Sukses

1.040 Siswa SMK Ikut Pelatihan TIK DigiUp Telkom untuk Jadi Talenta Digital

1.040 siswa SMK se-Indonesia menyelesaikan program DigiUp, sebuah pelatihan dan sertifikasi nasional teknologi informasi komunikasi (TIK) dari Telkom.

Liputan6.com, Jakarta - 1.040 siswa SMK se-Indonesia menyelesaikan program DigiUp , sebuah pelatihan dan sertifikasi nasional teknologi informasi komunikasi (TIK), yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dengan Community Development Center (CDC) PT Telkom Indonesia.

Program DigiUp dibuka pertengahan November 2022 dan resmi ditutup pada Sabtu, 10 Desember 2022. Hasilnya terdapat 1.040 peserta akhir talenta digital dari 24 kelas program. 

Puluhan kelas program itu tersebar di 231 sekolah dari 23 provinsi yang berhasil dijalankan selama program DigiUp , masing-masingnya diikuti 40 peserta/kelas.

"Tuntasnya program tersebut menunjukkan komitmen tinggi Telkom Group terhadap dunia pendidikan di Indonesia, terutama dalam menciptakan kebermanfataan institusinya dalam mengisi kebutuhan industri," kata Direktur Utama YPT Dodi Irawan, melalui keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Menurut dia, pendidikan vokasi yang digelutinya selalu berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat SMK seperti DigiUp guna memberikan solusi-solusi pendidikan yang adaptif dengan kebutuhan industri.

Sementara SGM Telkom CDC Hery Susanto berharap program ini dapat terus berkontribusi dalam meminimalisir gap kompetensi di industri pendidikan.

Ia mengklaim DigiUp adalah salah satu sumbangsih program CSR Telkom dalam menyiapkan generasi muda bertalenta digital yang berkompetensi global untuk menyongsong Indonesia menjadi negara maju.

Telkom siap untuk lebih awal hadapi tantangan digital masa depan, dan melalui program ini akan sangat meningkatkan kompetensi digital bagi para siswa SMK,” ucapnya memungkaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan Gratis

Program bertemakan “Escalating Digital Skills Competencies for Future Digital Talents” ini tidak memungut biaya dari peserta alias gratis.

Pun demikian, peserta dilatih dalam kurikulum berkualitas serta diberi sertifikasi standar BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Adapun instruktur pelaksana program pelatihan daring ini dilakukan anak perusahaan YPT, PT Telkom Prima Cipta Certifia (PT TPCC), yang mengombinasikan program pelatihan, case based workshop experience, dan sertifikasi dalam satu paket penting.

TPCC adalah sebuah lembaga di bawah naungan YPT yang siap memberikan solusi terhadap kebutuhan pengembangan human capital melalui program pelatihan dan sertifikasi, solusi berbasis TIK, konsultansi di bidang ICTBM (Information, Communication, Technology, Business & Management).

Ketua Panitia Program Telkom Digi-Up Iis Kurnia mengatakan, 24 kelas program tersebut telah sukses menjalankan sertifikasi bidang Junior Desain Grafis, Junior Multimedia Desainer (UI/UX), Junior Network Administrator, Junior Web Developer, serta Junior Web Programmer (Phyton) Programming.

Rinciannya adalah 280 peserta mengikuti sertifikasi Junior Desain Grafis, 160 peserta (Junior Multimedia Desainer (UI/UX), 280 peserta (Junior Network Administrator), 240 peserta (Junior Web Developer), serta 80 peserta (Junior Web Programmer (Phyton) Programming).

“Program ini juga berhasil menjangkau peminat dan lulusan dari daerah 3T atau terdepan, tertinggal, dan terluar. Saat pendaftaran, ada 540 SMK dari 25 Provinsi, termasuk di dalamnya 142 peserta dari 11 Kota dan Kabupaten di area 3T. Sementara lulusannya berhasil menjangkau 5 kota dan kabupaten 3T dengan peserta dari 7 sekolah,” papar Iis memungkaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Generasi 90-an Jalani Liburan Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.