Sukses

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Bakal Pakai Kamera Belakang 48MP

Menurut laporan, kedua model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal tampil dengan kamera utama 48MP.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang iPhone 15 series semakin marak beredar, dimana kali ini kabar terkait kamera belakang ponsel milik Apple jadi perbincangan.

Adalah analis Haitong Intl Tech Research, Jeff Pu, yang mengungkap bocoran tentang kamera iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Menurut laporan Jeff Pu via 9to5mac, Rabu (4/1/2023), model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal tampil dengan kamera utama 48MP.

Disebutkan, kamera 48MP di iPhone 15 non-Pro ini sama dengan lensa yang Apple pasang di model iPhone 14 Pro.

Tak hanya itu, duo iPhone 15 non-Pro ini juga tidak akan mendapatkan lensa telefoto atau kamera pemindai LiDAR (light detection and ranging).

Selain pengingkatan kamera, Jeff mengklaim iPhone 15 dan 15 Plus bakal pakai port USB-C dan chipset A16 Bionic--seperti di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Informasi ini semakin menguatkan rumor beredar, dimana Apple akan melakukan perubahan di port-nya untuk mengikuti aturan Uni Eropa.

Dalam hal spesifikasi, kedua model iPhone 15 Pro diharapkan memiliki chipset A17 yang dibuat dengan teknologi 3nm, RAM 8GB, USB-C, dan bingkai titanium.

Jeff mengatakan, iPhone 15 Pro akan memiliki tombol volume dan power virtual dengan feedback haptic--mirip tombol home di iPhone SE.

Kedua iPhone 15 dan iPhone 15 Pro akan tersedia dalam ukuran layar 6,1 inci dan 6,7 inci. Rencananya, iPhone 15 akan meluncur pada 23 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga iPhone 15 Ultra Mulai dari Rp 20 Jutaan

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Doc: Apple)</p>

Meski Apple masih tutup mulut tentang kehadiran seri penerus iPhone 14 tersebut, sebuah informasi baru tentang harga iPhone 15 beredar di internet.

Adapun harga yang menjadi pembicaraan adalah untuk model iPhone 15 Ultra, dan diungkap oleh LeaksApplePro dan Howtoisolve.

Sebelumnya, LeaksApplePro sempat mengungkap harga material untuk iPhone 15 Ultra--nama baru varian Pro Max--akan naik hingga USD 100 dibandingkan iPhone 14 Pro Max.

Kini, LeaksApplePro menyebutkan Apple akan mematok harga iPhone 15 Ultra mulai dari USD 1299 atau sekitar Rp 20 jutaan.

"Ini akan menjadi iPhone lebih mahal, meskipun untuk pasar Amerika Serikat," ungkap LeaksApplePro sebagaimana dikutip dari Forbes, Rabu 14/12/2022).

Dia menambahkan, "Apple telah kehilangan margin dari tahun ke tahun. Meningkatnya biaya produksi dan inflasi membuat uang perusahaan di bank berkurang nilainya."

3 dari 4 halaman

Harga iPhone 15 Lainnya

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Lalu bagaimana dengan varian iPhone 15 lainnya, LeaksApplePro tidak mengungkap secara pasti apakah model selain Ultra akan mengalami kenaikan harga.

Dengan harga awal US 1299, maka kita berpotensi melihat banderol iPhone 15 Ultra dengan memori 1TB bisa mencapai USD 1799 atau Rp 28 jutaan.

iPhone 15 Ultra bakal dilengkapi dengan memori 256GB--paling standar, dual kamera selfie, dan menggunakan USB-C dengan Thunderbolt 4 (40Gbps) sebagai pengganti port Lightning.

Dalam hal bodi, Apple bakal menggunakan material titanium agar membuat ponsel barunya ini lebih tahan banting.

Seperti Apple Watch Ultra, Apple mempertimbangkan iPhone 15 Ultra ini dengan satu pilihan warnya, yakni Silver atau perak.

4 dari 4 halaman

Bentuk iPhone 15 Bakal Mirip Model iPhone 5C

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Berdasarkan bocoran pengguna Twitter @ShrimpApplePro, sasis bodi iPhone 15 akan terbuat dari titanium.

Dia juga mengatakan, panel belakang kaca bodi ponsel baru iPhone ini akan memiliki tepian bulat dan layar rata--seperti iPhone 5C.

Dengan desain ini, Apple berharap pengguna dapat lebih nyaman mengenggam ponsel dan lebih ringan dengan sasis berbahan titanium.

Leaker tersebut mengatakan, masih terlalu dini untuk memastikan apakah Apple akan mengadopsi desain ini atau lebih memilih bentuk sama seperti iPhone 14 series.

Ini bukan satu-satunya rumor iPhone 15 yang beredar di internet. Beberapa bocoran lainnya pun sudah mulai marak dan menjadi perbincangan warganet.

Salah satunya soal iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan sakelar solid-state untuk tombol volume dan power dengan respon haptic, alih-alih menggunakan tombol fisik.

Tombol home solid-state sendiri pertama kali dirilis di iPhone 7, di mana pengguna tidak bisa memencetnya secara fisik, tetapi bergetar sebagai respon terhadap sentuhan.

iPhone 8 dan generasi kedua dan tiga iPhone SE, juga memiliki tombol home berbentuk solid-state yang ditenagai Taptic Engine Apple.

Apple menggunakan teknologi yang sama ini untuk mengaktifkan penekanan kibor haptic di iOS 16, serta dengan trackpad Force Touch yang mereka gunakan pada MacBook.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.