Sukses

Messi dan Mbappe Paling Banyak Disebut di Twitter Selama Piala Dunia 2022

Twitter memberikan laporan tentang aktivitas yang terjadi di platformnya, selama Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Twitter memaparkan sejumlah laporan menarik tentang momen Piala Dunia 2022 Qatar yang baru usai beberapa waktu lalu.

Melalui blog resminya, dikutip Kamis (22/12/2022), Twitter menyebutkan ada 147 miliar impresi tentang #WC2022 secara global. Ini melampaui #WC2018 dan dua kali lipat dari Olimpiade #Tokyo2020.

Twitter juga mencatat, fans mengunggah Tweet paling banyak selama final antara Prancis dan Argentina.

Setidaknya, ada lima momen teratas yang menghasilkan percakapan Twitter terbanyak, diukur dalam Tweet per minute (TPM) selama seluruh turnamen.

Tertinggi adalah momen final Argentina vs Prancis, di akhir tendangan penalti, saat Argentina memenangkan Piala Dunia 2022.

Di bawahnya adalah ketika Mbappe menyamakan kedudukan dengan golnya. Di final yang sama, gol dari Di Maria untuk Argentina berada di posisi ke-4.

Pertandingan lain yang masuk posisi teratas untuk puncak percakapan Twitter tertinggi adalah saat Kroasia vs Brasil di perempat final.

Momen Brasil gagal tendangan penalti terakhir sehingga Kroasia melaju ke semifinal berada di posisi tiga. Sementara saat Neymar mencetak gol membuat Brasil memimpin di menit 106, berada di posisi lima.

Selain itu, Lionel Messi juga menjadi pemain paling banyak di-mention atau disebut selama gelaran Piala Dunia 2022, diikuti Kylian Mbappe, Neymar Jr., Cristiano Ronaldo, dan Son Heung-min.

Sementara, Argentina menjadi tim terbanyak di-mention selama Piala Dunia 2022 diikuti Brazil, Prancis, Portugal, dan Kroasia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gol Mbappe Cetak Rekor di Twitter

Twitter menambahkan, Brasil mengirimkan paling banyak cuitan dibandingkan negara lainnya selama Piala Dunia. Jepang, Argentina, Amerika Serikat, dan Prancis, mengikuti di belakangnya berturut-turut.

Sementara itu, menurut Elon Musk, CEO dan pemilik Twitter, dua gol yang diciptakan Mbappe untuk Prancis dalam laga final melawan Argentina, mencatat rekor di TWitter

"24.400 tweet per detik untuk gol Prancis, tertinggi sepanjang sejarah Piala Dunia!" tulis Elon Musk seperti dikutip dari akun Twitternya, Senin (19/12/2022).

Elon Musk sendiri diketahui turut hadir menyaksikan pertandingan final yang digelar di Stadion Lusail Iconic Qatar tersebut.

Final Piala Dunia 2022 sendiri menyajikan pertandingan yang begitu dramatis. Bagaimana tidak, Messi dkk hingga menit ke-79 berhasil unggul atas Prancis dengan skor 2-0.

Namun, Mbappe berhasil memperkecil ketinggalan Prancis di menit ke-80 melalui titik penalti. Lalu tidak berselang lama, Mbappe juga mencetak gol kedua untuk menyamakan kedudukan.

 

3 dari 4 halaman

Prancis Ditaklukkan Argentina

 

Gol kedua dari pemain PSG itu tidak hanya memberi asa pada Prancis, tapi juga berhasil menarik perhatian para penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut.

Setelah sempat tertinggal 2-0, Prancis akhirnya bisa menyamakan kedudukan sebelum tiup peluit waktu normal 90 menit berbunyi. Pertandingan pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Pada perpanjangan waktu, Argentina sempat kembali unggul melalui gol Lionel Messi di menit 108. Kendati demikian, gol ketiga Mbappe pada menit 118 memaksa kedua tim harus melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti.

Di babak ini, Prancis harus mengakui kemenangan Argentina dengan skor 4-2. Seluruh algojo timnas Argentina berhasil mencetak gol dan membuat mereka meraih juara dunia untuk kali ketiga.

 

4 dari 4 halaman

EA Sports Prediksi Argentina Juara Piala Dunia 2022

Argentina juara Piala Dunia 2022 ini ternyata sudah diprediksi oleh EA Sports, studio pengembang gim FIFA sejak November lalu.

Kala itu pengembang menggunakan gim FIFA 23 dengan HyperMotion2 Technologi dan peringkat khusus FIFA World Cup 2022 dalam mode Kick-Off dan Turnament.

Dengan ini, EA Sports dapat mensimulasikan 64 pertandingan dan melihat tim dari negara mana yang keluar sebagai pemenang.

Berdasarkan prediksi EA Sports, babak final Piala Dunia 2022 akan diisi oleh tim negara Argentina dan Brazil. Dalam simulasi tersebut, tim Tango menjadi juara setelah Lionel Messi menyarangkan gol satu-satunya ke gawang Brazil.

Informasi, ini bukan pertama kalinya EA Sports dengan tepat memprediksi negara mana yang akan keluar sebagai juara Piala Dunia.

Sejak mulai melakukan simulasi Piala Dunia 2010, gim FIFA ini dengan tepat memilih juara pada Piala Dunia 2010 (Spanyol), 2014 (Jerman), dan 2018 (Prancis).

Selain memprediksi juara Piala Dunia 2022, prediksi EA Sports ini juga dengan tepat memilih Emiliano Martinez, Kiper Argentina sebagai penerima Golden Glove.

"Sebenarnya Golden Glove ini diperebutkan antara Rui Patrício (Portugal), Alisson (Brasil), Dominik Livaković (Kroasia), dan Emiliano Martínez (Argentina), tetapi Martínez-lah yang meraih penghargaan karena melaju paling jauh di turnamen," tulis EA Sports.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.