Sukses

Pengguna iPhone Bisa Jajal Fitur HP Layar Lipat Samsung Pakai Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memperkenalkan aplikasi yang memungkinkan pengguna HP non-Samsung atau iPhone, menjajal One UI terbaru mereka, termasuk pengalaman di HP layar lipatnya seperti Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G.

Aplikasi bernama Try Galaxy ini memungkinkan pengguna iPhone, untuk mengubah tampilan smartphone-nya dengan One UI terbaru Samsung serta mencoba berbagai fitur dan ekosistem Galaxy.

"Try Galaxy jadi platform pengenalan perangkat Galaxy yang sempurna bagi pengguna non-Samsung yang selama ini masih ragu-ragu untuk mencoba dan berpikir bahwa Samsung UI sulit digunakan," kata Selvia Gofar, Head of Product Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Mengutip siaran pers, Jumat (7/10/2022), Selvia mengklaim dengan platform ini, konsumen bisa menikmati Galaxy experience secara langsung di smartphone non-Samsung dan merasakan UI yang lebih mudah digunakan dibanding interface aslinya.

Untuk mencoba aplikasi Try Galaxy, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna:

  • Buka situs trygalaxy.com di smartphone
  • Unduh aplikasi Try Galaxy dengan mengikuti petunjuk di situs
  • Tap ikon aplikasi Try Galaxy di home screen
  • Smartphone non-Samsung akan otomatis menjalankan simulasi One UI terbaru

Tekno Liputan6.com sudah mencoba untuk masuk ke situs tersebut namun tak bisa karena menggunakan HP Android. "Oops! Sepertinya Anda sudah menggunakan Android. Pengalaman ini didesain untuk pengguna iPhone," tulis pemberitahuan di laman tersebut..

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur dari HP Layar Lipat

Dengan aplikasi ini, smartphone non-Samsung akan mendapatkan experience widget yang muncul di bagian home screen, yang meliputi foldable experience dari Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G.

Pengguna akan disuguhkan video tutorial interaktif untuk menikmati pengalaman memakai kedua perangkat lipat tersebut, salah satunya mencoba fungsionalitas Flex Mode.

Selain itu, Try Galaxy juga memboyong interface aplikasi kamera dari perangkat Galaxy secara utuh sehingga pengguna bisa mengeksplorasi berbagai fitur seperti Night Mode, Portrait Mode, Super Steady, dan lain-lain secara langsung.

Fitur-fitur penunjang kreasi konten seperti Object Eraser dan Photo Remaster juga dibawa ke simulasi ini.

Samsung juga membawa fitur-fitur dari Galaxy Ecosystem di Try Galaxy, misalnya menghadirkan Quick Share untuk mengirim foto, video, dan file sekaligus ke sesama perangkat Galaxy secara instan. Tidak luput juga menghadirkan Samsung Health.

3 dari 4 halaman

Samsung Gulirkan One UI 4.1.1 untuk Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3

Samsung beberapa waktu lalu diketahui mulai menggulirkan update One UI 4.1.1 untuk perangkat foldable generasi lawas, yakni Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Untuk diketahui, One UI 4.1.1 merupakan One UI versi terbaru yang berbasis Android 12L.

Dikutip dari The Verge, Rabu (7/9/2022), One UI 4.1.1 digulirkan secara global untuk Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Karenanya, sistem operasi ini akan kemungkinan akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Selain Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, pembaruan One UI 4.1.1 juga akan tersedia untuk lini foldable generasi sebelumnya, seperti Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip, hingga Galaxy Z Fold. Namun, informasi mengetahui kapan pembaruan ini digulirkan untuk ketiga model tersebut belum diketahui.

Bersama dengan One UI 4.1.1, Samsung menghadirkan sejumlah fitur yang mempermudah penggunaan di layar besar. Salah satunya adalah dukungan fitur Taskbar yang memungkinkan pengguna beralih antar aplikasi dengan cepat.

 

4 dari 4 halaman

Fitur One UI Generasi Terbaru

Fitur lain yang juga dihadirkan lewat One UI generasi terbaru ini adalah kemampuan drag-and-drop untuk membuat tampilan split view. Lalu, ada gestur dua jari yang mendukung kemampuan multitasking.

Sejumlah fitur lain yang juga hadir bersama pembaruan ini adalah kemampuan untuk menyesuaikan settings, membuat panggilan, melakukan panggilan kembali dan membalas pesan teks lewat voice-te-text dari layar cover. Lalu, pengguna juga bisa mengambil selfie dengan kamera utama lewat Rear Cam Selfie.

Selain One UI 4.1.1, Samsung juga merilis One UI Watch 4.5 untuk Galaxy Watch 4 dan Galaxy 4 Watch Classic, yang sebelumnya hadir di Galaxy Watch 5. Pembaruan ini hadir dengan sejumlah fitur baru, mulai kustomisasi yang lebih beragam hingga keyboard QWERTY teranyar.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.