antarperangkat jadi lebih mudah tanpa bantuan Google Drive.

Dengan kata lain, pengguna Android akan dapat mentransfer chat menggunakan jaringan lokal. Informasi ini dilaporkan oleh WABetaInfo.

Mengutip Gizchina, Senin (9/1/2023), fitur baru WhatsApp ini bakal jadi tambahan fitur yang menarik bagi pengguna. Pasalnya kehadiran fitur ini akan menghilangkan kerepotan yang biasanya harus dilalui pengguna saat transfer obrolan mereka dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pemindahan riwayat chat bakal berfungsi pada koneksi WiFi dan WiFi Direct dan hal ini jauh lebih mudah dari transfer chat saat ini.

Sekadar informasi, saat ini fitur transfer chat WhatsApp di Android ditemui di versi beta terbaru WhatsApp. Seperti disebutkan sebelumnya, fitur ini bekerja dengan ringkas.

Jadi, ketika pengguna memasang WhatsApp di perangkat baru, pengguna akan mendapatkan satu opsi baru untuk mengimpor chat. Ketika diaktifkan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindai sebuah kode QR.

Sementara pada perangkat lainnya, pengguna hanya perlu masuk ke Setting WhatsApp kemudian mengetuk opsi ekspor atau transfer pesan ke perangkat satunya dan muncul sebuah kode QR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tinggal Pindai Kode QR

Setelah itu, pengguna perlu memindai kode QR dengan perangkat Android baru mereka. Pemindaian kode yang telah berhasil akan menghubungkan perangkat melalui jaringan lokal dan memulai proses transfer chat.

Bagian terbaiknya adalah, fitur baru WhatsApp ini akan melakukan lebih dari sekedar penyederhanaan transfer chat, tetapi juga membuat proses transfer lebih cepat dari metode yang disuguhkan WhatsApp saat ini.

Sekadar informasi, fitur transfer chat dengan memindai kode QR ini masih dalam tahap pengembangan. Selain itu, belum diketahui kapan fitur tersebut akan diluncurkan. Namun, kemungkinan akan segera tersedia bagi penguji beta WhatsApp.

Setelah WhatsApp selesai menguji fitur tersebut, kemungkinan besar akan hadir dalam versi stabil. Saat itu terjadi, transfer chat di WhatsApp pun bakal menjadi mudah. 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Hadirkan Fitur Proxy

Sebelumnya, WhatsApp memulai 2023 dengan menyuguhkan update yang memperkenalkan dukungan proxy. Ini merupakan fitur untuk membantu pengguna menghindari kondisi saat internet padam.

"Untuk membantu mereka yang tidak bisa menjangkau orang dikasihi karena internet padam, kami meluncurkan dukungan proxy bagi pengguna di seluruh dunia," kata WhatsApp dalam keterangannya, dikutip Minggu (8/1/2023).

Menurut WhatsApp, pihaknya memberikan kendali di tangan pengguna untuk mengatur akses ke WhatsApp, jika koneksi mereka tengah diblokir atau terganggu.

WhatsApp juga menyebut, terhubung melalui proxy akan tetap menjaga privasi dan keamanan tingkat tinggi yang disediakan WhatsApp.

"Pesan pribadi Anda akan tetap dilindungi enkripsi end-to-end, memastikan pesan tetap berada di antara Anda dan orang yang diajak berkomunikasi dan tidak terlihat siapa pun, termasuk server proxy, WhatsApp, atau Meta," kata WhatsApp.

4 dari 4 halaman

Tersedia Bagi Pengguna Android dan iOS

Fitur baru WhatsApp ini tersedia bagi pengguna WhatsApp di seluruh dunia, apa pun perangkatnya. Baik itu Android atau iOS.

Menurut WhatsApp, seluruh proxy yang tersedia untuk dipilih akan terhubung melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi.

Aplikasi perpesanan milik Meta ini juga menerbitkan panduan untuk membantu pengguna yang ingin menjadi sukarelawan untuk tugas semacam itu. Pasalnya, bagi mereka yang paham teknologi, hal seperti ini dianggap cukup mudah.

Nah, bagi pengguna yang ingin mendapatkan manfaat dari fitur ini, ini cara untuk terhubung ke proxy jika kamu adalah pengguna Android atau iOS:

Terhubung ke Proxy Melalui Android:

1. Pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari WhatsApp

2. Pada tab Chat, ketuk opsi More atau Setting

3. Ketuk menu Storage and Data > Proxy

4. Ketuk Use Proxy untuk menggunakan proxy

5. Ketuk Set Proxy dan masukkan alamat proxy

6. Ketuk Save untuk menyimpan alamat proxy

7. Sebuah tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.