Sukses

WhatsApp Dapat Fitur Bookmark di Pesan Sementara hingga Tambahan Emoji Baru

WhatsApp kebagian fitur penting untuk pesan sementara, selain itu juga WhatsApp mempersiapkan kehadiran 21 emoji baru.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menghadirkan versi baru untuk mereka yang mengikuti program Beta Google Play. Update dimaksud adalah versi 2.23.1.24. Salah satu fitur yang digulirkan dipembaruan ini adalah ikon bookmark untuk pesan sementara alias temporary messages.

Mengutip Gizchina, Kamis (5/1/2022), fitur bookmark baru tersebut hadir setelah WhatsApp mengeluarkan update dengan kemampuan masuk ke aplikasi menggunakan perangkat seluler kedua.

WABetaInfo menyebutkan, WhatsApp kini mengembangkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna menyimpan pesan sementara, dalam rilis versi beta 2.23.1.11 untuk Android.

WhatsApp untuk Android Hadirkan Ikon Baru untuk Penyimpanan Pesan Sementara

Dengan update ini, pesan sementara yang telah disimpan tidak akan langsung dihapus dan akan tetap terlihat oleh semua pengguna di chat.

Namun, pengguna yang memegang kontrol penuh atas percakapan bisa menghapus pesan dan tidak meninggalkan jejak.

Pengguna pun bisa mengetahui bahwa pesan sementara telah disimpan. Caranya dengan mencari ikon bookmark di kotak pesan. Ikon ini berfungsi sebagai isyarat visual bahwa pesan akan tetap ada di chat setelah periode delay.

Pengguna juga dapat menentukan mana pesan yang tetap ada dan mana yang akan kedaluarsa, seiring waktu. Hal ini tentu berguna untuk mengomunikasikan informasi penting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tersedia untuk Penguji Beta

Perlu diingat, fitur ini masih dalam pengembangan dan belum tersedia untuk penguji beta. Tidak ada perkiraan waktu untuk kehadiran fitur ikon bookmark baru ini di versi stabil.

Namun, dengan dimulainya fase pengujian dan tidak ada masalah signifikan yang terjadi, fitur ini kemungkinan bakal segera tersedia untuk masyarakat umum.

Selain ikon bookmark untuk pesan sementara, versi 2.23.1.24 juga dikabarkan akan menghadirkan deretan emoji baru yang nantinya akan digulirkan ke update untuk semua pengguna. Ada 21 emoji baru yang akan digulirkan.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya Ada Peningkatan Keamanan

Sekadar informasi, WhatsApp versi 2.23.1.11 sebelumnya tersedia melalui program Google Play Beta.

Aplikasi pesan ini tengah menguji opsi verifikasi baru untuk mendapatkan kode enam digit dan masuk pada perangkat seluler, setelah menghadirkan update yang mengizinkan pengguna masuk ke WhatsApp melalui perangkat seluler sekunder.

Sebelumnya beberapa minggu lalu, WhatsApp versi Android beta juga menerima versi pembaruan 2.22.17.22 yang mengaktifkan fungsi persetujuan untuk masuk, guna menambahkan lapisan keamanan tambahan ke akun pengguna.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.