Sukses

WhatsApp Bakal Kedatangan 21 Emoji Baru

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Meta memperkenalkan fitur dimana pengguna WhatsApp dapat terhubung antar beberapa perangkat termasuk iOS, Android, dan Windows.

Walau masih sebatas pengguna yang ikutan program WhatsApp beta, perusahaan kabarnya sedang mengerjakan 21 emoji baru.

Dilaporkan WABetaInfo, Senin (5/12/2022), 21 emoji baru itu akan disertakan ke dalam update WhatsApp mendatang.

Sebelumnya diungkap, WhatsApp beta versi Android akan menambah sejumlah emoji anyar tersebut lewat Unicode versi 2.22.8.8.

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah, WhatsApp berencana untuk meng-update tampilan delapan emoji lainnya.

Meski perubahannya tidak signifikan, gambar ini membuat ikon emoji di aplikasi lebih mudah dilihat.

"Kamu mungkin tidak menyadari karena perubahannya tidak terlalu terlihat. Kecuali emoji wajah memohon dan wajah menahan air mata," kata WABetaInfo.

Beberapa pengguna WhatsApp versi beta yang pdate dari Google Play menyebutkan, mereka telah melihat tampilan baru 8 emoji tersebut.

Akan tetapi, mereka masih belum menemkkan 21 emoji baru lainnya lewat update tersebut.

Hingga kini, masih belum diketahui secara pasti kapan 21 emoji beserta 8 emoji yang didesain ulang ini tampil di WhatsApp versi global.

Berhubung masih dalam pengujian, bukan hal yang tidak mungkin update-an WhatsApp tersebuut akan mulai tersedia secara global dalam waktu dekat ini.

Informasi, WhatsApp juga dikabarkan sedang melakukan uji coba kemampuan untuk mencari pesan berdasarkan tanggal.

Sayangnya, fitur ini masih terbatas bagi pengguna WhatsApp beta di iOS. Pengguna dapat langsung mencari chat di hari tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Rilis Message Yourself

WhatsApp Rilis Message Yourself. Dok: WhatsApp

WhatsApp merilis fitur 'Message Yourself' yang memungkinkan pengguna mengirim chat ke nomor sendiri, seperti untuk mengirim catatan, pengingat, dan daftar belanja.

Dengan fitur ini pengguna akan melihat kontak mereka di bagian atas daftar kontak WhatsApp saat mereka membuat obrolan baru.

Setelah mengetuk kontak sendiri, pengguna akan dialihkan ke layar obrolan yang dapat mereka gunakan untuk kirim chat ke nomor sendiri.

Meskipun fitur untuk mengirim pesan kepada diri sendiri masih baru di WhatsApp, fitur baru ini dilaporkan sudah banyak dipakai pengguna setelah diumumkan pada Senin (28/11/2022) secara global.

Pengguna juga dapat menyematkan pesan self-chat mereka ke bagian atas daftar percakapan jika mereka tidak ingin mencarinya di daftar obrolan.

Jika kamu belum menemukan fitur ini meski sudah menggunakan aplikasi WhatsApp (Android dan iOS) versi terbaru, jangan khawatir karena 'Message Yourself' digulirkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua pengguna, beberapa minggu ke depan.

Mengutip Techcrunch, Selasa (29/11/2022), Signal (saingan WhatsApp) memiliki fitur serupa bernama 'Note to Self'.

3 dari 4 halaman

Aplikasi Lain dengan Fitur Serupa

<p>Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash</p>

Namun, tidak seperti fitur WhatsApp yang dapat diakses dari bagian atas daftar kontak di aplikasi, Signal tidak menampilkan profil kamu sendiri di bagian atas daftar penerima.

Dengan demikian, pengguna harus mencari dan memasukkan kontak 'Note to Self' untuk menggunakan fitur tersebut.

Telegram juga menawarkan fitur serupa yang disebut 'Saved Messages' yang memungkinkan pengguna menandai pesan penting apa pun serta menyimpan catatan dan pengingat.

'Saved Messages' dapat diakses dari bagian atas layar obrolan. Namun, pengguna Telegram pada awalnya perlu mengakses fitur tersebut dengan mengetuk menu dengan ikon tiga garis di perangkat Android atau melalui menu pengaturan di iOS.

4 dari 4 halaman

Cara Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Untuk menggunakan 'Message Yourself' untuk kirim chat WhatsApp ke nomor sendiri terbilang gampang. Berikut ini langkahnya:

- Pastikan aplikasi WhatsApp di perangkat Android atau iOS kamu merupakan versi terbaru

- Jika sudah update, buka aplikasi WhatsApp

- Ketuk tombol obrolan atau chat baru, tersedia di pojok kanan atas di iPhone dan bawah di Android

- Di sini, kamu akan menemukan daftar kontak dengan nomor ponsel kamu sebagai ‘Message Yourself'

- Pilih nama kontak kamu, lalu kirim pesan yang diinginkan

- Agar pesan ini tidak tenggelam, kamu bisa pin agar selalu muncul di bagian teratas dalam daftar chat WhatsApp

Jika kamu belum menemukan fitur ini meski sudah menggunakan aplikasi WhatsApp (Android dan iOS) versi terbaru, jangan khawatir karena 'Message Yourself' digulirkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua pengguna, beberapa minggu ke depan.

(Ysl/Dam)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS