Sukses

Sederet Fitur Google Ini Bisa Bantu Kamu Tetap Update Soal Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Jika tak sempat nonton di TV atau melalui siaran streaming, saat ini ada banyak cara untuk tetap update dengan Piala Dunia 2022 Qatar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur dari Google.

Google baru-baru ini mengumumkan sejumlah fitur untuk aplikasi di HP yang bisa membantu seseorang untuk tetap mengikuti jalannya Piala Dunia 2022 walau tak sempat menonton pertandingan secara penuh.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap update pertandingan di Piala Dunia 2022 dengan Google lewat HP:

Di pencarian

Google merilis fitur notifikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat tetap update tim favoritnya di Piala Dunia.

Caranya, masukkan di kolom Google Search berbagai kata kunci terkait "Piala Dunia." Kemudian klik bel di pojok kanan atas untuk menerima pembertahuan tentang tim favorit.

Selain itu, Google juga menyediakan informasi yang lebih detail tentang jalannya pertandingan.

Saat pengguna mencari pertandingan, akan bisa ditemukan berbagai statistik yang lebih mendalam, peluang kemenangan, hingga timeline dari peristiwa-peristiwa penting dalam pertandingan.

 

 

Pin skor

Jika tidak bisa mengikuti pertandingan secara penuh, Google juga memungkinkan pengguna aplikasi di Android untuk menyematkan skor.

Dengan menggunakan aplikasi Google atau melalui Google Search di browser seluler, klik pertandingan yang ingin diikuti dan pilih "Pin live score" untuk menampilkan skor di mana pun di layar ponsel.

Mengikuti rekap harian

Jika kelewat atau mau melihat lagi momen-momen seru dari gelaran sepak bola terbesar dunia ini, Google juga menyediakan video rekapitulasi harian dari Piala Dunia 2022 di laman pencarian, yang berasal dari penyiaran resmi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Google Doodle Meriahkan Piala Dunia 2022

Google sebelumnya juga ikut memeriahkan Piala Dunia 2022 Qatar, dengan menampilkan Doodle di laman depan layanan pencariannya.

Saat masuk ke situs Google.com pada Minggu (20/11/2022), akan ada animasi yang menunjukkan dua sepatu dengan mata dan mulut, yang bermain bola.

Jika di-klik, Google Doodle itu akan otomatis membawa pengguna ke hasil pencarian untuk World Cup Qatar 2022.

"Biarkan pertandingan Piala Dunia 2022 dimulai! Turnamen berlangsung setiap empat tahun dan menarik penggemar sepak bola dari seluruh dunia," tulis Google dalam penjelasan soal Doodle itu.

"Selama sebulan ke depan, para pemain dari tim nasional 32 negara akan bertanding dalam rangkaian pertandingan eliminasi, yang berpuncak pada 18 Desember, saat satu tim nasional dinobatkan sebagai Juara Piala Dunia 2022."

Selain itu, Google juga mengungkapkan mereka menyediakan minigame di aplikasi Google untuk para pengguna di perangkat seluler, yang bisa dimainkan secara multiplayer dan daring.

Game ini juga dihadirkan dalam rangka merayakan Piala Dunia 2022 Qatar.

3 dari 4 halaman

Game Piala Dunia di Google

Dalam game Google yang dirilis untuk Piala Dunia 2022 ini, pemain hanya cukup memasukkan bola ke dalam gawang dengan melakukan swipe pada layar, di mana tim yang dipilih berdasarkan timnas yang akan bertanding di dunia nyata.

Setelah pertandingan aslinya digelar, hasil dari game yang dimainkan bakal muncul di menu permainan.

"Pilih game dan tim yang ingin Anda dukung dan bekerja dengan penggemar lain untuk mencetak GOAAAAALLLLS paling virtual," tulis Google.

"Saat bel terakhir berbunyi di pertandingan kehidupan nyata, pertandingan virtual juga akan berakhir dan menentukan pemenang!" tambah mereka dalam instruksinya.

Adapun tahun ini, siaran Piala Dunia akan ditayangkan di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk TV free to air, pertandingan bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, Moji, serta Mentari TV.

Sementara untuk layanan streaming, penonton bisa menyaksikan event sepakbola terbesar dunia ini melalui platform Vidio. Dan, pertandingan Piala Dunia 2022 juga bisa disaksikan melalui TV satelit Nex Parabola.

 

4 dari 4 halaman

Cara Nonton Piala Dunia 2022 di TV Digital dan Vidio

Perlu diketahui, ada delapan pertandingan eksklusif yang hanya ditayangkan di Vidio. Nah, simak langkah-langkah menonton Piala Dunia 2022 melalui TV digital dan Vidio berikut ini:

Nonton Piala Dunia di TV Digital

  1. Siapkan TV digital yang sudah mendukung DVB-T2. Apabila belum memiliki TV yang mendukung siaran TV digital, kamu perlu menyiapkan STB (Set Top Box).
  2. Hidupkan TV, termasuk STB apabila menggunakannya.
  3. Buka Pengaturan, lakukan Auto Scan untuk memindai program yang tersedia.
  4. Tunggu hingga seluruh siaran TV digital muncul.
  5. Setelahnya, pastikan kamu telah mendapatkan SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV, karena empat saluran tersebut yang menyiarkan Piala Dunia 2022.

Nonton Piala Dunia di Vidio

  1. Masuk ke akun Vidio yang sudah dimiliki.
  2. Buka menu Berlangganan yang muncul di laman depan aplikasi atau situs.
  3. Pilih menu FIFA World Cup Qatar 2022 yang muncul di bagian paket berlangganan.
  4. Untuk menonton pertandingan di HP dan tablet, kamu bisa memilih paket berlangganan Rp 59.000.
  5. Sementara untuk menonton di semua perangkat, kamu bisa membeli paket berlanggan Rp 89.000. Namun untuk sekarang, ada promo dengan harga Rp 79.000.Setelahnya, kamu tinggal menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022. 

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.