Sukses

3 Fungsi Tersembunyi LiDAR Scanner yang Ada di iPhone, Apa Saja?

Salah satu fitur yang akan hadir pada iPhone 14 Series adalah LiDAR Scanner, apa fungsi sebenarnya?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur yang akan ikut hadir pada perangkat iPhone 14 Series yang akan datang adalah LiDAR Scanner.

LiDAR Scanner adalah sebuah fitur yang berbentuk lingkaran hitam dan terletak di belakang perangkat, tepatnya berada dalam kotak yang menampung tiga lensa iPhone.

Letaknya yang berada di antara kamera membuat lingkaran ini seringkali tertukar dengan lingkaran flashlight. Meskipun tampilannya mirip seperti flashlight, LiDAR Scanner memiliki warna hitam.

Sebelumnya, fitur ini telah hadir pada empat model iPhone terbaru, yaitu iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Dan nantinya, fitur ini juga akan hadir di lini iPhone 14. 

Dikutip dari The Sun, Minggu (4/9/2022), LiDAR Scanner ternyata memiliki fungsi yang tidak terduga dan digunakan oleh hampir seluruh aplikasi yang membutuhkan Augmented Reality. Apa saja fungsi tersebut? 

LiDAR Scanner

Sesuai namanya, LiDAR merupakan singkatan dari Light Detection and Ranging. Biasanya, fitur ini didesain untuk mengukur jarak.

Fitur ini bekerja dengan cara mengirimkan berkas cahaya kepada orang yang bersangkutan dan menunjukkan berapa lama waktu bagi mereka untuk kembali.

Lewat fitur ini, iPhone juga bisa memetakan benda yang menjadi fokus utama dan mengukurnya. Karenanya, iPhone dengan LiDAR Scanner mampu membuat peta 3D secara akurat pada ruang yang berada di depan sensor.

Fungsi ini juga bisa digunakan untuk fotografi, meningkatkan kualitas Augmented Reality dalam aplikasi, dan fitur pintar lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Tersembunyi Lain LiDAR Scanner di iPhone

Alat Pengukur Benda

Kegunaan tersembunyi lain dari fitur ini juga diam-diam sudah diselipkan oleh Apple di setiap perangkat iPhone lewat aplikasi bawaan. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur LiDAR Scanner dengan cara yang menarik.

Caranya, pengguna cukup menarik atau menggeser bagian atas layar untuk mengakses Search Bar lalu ketik Measure. Setelah itu, pengguna cukup membuka aplikasi tersebut yang akan langsung menampilkan camera viewfinder. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengukur objek nyata dengan akurasi dan presisi yang tepat.

Tingkatkan Fitur Augmented Reality 

Selain itu, tetapi fitur LiDAR Scanner juga bisa digunakan oleh banyak aplikasi di dalam iPhone untuk meningkatkan kemampuan Augmented Reality.

Sebagai contoh, ada aplikasi Ikea Place yang memanfaatkan fitur LiDAR Scanner untuk menggambarkan pada pengguna ketika ingin meletakkan furnitur virtual dalam rumah. Nantinya, furnitur itu akan ditampilkan dengan skala sebenarnya, sehingga pengguna bisa melihatnya dengan lebih jelas. 

Lalu, ada fitur Canvas yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar 3D dari sebuah ruangan secara keseluruhan dan dapat dimanfaatkan menjadi tur virtual.

Hanya perlu diingat, aplikasi yang khusus digunakan untuk perangkat dengan LiDAR Scanner ini baru tersedia untuk iPhone, sehingga hanya tersedia di Apps Store.

3 dari 4 halaman

Menebak Harga iPhone 14 Series Jelang Rilis 7 September 2022

Untuk diketahui, lini terbaru HP iPhone, iPhone 14, dijadwalkan akan mulai diperkenalkan oleh Apple dalam sebuah event peluncuran pada tanggal 7 September 2022 mendatang.

Tak cuma soal bocoran spesifikasi, bocoran, prediksi, hingga tebak-tebakkan soal harga pun juga ramai dilontarkan oleh banyak pihak, termasuk dari para analis.

Analis Ming-Chi Kuo misalnya, memperkirakan bahwa ada kemungkinan kenaikan harga untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip 9to5mac, Senin (29/8/2022), analis Wedbush Daniel Ives pun juga menyebut, diperkirakan bakal ada kenaikan harga hingga USD 100 (sekitar Rp 1,4 juta).

Dalam sebuah catatan investor yang dibagikan Ped30 beberapa waktu lalu, Ives mengatakan, Wedbush memprediksi lebih banyak konsumen ketimbang sebelumnya, yang akan memiliki iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

"Sementara iPhone dasar akan tetap pada harga yang sama, kami yakin kenaikan harga $100 pada iPhone 14 Pro/Pro Max kemungkinan akan terjadi mengingat kenaikan harga komponen serta fungsionalitas tambahan pada rilis baru ini."

Ives juga menyebut bahwa mungkin akan ada beberapa peningkatan penyimpanan di iPhone dasar maupun Pro.

Ini menyiratkan Apple bisa saja meningkatkan konfigurasi penyimpanan dasar, untuk membantu mengimbangi kenaikan harga. Saat ini, iPhone 13 Pro tersedia mulai dari penyimpanan 128GB.

Dikutip dari CNET, Apple diketahui tidak melakukan perubahan harga antara iPhone 12 dan iPhone 13. Namun, kedua generasi tersebut lumayan mirip. Sehingga wajar memperkirakan akan ada peningkatan harga untuk iPhone 14.

Namun tidak menutup kemungkinan Apple akan mempertahankan harga iPhone 14 Series agar tetap bersaing dengan perangkat Android seperti Samsung Galaxy S22 dan jajaran Google Pixel 6.

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.