Sukses

Asus Pamer Kontroler Xbox Berlayar OLED di CES 2023

Berbeda dari kontroler pada umumnya, perangkat bernama Asus ROG Raikiri Pro ini tampil dengan layar OLED di bodinya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam ajang CES 2023, Asus memperkenalkan sebuah kontroler untuk gamer pemilik konsol Xbox Series X|S dan PC Windows.

Berbeda dari kontroler pada umumnya, perangkat bernama Asus ROG Raikiri Pro ini tampil dengan layar OLED di bodinya.

Dilansir IGN, Sabtu (7/1/2023), layar OLED di kontroler ROG Raikiri Pro ini memiliki ukuran 1,3 inci, dan terletak di atas tombol Xbox.

Asus menyebutkan, gamer dapat menampilkan berbagai grafis mulai dari gamar khusus (atau animasi) hingga masa daya baterai kontroler.

Asus ROG Raikiri Pro juga dilengkapi dengan dua buah tombol di antara port USB-C, dimana gamer dapat pakai untuk mengganti pengaturan dan profil di kontroler.

Perusahaan asal Taiwan itu juga menyertakan empat tombol yang dapat dikostumisasi fungsinya, kunci pemicu, dan D-Pad berbentuk lingkaran.

Selain itu, gamer juga dapat menemukan tombol mute (diam) khusus dan audio jack berukuran 3.5mm.

Guna membantu player mengoptimalkan kontroler, perusahaan menyertakan aplikasi Asus Armory Crate PC untuk memetakan ulang tombol.

Tak hanya itu, gamer juga dapat menyesuaikan sensitivitas joystik dan mengaktifkan mode khusus di kontroler.

Menariknya, ROG Raikiri Pro menawarkan tiga mode konektivitas dimana gamer dapat menghubungkan kontroler via Bluetooth, RF 2.4GHz, atau koneksi kabel USB-C.

Sayangnya, Asus masih belum mengungkap kapan dan berapa harga ROG Raikiri Pro ini. Perusahaan hanya menyebut akan merilis kontroler ini di pasaran segera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asus Zenbook 17 Fold OLED

Asus Zenbook 17 Fold OLED. Dok: Asus Indonesia

Di sisi lain, Asus Zenbook 17 Fold OLED akhirnya meluncur di Indonesia.

Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, mengklaim Zenbook 17 Fold OLED merupakan puncak inovasi perusahaan pada 2022.

“Inovasi terdepan ini kami persembahkan untuk membantu pengguna agar dapat beraktivitas secara lebih fleksibel, nyaman, dan tentunya menjadi lebih produktif dalam berbagai aspek,” ujar Jimmy Lin melalui keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Desainnya yang unik, orisinil, serta sangat fleksibel membuat laptop ini dapat menghadirkan lebih dari satu konfigurasi penggunaan hanya dengan menggunakan sebuah layar OLED berukuran 17,3 inci.

3 dari 5 halaman

Ukuran Layar Zenbook 17 Fold OLED

Credit: ASUS.

Layarnya memiliki rasio 4:3 dengan total resolusi 2,5K yang dapat dilipat ke dalam ukuran 12,5-inci dengan rasio 3:2 dan resolusi 1920 x 1280 piksel.

Asus juga membekali Zenbook 17 Fold OLED dengan keyboard ErgoSense Bluetooth yang telah dirancang khusus sebagai perangkat kontrol utama untuk laptop ini.

Keyboard yang menggunakan koneksi nirkabel melalui Bluetooth ini dapat digunakan secara terpisah dengan mode layar 17,3 inci, atau ditempelkan di atas layar Zenbook 17 Fold OLED sehingga memungkinkan pengguna untuk menggunakannya sebagai laptop ringkas 12,5 inci.

4 dari 5 halaman

Ditenagai Prosesor Intel Core Gen 12

Asus Zenbook 17 Fold OLED. Dok: Asus Indonesia

Zenbook 17 Fold OLED ditenagai prosesor 12th Gen Intel Core i7-1250U yang menggunakan konfigurasi 10 core (2 P-core dan 8 E-core) serta 12 thread.

Prosesor ini dapat berjalan dengan frekuensi hingga 4,7GHz serta dibekali chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe, sehingga ideal untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari mulai dari bekerja, menikmati konten multimedia, hingga berkarya menggunakan aplikasi kreatif serta multitasking.

Laptop ini juga telah tervalidasi Intel Evo platform. Artinya, Zenbook 17 Fold OLED dipastikan memiliki daya tahan baterai mumpuni serta performa kencang dan responsif.

Tidak ketinggalan juga fitur dan konektivitas modern seperti port USB-C Thunderbolt 4 serta Intel WiFi 6E.

Ditambah ruang penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 Performance SSD berkapasitas 1TB serta memori LPDDR5 berkapsitas 16GB.

Kombinasi keduanya diklaim membuat Zenbook 17 Fold OLED sangat responsif saat menjalankan berbagai aplikasi serta gestit ketika melakukan multitasking. 

5 dari 5 halaman

Kekuatan Engsel hingga 30.000 Kali Buka-Tutup

Asus Zenbook 17 Fold OLED. Dok: Asus Indonesia

Meski menggunakan layar lipat dan memiliki desain berbeda dengan laptop pada umumnya, Zenbook 17 Fold OLED tetap tampil sebagai laptop yang tangguh.

Zenbook 17 Fold OLED telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H), membuktikan bahwa laptop ini dapat diandalkan di segala situasi.

ASUS juga memberikan perhatian khusus pada engsel layar lipat di Zenbook 17 Fold OLED. Engsel tersebut dirancang untuk dapat bertahan hingga 30.000 kali buka-tutup.

Jika dilihat dari perspektif pengguna laptop yang biasanya hanya membuka dan menutup laptopnya selama enam kali dalam satu hari, maka engsel Zenbook 17 Fold OLED dapat bertahan hingga lebih dari sembilan tahun.

Soal harga, Asus Zenbook 17 Fold OLED dibanderol Rp 50.999.000 dengan sistem operasi Windows 11 Home.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.