Sukses

Layanan Traveloka Eats dan Send Ditutup

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi yang menyebutkan startup online travel agent (OTA) Traveloka menutup dua layanannya, yakni Traveloka Eats dan Send. Informasi ini pun dibenarkan oleh Perwakilan Traveloka.

Dalam pesan kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (30/9/2022), Perwakilan Traveloka menyebutkan penghentian layanan Traveloka Eats dan Send merupakan bagian dari strategi bisnis dan prioritas perusahaan.

Pasalnya menurut Perwakilan Traveloka, kini sektor perjalanan telah bangkit pascapandemi. "Seiring dengan bangkitnya sektor perjalanan, kami sangat antusias menyambut hal ini ke depannya," katanya.

Sekadar informasi, layanan Traveloka Eats adalah layanan pesan makanan online yang ada di aplikasi Traveloka. Pantauan Tekno Liputan6.com, layanan yang hadir sejak 2021 ini masih tersedia di aplikasi Traveloka.

Begitu juga dengan Traveloka Send yang juga masih ada di aplikasi Traveloka. Layanan Traveloka Send pun terbilang baru kehadirannya, yakni dirilis pada September ini.

Saat ditanya bagaimana nasib karyawan yang mengelola Traveloka Eats dan Send, sumber kami menyebut, saat proses penutupan kedua layanan dilakukan, perusahaan tetap memastikan transisi yang baik, sesuai aturan yang berlaku.

"Selama proses berlangsung, karyawan, mitra dan konsumen tetap menjadi fokus utama kami untuk memastikan transisi yang baik sesuai aturan yang berlaku," tutur Perwakilan Traveloka.

Pihak Traveloka juga menyebut, perusahaan akan terus berkoodinasi dengan para mitra serta menyediakan dukungan dalam proses pemberhentian layanan Eats dan Send ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Perluas Metode Pembayaran

Sebelumnya, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), anak perusahaan PT MNC Investama Tbk (BHIT) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Traveloka Indonesia (Traveloka) untuk kemitraan antara anak perusahaan dan afiliasi BCAP dan Traveloka. 

Melalui unit bisnis layanan keuangan (financial services), Traveloka juga menyediakan solusi keuangan antara lain berupa layanan pembayaran, pembiayaan (multifinance) hingga asuransi, guna membantu konsumennya memenuhi aspirasi gaya hidup.

Melalui kerja sama ini, BCAP berencana memperluas layanan yang diberikan Traveloka guna memperkaya pengalaman pengguna di kedua platform. PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP atau MNC Bank) dan PT Flash Mobile (FM), anak perusahaan BCAP, antara lain akan mendukung pembayaran tagihan-tagihan di platform Traveloka.

Selanjutnya, aplikasi Motion Pay oleh PT MNC Teknologi Nusantara (MTN), anak perusahaan BCAP, akan melakukan joint promo program dengan Traveloka untuk voucher discount Traveloka Points dan voucher voucher lainnya yang tersedia dalam platform milik Traveloka.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit Motion Banking untuk transaksi di platform Traveloka. 

Nasabah yang melakukan transaksi menggunakan Kartu Kredit Visa dari Motion Banking dapat memanfaatkan kupon diskon atau bonus, termasuk poin loyalitas Traveloka Points, untuk bertransaksi di platform Traveloka.

3 dari 3 halaman

Promosi Pembukaan Rekening

Kemudian, kerja sama ini juga melibatkan program promosi pembukaan rekening Motion Banking melalui platform Traveloka, di mana pelanggan dapat memperoleh keuntungan, termasuk bonus Traveloka Points. 

Seluruh program kerja sama BCAP dan Traveloka akan dipromosikan di media afiliasi BCAP.

"Kami sangat antusias bekerja sama dengan Traveloka, yang memungkinkan kami untuk  mengembangkan kapabilitas digital lending MotionBanking kepada para pengguna  melalui produk-produk layanan keuangan dari Traveloka," kata Direktur Utama BCAP, Yudi Hamka dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Senin (8/8/2022).

Dengan kolaborasi ini, Traveloka dan BCAP akan saling melengkapi ekosistem dan mempermudah proses pembayaran dan  transaksi di platform Traveloka, serta mempromosikan Motion Banking, MotionPay, juga brand Motion lainnya kepada para pengguna Traveloka.

"Seiring dengan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan inklusi keuangan nasional, kemitraan dengan BCAP diharapkan dapat semakin memudahkan akses finansial kepada masyarakat luas dalam pemenuhan kebutuhan perjalanan dan gaya hidupnya,“ ujar Head of Business and Market Development, Traveloka Group, Willy Sakareza.

Dia menambahkan, tidak hanya memberikan dampak positif kepada konsumen, pihaknya juga optimistis kemitraan ini akan meningkatkan nilai bisnis kedua belah pihak.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.