Sukses

Apple Selesai Kembangkan Versi Final iOS 16, Siap Kirim ke Pengguna

Apple dikabarkan telah selesai mengembangkan versi final dari iOS 16. Sistem operasi versi terbaru ini disebut-sebut telah siap digulirkan ke pengguna, bersamaan dengan perilisan iPhone 14 series.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru mengungkap bahwa programer dan engineer Apple telah menyelesaikan pengembangan sistem operasi iOS 16. OS terbaru Apple ini pun sudah siap untuk digulirkan ke pengguna, dalam waktu dekat.

Mengutip informasi dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple berencana untuk memperkenalkan iOS 16 dan WatchOS 9 pada September 2022. Pada bulan yang sama, Apple juga dijadwalkan akan merilis iPhone 14 series dan jam pintar Apple Watch Series 8.

Kendati demikian, sistem operasi untuk iPadOS 16 dan MacOS Ventura akan tersedia sebulan kemudian atau sekitar bulan Oktober 2022.

Mengutip Gizchina, Rabu (24/8/2022), iOS 16 akan menghadirkan fitur baru untuk ekosisten Apple. Mulai dari layar kunci yang dapat disesuaikan dengan widget, kemampuan untuk mengedit atau membatalkan pengiriman iMessage, pengenalan iCloud Shared Photo Library untuk berbagi foto dengan keluarga dan teman, serta banyak lainnya.

Selain itu, Apple disebut-sebut akan mengembalikan indikator persentase baterai yang terletak di bagian atas layar.

Laporan terbaru menyebut, Apple bermasuk meluncurkan iPhone 14 dan Apple Watch series 8 pada 7 September 2022. Banyak pihak berharap iOS 16 akan dirilis pada momen ini. Meski begitu, Apple belum mengungkap kebenaran informasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Warna iPhone 14

Bersama dengan iOS 16, iPhone 14 series akan tersedia bulan depan. Seiring dengan peluncurannya, ada banyak berita dan informasi yang terus muncul di internet.

Belum lama ini, pabrik yang memproduksi casing pelindung untuk iPhone mengungkapkan, seri iPhone 14 akan hadir dalam delapan warna. Baik edisi standar maupun Pro akan hadir dalam warna ungu. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan hadir dalam warna ungu yang lebih terang.

Sejumlah sumber mengkonfirmasi, pada tahun ini Apple tidak akan menghadirkan iPhone 14 warna biru. Padahal, warna tersebut jadi salah satu warna populer di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro.

Launcher iOS 16 untuk HP Android

Aplikasi launcher yang memungkinkan pengguna Android merasakan pakai iOS, dikabarkan telah melampaui 50 juta unduhan.

Peningkatan unduhan ini disebabkan, LuuTinh Developer, selaku pengembang mengulirkan update yang mengubah desain dan fitur di aplikasi launcher agar mirip dengan iOS 16.

Aplikasi launcher seperti ini bukanlah hal baru di Google Play Store, dan telah memberi pengguna kesempatan untuk merasakan pengalaman pakai iOS di Android selama 3 tahun terakhir ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Sudah Garap Sejak iOS 13

Pengembang telah meluncurkan aplikasi ini sejak iOS 13 dirilis, dan setiap kali Apple meluncurkan update iOS besar lainnya.

Bernama Launcher iOS 16, pengembang membuat aplikasi ini agar memiliki tampilan Home Screen iOS, dock, menu Force Touch di aplikasi, dan animasi goyang bila ikon aplikasi akan dihapus.

Aplikasi tiruan iOS 16 ini juga memiliki App Library, widget bertema iOS, dan masih banyak lagi, sebagaimana dikutip dari Macrumors, Senin (22/8/2022).

Tak hanya itu, launcher ini juga memiliki kemampuan untuk menganti ikon aplikasi di HP Android menjadi ikon iOS, seperti Messages, Notes, Camera, hingga App Store sebagai pengganti Google Play Store.

Jelang peluncuran iOS 16 beberapa pekan mendatang, aplikasi launcher ini mulai menjadi perbincangan di komunitas Android dan ramai jadi perbincangan di Twitter.

Seperti diketahui, Apple akan membawa perubahan terbesar pada iOS 16 di Lock Screen sesaat diumumkan pada ajang WWDC 2022 Juni kemarin.

Sayangnya, fitur Lock Screen di iOS 16 ini tidak disertakan oleh pengembang aplikasi launcher Android tersebut.

Informasi, launcher ini adalah program atau aplikasi yang berjalan di layar HP Android dimana pengguna dapat menggubah tampilan di ponsel mereka sesuai dengan keinginan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.