Sukses

GoTo Luncurkan Situs Web Pusat Informasi Terintegrasi untuk UMKM

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo meluncurkan situs web Mitra Usaha Goto dengan tautan www.mitrausahagoto.com, dengan bertujuan sebagai pusat informasi terintegrasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dari berbagai bidang.

Situs ini juga mencakup belasan juta mitra usaha di dalam ekosistem perusahaan, yang meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo mengatakan, pelaku UMKM sekarang bisa semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, dengan mengunjungi www.mitrausahagoto.com.

"Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya," kata Nila dalam siaran persnya, ditulis Minggu (28/8/2022).

Nila mengatakan, sebagai ekosistem digital besar di Indonesia, perusahaan berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis yang komprehensif bagi semua pelaku usaha, agar bisa tumbuh bersama dengan bantuan teknologi digital.

Nila mengatakan, situs ini menjadi penegasan misi perusahaan untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan.

Selain itu, peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga dianggap menandai dukungan terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, dimana transformasi digital menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Memperkenalkan Layanan Solusi Bisnis

Melalui situs Mitra Usaha GoTo, diperkenalkan juga layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.
  2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS.
  3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan melalui situs web ini.

Seri ini baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

 

3 dari 4 halaman

Transformasi Digital

Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM, dalam peresmian situs ini mengatakan, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pasca pandemi.

Menurut Talkah, hal ini selaras dengan semangat Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022.

Mereka pun mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis. antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo.

Talkah mengatakan, UMKM memegang peranan penting dalam menggerakkan ekonomi sektor riil.

"UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Penyokong Pendapatan Negara

Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia menambahkan, UMKM adalah penyokong lebih dari 60 persen pendapatan negara.

"Maka tumbuh-kembangnya menjadi tanggung jawab bersama, terlebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional yang kini terdampak pandemi," kata Puput.

Lebih lanjut, menurut Novi Tandjung, Head of Merchant Platform GoTo Financial, sinergi melalui website Mitra Usaha GoTo menjadi penting untuk mendorong adopsi teknologi digital baik melalui platform online maupun fintech bagi UMKM lebih luas lagi.

"Situs web Mitra Usaha GoTo ini menjadi katalog digital dengan informasi bisnis lengkap untuk mendorong kemajuan bagi UMKM dan pelaku usaha melalui pemenuhan kebutuhan operasional, pemasaran bisnis dan peningkatan kapasitas usahanya," pungkas Novi.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.