Sukses

Tokopedia Luncurkan Paket Berlangganan Plus, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mengumumkan kehadiran paket berlangganan pertamanya yang diberi nama Plus. Sebagai langkah awal, layanan ini hadir untuk pengguna yang berdomisili di Pulau Jawa.

Secara garis besar, paket berlangganan ini memudahkan para pengguna setia Tokopedia bertransaksi di platform marketplace tersebut.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan pengguna, mulai dari pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan lebih cepat dan layanan prioritas.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapat keuntungan eksklusif lain dari sejumlah mitra strategis grup GoTo, seperti Halodoc dan Vidio. Menurut Direktur/Head of Marketpalce Grup GoTo, Anthony Wijaya, Plus by GoTo merupakan contoh sinergi strategis antar ekosistem dalam grup GoTo.

"Sebagai satu-satunya pelaku e-commerce yang didukung platform on-demand terkemuka, kami dapat menghadirkan layanan yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pengguna," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (23/8/2022).

Paket berlanggan Plus ini dibanderol dengan harga Rp 150.000 per enam bulan selama periode promo. Dengan kata lain, pengguna hanya menghabiskan sekitar Rp 25.000 per bulan untuk menikmati beragam keuntungan yang ditawarkan paket ini.

Nantinya, pelanggan Plus bisa mendapatkan kupon eksklusif Tokopedia NOW!, layanan pelanggan prioritas dari Tokopedia Care, serta kemudahan dari mitra strategis yang terhubung dengan grup GoTo di masa depan. 

"Plus by GoTo hadir sebagai solusi yang bisa mempermudah pengguna berbelanja di Tokopedia tanpa harus memikirkan ongkos kirim," tutur Head of Product Tokopedia, Gabriella Kawilarang.

Lebih lanjut Gabriella menuturkan, layanan ini nantinya juga akan tersedia untuk lebih banyak pengguna marketplace ini di berbagai wilayah dan diperluas mencakup anggota ekosistem Grup GoTo lainnnya. Ia berharap, layanan ini bisa meruntuhkan tembok penghalang dalam transaksi online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

GoFood Hadir di Tokopedia, Bisa Pesan Makanan Tanpa Pindah Aplikasi

Sebelumnya, GoTo mengumumkan kehadiran layanan pesan antar makanan secara digital milik mereka, GoFood, ke platform e-commerce-nya yaitu Tokopedia, setelah sebelumnya dapat diakses melalui aplikasi Gojek.

Dengan kehadiran GoFood ke Tokopedia, pengguna e-commerce ini bisa menikmati beragam menu kuliner dari para merchant di GoFood dengan lebih mudah.

Selain itu, menurut perusahaan, hal ini juga memberikan peluang yang lebih besar bagi merchant GoFood untuk meningkatkan jumlah transaksi mereka sejalan dengan semakin luasnya akses ke konsumen.

Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo mengatakan, inovasi ini adalah langkah awal dari salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo.

Dalam siaran persnya, dikutip Jumat (12/8/2022), perusahaan memperluas akses pelanggan, mitra, dan merchant, di platform-platform yang tergabung dalam ekosistemnya.

"Pengembangan layanan GoFood di Tokopedia ini menjadi tahap pertama dalam menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan bagi konsumen dalam menjelajah ragam kuliner GoFood melalui Tokopedia," kata Hindra.

Untuk tahap awal peluncuran, layanan GoFood di Tokopedia akan tersedia terlebih dulu di pelanggan marketplace ini di wilayah Jabodetabek.

GoTo menyebut bahwa layanan ini akan dikembangkan lebih lanjut dan diperluas untuk menjangkau pelanggan Tokopedia di berbagai wilayah Indonesia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tak Perlu Pindah Aplikasi

Anthony Wijaya, Direktur sekaligus Head of Marketplace GoTo dan CEO of Marketplace Tokopedia menybeut, makanan dan minuman jadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia selama pandemi.

Dengan kehadiran GoFood di Tokopedia, kata Anthony, pengguna tidak perlu berpindah aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya di layanan GoFood.

"Dengan layanan ini, Tokopedia berharap sinergi dalam ekosistem Grup GoTo bisa semakin memberdayakan UMKM lokal di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Anthony.

Layanan GoFood di Tokopedia dapat diakses melalui widget yang ditampilkan di laman utama aplikasi Tokopedia (versi 2.188 dan selanjutnya untuk iOS, versi 3.182 dan selanjutnya untuk Android).

Untuk memesan makanan atau minuman di GoFood melalui Tokopedia, pengguna dapat melakukan cara yang biasa dilakukan untuk memesan barang menggunakan platform tersebut.

  1. Kunjungi halaman restoran melalui halaman utama layanan GoFood di Tokopedia
  2. Temukan makanan yang diinginkan
  3. Klik “Pesan” pada makanan yang diinginkan dan atur pelengkap pada makanan yang diinginkan
  4. Selesaikan pembayaran pada halaman checkout
  5. Kamu bisa memilih metode pembayaran sesuai keinginan
  6. Kemudian klik “Bayar” dan pesanan kamu akan diproses.

Saat memesan makanan menggunakan GoFood di Tokopedia, pengguna pun dapat menggunakan GoPay sebagai metode pembayarannya.

4 dari 4 halaman

GoPay Coins Bisa Dipakai untuk Bayar Layanan di Gojek

Beberapa waktu lalu, GoPay mengumumkan perluasan penggunaan GoPay Coins ke beberapa layanan di bawah naungan GoTo lainnya dalam aplikasi Gojek seperti GoFood, GoCar, GoRide, dan GoSend, setelah sebelumnya dapat digunakan untuk belanja di Tokopedia.

Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer, GoPay dalam siaran persnya mengatakan, dengan GoPay Coins, pengguna dapat bertransaksi tanpa harus mengurangi saldo GoPay.

"GoPay Coins sejak awal kami rancang sebagai bentuk apresiasi untuk pengguna setia ekosistem GoTo," kata Fibriyani, ditulis Senin (13/6/2022).

Fibri juga mengklaim, kehadiran GoPay Coins sejak bulan Mei lalu di berbagai layanan dalam aplikasi Gojek, mendapatkan sambutan positif dari para pengguna.

Dia menyatakan, setelah perluasan tersebut, GoPay mencatat peningkatan sebesar 20 persen pada jumlah pengguna yang bertransaksi menggunakan GoPay Coins.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.