Sukses

Telkomsel Pamerkan VR hingga AI Robot dengan 5G di KTT G20

Showcase 5G Telkomsel dihadirkan di dua area rangkaian KTT G20, yang berada di Future SME Village Bali Collection dan Media Center BICC The Westin Resort.

Liputan6.com, Bali - Telkomsel menggelar showcase untuk sejumlah pemanfaatan teknologi 5G mereka di acara Puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, dan dilakukan selama 13 sampai 17 November 2022.

Direktur Planning dan Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengklaim, mereka selalu menjadi yang terdepan dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital, untuk mengakselerasi kemajuan Indonesia di segala aspek.

"Transformasi yang kami lakukan dan menjadi yang pertama menghadirkan jaringan 5G di Indonesia merupakan dua momen penting bagi Telkomsel dalam menegaskan komitmen sebagai enabler yang terus membuka peluang pertumbuhan dan kemajuan untuk semua sektor Industri," kata Wong Soon Nam.

Mengutip siaran persnya, Selasa (15/11/2022), Telkomsel mengungkapkan showcase 5G dihadirkan di dua area rangkaian KTT G20, yang berada di Future SME Village Bali Collection dan Media Center BICC The Westin Resort.

Ada enam use case yang dipamerkan yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, Artificial Intelligence (AI) Robot, 5G in the box, Cloud Gaming dan 5G Holographic Communications.

Use case VR akan memberikan pengalaman imersif bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan teknologi VR, untuk kebutuhan bermain gim, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, hingga edukasi mengenai anatomi manusia dan automotive engineering berupa mobil dan motor balap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pamerkan Robot hingga Gaming dengan 5G

Kedua, use case AR Kawasan Konservasi Hutan Mangrove akan memberikan pengalaman kepada peserta, dalam mengikuti tur virtual di kawasan konservasi hutan mangrove dari proses pembibitan hingga ke proses simulasi pertumbuhan tanaman mangrove.

Untuk AI Robot, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dan melihat beberapa hiburan yang ditampilkan seperti atraksi tarian.

Lalu untuk 5G in the Box, adalah inovasi teknologi jaringan 5G portable yang hadir dalam bentuk ringkas, sehingga mendukung proses deployment 5G lebih cepat dan mudah diimplementasikan, terutama untuk trial jaringan privat 5G bagi pelanggan korporasi.

Pemanfaatan kelima adalah Cloud Gaming, di mana Telkomsel menghadirkan pengalaman bermain berbagai jenis gim daring terbaru, menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas 5G.

Terakhir adalah 5G Holographic Communications, yang dihadirkan pada kegiatan ini dan memungkinkan komunikasi human-to-human secara real-time dan tiga dimensi menggunakan perangkat pintar.

3 dari 4 halaman

Telkomsel Rilis Kartu Perdana PraBayar Tourist

Sebelumnya, Telkomsel memastikan ketersediaan akses terhadap seluruh produk dan layanan digitalnya, terutama bagi pelanggan dan delegasi G20 dalam KTT G20 Indonesia yang berlangsung pada 15 hingga 16 November 2022 di Bali.

Telkomsel menyatakan siap memberikan pengalaman digital terdepan bagi para delegasi mancanegara yang hadir dalam konferensi tersebut. Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit menuturkan, layanan Telkomsel didukung pula dengan konektivitas broadband teknologi terdepan.

"Telkomsel mengambil peran dan terus berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan rangkaian kegiatan Presidensi G20 sepanjang tahun 2022 di Indonesia, yang berfokus pada isu pemulihan ekonomi global," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (13/11/2022).

Untuk mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas para delegasi di acara tersebut, Telkomsel menghadirkan kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist. Kartu Perdana ini juga sudah didukung layanan 5G dari Telkomsel.

Oleh sebab itu, kartu perdana ini menawarkan kuota data 125GB yang terdiri dari 25GB di seluruh jaringan dan 100GB di jaringan 5G. Pemesanan kartu perdana ini dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi Telkomsel atau mengunjungi gerai resmi yang tersebar di sejumlah lokasi acara.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga menggandeng mitra outlet reseller yang berada di kawasan Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana, hingga Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk membuka Toko Orbit yang menyedikan modem internet portabel Telkomsel Orbit.

 

4 dari 4 halaman

Gandeng Operator dari Negara Lain

"Kami berupaya memberikan kemudahan kepada seluruh delegasi G20 dalam mendapatkan pengalaman telekomunikasi dan aktivitas digital terbaiknya selama berada di Indonesia," tutur Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng.

Sebagai kesiapan untuk mendukung layanan international roaming bagi perwakilan delegasi G20, Telkomsel juga telah bekerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, dimana 48 di antaranya berasal dari seluruh negara delegasi G20 yang hadir di Bali.

Kerja sama tersebut mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan telekomunikasi dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Korea Selatan, Perancis, RRT, Rusia, dan Turki.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) dan Kementerian Perdagangan untuk menyediakan layanan asistensi di sejumlah titik untuk membantu proses registrasi IMEI perangkat yang digunakan perwakilan delegasi di G20 kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.