Sukses

Membedah Kekuatan Chipset MediaTek Dimensity 1300 di Oppo Reno8 5G

Berikut adalah deretan teknologi dan fitur pada chipset MediaTek Dimensity 1300 yang tertanam di Oppo Reno8 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno8 5G yang belum lama ini meluncur di Indonesia diklaim memiliki spesifikasi hardware bertenaga. Dapur pacunya diperkuat chipset Dimensity 1300.

Chipset dari MediaTek ini memiliki fabrikasi 6nm dengan konfigurasi prosesor octa-core dengan empat core Cortex-A78 (satu Ultra berjalan hingga 3GHz, dan tiga Super hingga 2,6GHz) serta quad-core efisiensi Cortex-A55 yang ditingkatkan hingga 2GHz.

Dengan kombinasi teknologi inovatif tersebut chipset yang tertanam di Oppo Reno8 5G mampu menjalankan aplikasi dan game dengan mulus.

Saat menjalankan aplikasi dan aktivitas ringan, MediaTek Dimensity 1300 akan memanfaatkan quad-core 2 GHz Cortex-A55 sehingga konsumsi dayanya lebih hemat.

Untuk grafisnya dipercayakan oleh GPU Mali-G77 MC9 yang sudah terintegrasi, sehingga sebagian game populer yang dijalankan di Oppo Reno8 5G dapat disetel dengan grafis dan frame rate tinggi.

Dimensity 1300 mendukung tampilan hingga 168Hz dengan resolusi FullHD+ atau 2520 x 1080 piksel. Mengutip laman resmi MediaTek, Selasa (11/10/2022), chipset ini bahkan bisa dipasangkan dengan RAM LPDDR4x 4266Mbps hingga 16GB. Dimensity 1300 juga mendukung penyimpanan tipe UFS 3.1.

MediaTek Dimensity 1300 bahkan sudah dibekali dengan Hexa-Core APU (AI Processing Unit) 3.0, di mana memiliki kinerja AI (Artificial Intelligence) yang 80 persen lebih tinggi dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

Teknologi itu, salah satunya membuat performa kamera Oppo Reno8 5G mampu mengabadikan gambar di kondisi cahaya rendah dengan sangat baik.

Kemampuan kamera AI-nya termasuk penggunaan AI noise reduction (AI-NR) dalam pengambilan panorama di malam hari, dan dengan HDR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengambilan Video HDR 4K hingga Streaming Lebih Cepat

Dimensity 1300 juga membuat pengambilan video HDR 4K melalui kamera smartphone dengan rentang dinamis, menjadi 40 persen lebih besar dibandingkan HDR standar.

Ditambah fitur MediaTek HyperEngine 5.0 yang diklaim sanggup meningkatkan performa serta grafis dan menstabilkan koneksi WiFi atau jaringan seluler ketika game sedang dimainkan.

Dimensity 1300 menawarkan peningkatan grafis AI-VRS terbaru, ditambah teknologi koeksistensi Wi-Fi/Bluetooth generasi kedua dan teknologi Bluetooth LE Audio dengan Dual-Link True Wireless Stereo Audio yang menurunkan latensi koneksi untuk earbud nirkabel.

Juga disematkannya teknologi MediaTek MiraVision yang dapat mendukung dan meningkatkan pemutaran video HDR10+, dan bahkan kemampuan streaming video lebih cepat.

MiraVision juga bisa mengonversi konten SDR ke HDR menggunakan AI Video dengan penyetelan gambar per bingkai yang dinamis untuk peningkatan kualitas gambar yang presisi.

Belum cukup sampai di situ, Dimensity 1300 juga mendukung jaringan 5G dari operator di Indonesia dengan kecepatan download hingga 4,7 Gbps dan upload maksimal 2,5 Gbps.

3 dari 4 halaman

DxOMark: Performa Baterai Oppo Reno8 5G Terbaik ke-3 di Dunia

Di sisi lain, tes baterai DxOMark mengungkapkan bahwa baterai Oppo Reno8 5G berada di posisi ketiga untuk peringkat global, dengan skor performa baterai mencapai 141.

"Oppo Reno8 5G memperoleh skor global yang sangat baik berkat kinerjanya yang sangat seimbang, menempatkannya di antara kinerja terbaik kami," tulis situs DxOMark, dikutip Sabtu (1/10/2022).

Untuk pengujiannya, DxOMark menggunakan Oppo Reno8 5G dengan spesifikasi baterai 4500 mAh, charger 80W bawaan, layar 6,43 inci, 1080 x 2400, 90 Hz, OLED display, prosesor MediaTek Dimensity 1300 (6nm), dan ROM/RAM 25GB+8GB.

Situs ini mengatakan, pengisian daya 80W yang dibawa Oppo di Reno8 5G, memberikan kinerja pengisian yang sangat baik, di mana baterai 4500 mAh-nya dapat terisi dalam 33 menit 25 detik.

Dalam pengujiannya, perangkat ini mendapatkan skor 155 di kategori performa pengisian daya atau charging. Menurut DxOMark, selain cepat, pengisian daya juga efisien, sedangkan efisiensi adaptor daya rata-rata.

"Namun, konsumsi sisa pengisi daya saat perangkat terisi penuh dan masih dicolokkan ke pengisi daya lebih tinggi dari rata-rata, yang biasa terjadi pada adaptor daya sekuat ini," kata mereka.

Secara umum, Reno8 5G memiliki arus pelepasan rendah, di mana ini berarti perangkat dioptimalkan dengan baik.

"Dibandingkan dengan perangkat dalam kisaran harga yang sama, skor keseluruhan Oppo Reno8 5G sangat baik," DxOMark menambahkan.

"Skor otonomi, pengisian daya, dan efisiensi berada di atas rata-rata, meskipun subskor saat bepergian berada di bawah rata-rata," imbuh DxOMark dalam deskripsinya.  

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.