Sukses

Wordle, World Cup, dan iPhone 14 Jadi yang Paling Dicari Pengguna Google di Dunia Tahun 2022

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis Year in Search 2022, untuk mengetahui apa saja yang banyak dicari para penggunanya di seluruh dunia melalui mesin pencari tersebut.

Dalam laman Google Trends, dikutip Jumat (9/12/2022), beberapa kata kunci banyak dicari di Google pada tahun 2022 di antaranya seperti Wordle, iPhone 14, hingga World Cup.

Kata kunci untuk game tebak kata populer "Wordle" berada di posisi pertama sebagai kata banyak dicari di Google untuk kategori Searches atau Pencarian. Sementara "iPhone 14" berada di posisi ke-8 dan World Cup di posisi ke-6.

Isu Ukraina juga tampaknya banyak dicari oleh pengguna Google tahun ini. Kata kunci "Ukraine" berada di posisi ke-3 untuk kategori Searches serta posisi pertama untuk kategori News.

Meninggalnya Ratu Elizabeth juga menjadi topik banyak dicari pengguna Google Search di seluruh dunia, dengan kata kunci "Queen Elizabeth" masuk posisi 4 di Searches dan Passings. Di kategori News, "Queen Elizabeth passing" berada di posisi ke-2.

Uniknya, di kategori Songs, lagu dipopulerkan oleh penyanyi Indonesia Keisya Levronka berjudul "Tak Ingin Usai" menjadi lagu paling banyak dicari oleh pengguna di seluruh dunia.

"Tak Ingin Usai" mengalahkan "Glimpse of Us" dari Joji yang berada di peringkat tiga untuk kategori itu. 

Lagu Indonesia lain di kategori Songs untuk Year in Search 2022 global adalah "Satru 2" dari Denny Caknan dan Happy Asmara di posisi empat, serta "Joko Tingkir" dari Farel Prayoga di posisi delapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

10 Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari di 2022

Aktor Johnny Depp juga masuk ke peringkat pertama di kategori People dan Actors, diikuti Will Smith dan Amber Heard di posisi ke-2 dan 3 dalam dua kategori tersebut.

Untuk kategori film, banyak pengguna Google yang tahun ini mencari Thor: Love and Thunder, diikuti Black Adam, Top Gun: Maverick, The Batman, dan Encanto. Sementara untuk istilah olahraga, kata kunci World Cup menjadi yang paling banyak dicari di Google 2022.

Berikut adalah 10 peringkat teratas dalam Google Year in Search 2022 untuk kategori Searches atau pencarian dari seluruh dunia:

  1. Wordle
  2. India vs England
  3. Ukraine
  4. Queen Elizabeth
  5. Ind vs SA
  6. World Cup
  7. India vs West Indies
  8. iPhone 14
  9. Jeffrey Dahmer
  10. Indian Premier League

Untuk melihat laporan lebih lengkapnya, kamu dapat mengunjungi situs Google Trends dengan menyalin tautan berikut: https://trends.google.com/trends/yis/2022/GLOBAL/

3 dari 4 halaman

Google Rilis Aplikasi dan Game Terbaik di Google Play 2022

Sebelumnya, Google saja merilis daftar aplikasi dan game terbaik yang ada di Google Play untuk 2022. Seperti biasa, daftar ini merupakan bentuk penghargaan Google untuk aplikasi dan game terbaik di Google Play.

Untuk di tahun ini, Google juga menghadirkan sejumlah kategori baru, seperti game dengan cerita terbaik dan game terbaik yang terus di-update (seperti game live service). Lalu, ada penghargaan kategori baru, yakni Game Buatan Indonesia Terbaik.

Menurut Google, kategori penghargaan ini adalah salah satu sejumlah penghargaan di industri game khusus menyorot game buatan Indonesia. Daftar game dan aplikasi pemenang penghargaan 2022 ini juga mencerminkan hal-hal paling penting bagi orang-orang saat ini.

Untuk mengetahui deretan game dan aplikasi terbaik di Google Play sepanjang tahun ini, berikut adalah daftar lengkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Aplikasi dan Game Terbaik di Google Play 2022

Daftar Aplikasi 2022

  • Aplikasi Terbaik - KitaLulus: Loker Pejuang Kerja
  • Aplikasi Dampak Positif Terbaik - Bicarakan.id - Konseling Psikologi & Mental Health
  • Aplikasi Harian Terbaik - Virgo
  • Aplikasi Hiburan Terbaik - Kakao Webtoon
  • Aplikasi Unik Terbaik - Debaede
  • Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik - FluenDay - Learn English Enpal
  • Terbaik untuk Wear OS - Todoist: to-do list & planner
  • Terbaik untuk Tablet - Pocket: Save. Read. Grow.
  • Aplikasi Pilihan Pengguna - Kakao Webtoon

Daftar Game 2022

  • Game Terbaik - Apex Legends Mobile
  • Game Multiplayer Terbaik - Dislyte
  • Game Kasual Terbaik - Angry Birds Journey
  • Game Terbaik yang Terus Diupdate - Genshin Impact
  • Game Terbaik untuk Tablet - Angry Birds Journey
  • Game Indie Terbaik - One Hand Clapping
  • Game dengan Cerita Terbaik - Diablo Immortal
  • Game Buatan Indonesia Terbaik - Grammarian Ltd - Grammar Game

Sebagai informasi, Android dan Google Paly selalu berkomitmen memberi kesempatan pada developer maupun pengguna untuk membuat sekaligus menggunakan aplikasi menarik dan berkualtias di mana pun mereka berada.

Google Play disebut menjadi rumah bagi 10.000 lebih developer di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun binsis. Selain itu, ada lebih dari 150 juta orang Indonesia mengunjungi Google Play setiap bulannya.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS