Sukses

Fitur Baru WhatsApp Bikin Pengguna Tetap Bisa Kirim Pesan Meski Internet Diblokir

Fitur baru WhatsApp memungkinkan pengguna untuk tetap dapat berkomunikasi melalui proxy, saat jaringan internet mengalami gangguan atau diblokir

Liputan6.com, Jakarta - Pemblokiran internet yang terjadi di beberapa negara membuat WhatsApp merilis sebuah fitur baru, yang membuat pengguna tetap bisa berkirim pesan meski jaringan sedang terganggu.

Dalam blog resminya, dikutip Jumat (6/1/2023), WhatsApp mengatakan mereka sadar masih banyak orang yang belum bisa menjangkau orang-orang yang dicintainya, karena penutupan jaringan internet.

"Untuk menangani hal tersebut, hari ini kami meluncurkan dukungan proksi bagi pengguna WhatsApp di seluruh dunia," tulis aplikasi chatting di bawah Meta itu dalam pengumumannya.

"Ini artinya, kami memberikan kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp kepada orang-orang apabila koneksi mereka terblokir atau terganggu," ujar perusahaan.

Dengan memilih proksi (proxy), pengguna dapat terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh relawan, dan organisasi di seluruh dunia yang berdedikasi untuk membantu orang berkomunikasi dengan bebas.

WhatsApp menyebut, terhubung melalui proxy akan mempertahankan tingkat privasi dan keamanan tinggi yang disediakan oleh mereka.

Platform itu juga menambahkan, pesan pribadi akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga memastikan pesan tetap hanya berada di antara pengguna dan orang yang diajak berkomunikasi.

Perusahaan juga menegaskan pesan itu tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proxy, pihak WhatsApp, atau Meta sekalipun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharap Tak Ada Pemblokiran Internet di 2023

WhatsApp dalam keterangannya juga menambahkan, mereka berharap di tahun 2023 tidak ada lagi penutupan jaringan internet.

"Gangguan seperti yang kita lihat di Iran selama berbulan-bulan telah mengingkari hak asasi manusia dan mengakibatkan hambatan dalam penyampaian bantuan," tulis WhatsApp

"Meskipun penutupan jaringan ini berlanjut, kami berharap solusi ini akan membantu orang-orang berkomunikasi secara aman dan andal setiap kali mereka membutuhkannya," pungkas mereka.

Lebih lanjut, perusahaan mengungkapkan opsi proxy dapat diatur melalui menu pengaturan, untuk semua pengguna yang sudah menjalankan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengakses WhatsApp dengan Proxy

Berikut ini cara mengakses WhatsApp dengan Proxy, seperti dikutip dari panduan di laman resmi WhatsApp. Jika Anda memiliki akses Internet, Anda dapat mencari sumber tepercaya yang telah membuat proxy melalui media sosial atau mesin pencari.

  1. Terhubung ke proxy
  2. Pastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  3. Di tab Chat, ketuk Opsi lainnya > Setelan.
  4. Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.
  5. Ketuk Gunakan proxy.
  6. Ketuk Setel proxy dan masukkan alamat proxy.
  7. Ketuk Simpan.
  8. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.

Jika Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Anda dapat menekan lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya, lalu memasukkan alamat proxy baru untuk mencoba lagi.

Catatan: Saat Anda menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP Anda akan dibagikan dengan penyedia proxy. Proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Perkenalkan Fitur Accidental Delete

WhatsAppp memperkenalkan fitur baru bernama Accidental Delete, dimana pengguna dapat membatalkan pesan yang telah terhapus. Sempat diuji secara terbatas, kini pengguna iOS dan Android dapat menggunakan fitur baru WhatsApp ini.

Pastinya kamu pernah tanpa sengaja menghapus chat untuk semua orang, malah menekan opsi "hapus untuk saya" atau sebaliknya.

Nah, fitur baru ini bertujuan untuk membantu pengguna mengatasi situasi ini dengan menyediakan opsi untuk "undo" atau membatalkan penghapusan jika ada kesalahan.

Perlu diingat, opsi ini hanya tersedia dalam rentang waktu lima detik untuk menghentikan proses dan memungkinkan kita mengambil kembali pesan itu. Lalu bagaimana bila sudah lewat dari lima detik? Sayangnya, kamu tidak dapat menggunakan fitur Accidental Delete ini.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.