Sukses

Deretan Aplikasi dan Game Terbaik Google Play untuk 2022

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja merilis daftar aplikasi dan game terbaik yang ada di Google Play untuk 2022. Seperti biasa, daftar ini merupakan bentuk penghargaan Google untuk aplikasi dan game terbaik di Google Play.

"Google Play memungkinkan developer besar maupun kecil dari seluruh Indonesia untuk berkembang di platform. Kami melihat sudah ada banyak developer Indonesia sukses di pasar global sangat kompetitif," tutur Director Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia Kunal Soni dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (2/12/2022).

Untuk di tahun ini, Google juga menghadirkan sejumlah kategori baru, seperti game dengan cerita terbaik dan game terbaik yang terus di-update (seperti game live service). Lalu, ada penghargaan kategori baru, yakni Game Buatan Indonesia Terbaik.

Menurut Google, kategori penghargaan ini adalah salah satu sejumlah penghargaan di industri game khusus menyorot game buatan Indonesia. Daftar game dan aplikasi pemenang penghargaan 2022 ini juga mencerminkan hal-hal paling penting bagi orang-orang saat ini.

Untuk mengetahui deretan game dan aplikasi terbaik di Google Play sepanjang tahun ini, berikut adalah daftar lengkapnya :

Daftar Aplikasi 2022

  • Aplikasi Terbaik - KitaLulus: Loker Pejuang Kerja
  • Aplikasi Dampak Positif Terbaik - Bicarakan.id - Konseling Psikologi & Mental Health
  • Aplikasi Harian Terbaik - Virgo
  • Aplikasi Hiburan Terbaik - Kakao Webtoon
  • Aplikasi Unik Terbaik - Debaede
  • Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik - FluenDay - Learn English Enpal
  • Terbaik untuk Wear OS - Todoist: to-do list & planner
  • Terbaik untuk Tablet - Pocket: Save. Read. Grow.
  • Aplikasi Pilihan Pengguna - Kakao Webtoon

Daftar Game 2022

  • Game Terbaik - Apex Legends Mobile
  • Game Multiplayer Terbaik - Dislyte
  • Game Kasual Terbaik - Angry Birds Journey
  • Game Terbaik yang Terus Diupdate - Genshin Impact
  • Game Terbaik untuk Tablet - Angry Birds Journey
  • Game Indie Terbaik - One Hand Clapping
  • Game dengan Cerita Terbaik - Diablo Immortal
  • Game Buatan Indonesia Terbaik - Grammarian Ltd - Grammar Game

Sebagai informasi, Android dan Google Paly selalu berkomitmen memberi kesempatan pada developer maupun pengguna untuk membuat sekaligus menggunakan aplikasi menarik dan berkualtias di mana pun mereka berada.

Google Play disebut menjadi rumah bagi 10.000 lebih developer di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun binsis. Selain itu, ada lebih dari 150 juta orang Indonesia mengunjungi Google Play setiap bulannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Induk Google Bakal PHK 10.000 Karyawan Mulai Tahun 2023

Di sisi lain, Alphabet, perusahaan induk Google disebutkan bakal PHK sekitar 10.000 karyawan yang berperforma buruk.

Mengutip The Independent, Kamis (24/11/2022), manager di Google sudah diminta menganalisis dan memberi peringkat karyawan dengan kinerja buruk.

Google akan menggunakan sistem ranking, dan karyawan dengan peringkat terendah akan dipecat dari perusahaan. Informasi, saat ini Alphabet memiliki total karyawan sekitar 187 ribuan.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan untuk menghentikan proses perekrutan karyawan baru pada kuartal keempat tahun ini.

Selain Google, perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Twitter, Meta, Amazon, dkk, telah merumahkan karyawan mereka beberapa minggu belakangan ini.

Rencana karyawan Google di PHK ini mencuat setelah Christopher Hohn, pemegang saham Alphabet senilai USD 6 miliar, menulis surat ke perusahaan akhir pekan lalu.

 

3 dari 4 halaman

Kondisi Google

Dalam surat tersebut, dia menyatakan, "Kami menulis untuk mengungkap pandangan kami biaya operasional Alphabet terlalu tinggi dan manajemen perlu mengambil tindakan agresif."

Selain itu, perusahaan juga di bawah tekanan karena merekrut karyawan dalam jumlah yang berlebihan selama beberapa tahun terakhir ini.

Sejak 2017, perusahaan telah melipatgandakan jumlah karyawan mereka dengan peningkatan sebesar 15 persen pada tahun 2020 saja.

Kondisi di dalam Google pun semakin panas pada bulan Agustus, dimana Sundar Pichai melakukan pertemuan bersama semua pihak. Kala itu, Sundar meminta karyawan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Sundar Pichai berkomentar, "Ada kekhawatiran produktivitas kita secara keseluruhan tidak sesuai dengan kebutuhan untuk jumlah kepala yang kita miliki."

4 dari 4 halaman

Google Maps Kini Bisa Tampilkan Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Google Maps mengumumkan telah memperluas cakupan informasi mengenai stasiun pengisian kendaraan listrik. Sebelumnya, fitur ini dikembangkan di Amerika Serikat dan Britania Raya selama tiga tahun terakhir.

Kini, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (20/11/2022), fitur tersebut telah diperluas kehadirannya di lebih banyak negara yang memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, fitur ini juga sudah tersedia di Indonesia. Untuk melakukan pencarian, pengguna tinggal melakukan penelusuran dengan kata kunci EV charging stations.

Nantinya, Google Maps akan menampilkan daftar stasiun pengisian kendaraan listrik yang berada di sekitar lokasi pengguna. Fitur ini turut dibekali dengan filter yang memudahkan pencarian sesuai dengan preferensi pengguna.

Dengan filter tersebut, pengguna dapat menyortir stasiun pengisian kendaraan listrik berdasarkan kecepatan pengisian dayanya dan tipe pengisian. Informasi tersebut juga akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS