Sukses

HUT ke-77 RI, Blibli Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM Lokal

Blibli mengatakan, dengan semakin banyak produk lokal yang dibeli, masyarakat akan membantu UMKM, untuk memberdayakan masyarakat di sekitar mereka, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI, platform e-commerce Blibli mengajak masyarakat untuk memberikan perhatian yang lebih kepada produk dalam negeri dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Hal ini diserukan Blibli lewat kampanye #PejuangLokal #CekOutTakGentar, yang tujuannya mendorong kebangkitan produk lokal untuk pulih lebih cepat setelah melalui pasang surut di masa pandemi.

"Banyak masyarakat Indonesia yang mengakui kualitas produksi UMKM lokal, tetapi belum banyak yang benar benar membeli produk atau merek lokal," kata Edward K. Suwignyo, Chief Marketing Officer Blibli.

Melalui siaran persnya, Rabu (17/8/2022), Edward mengatakan, dengan semakin banyak produk lokal yang dibeli, masyarakat akan membantu UMKM, untuk memberdayakan masyarakat di sekitar mereka, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif.

Dalam laporan yang disusun Blibli, Litbang Kompas, dan Bostong Consulting Group, ditemukan bahwa UMKM adalah pilar ekonomi nasional berkat kontribusinya terhadap 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB), di mana 99 persen bisnis di Indonesia merupakan UMKM.

Pemberdayaan UMKM pun menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, karena 84 persen UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan dan 77 persen UMKM menyerap tenaga kerja lokal.

Dalam laporan Digitalisasi UMKM: Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia, ditemukan di era digital, 74 persen UMKM telah mengenal adanya e-commerce.

Namun di laporan tersebut juga tercatat, hanya 20 persen UMKM yang memiliki literasi teknologi yang cukup untuk mengadopsi saluran online dalam menjalankan usahanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

UMKM Bagian Penting Strategi Omnichannel

 Blibli pun menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk terus merangkul UMKM ke dalam ekosistem e-commerce mereka yang komprehensif dan terintegrasi, untuk memberikan peluang tumbuh yang berkelanjutan.

Menurut perusahaan, sudah ada lebih dari 225 ribu UMKM produsen terkurasi di dalam platform Blibli, dengan 1,7 juta ragam produk lokal yang berbeda.

Pelaku UMKM dinilai menjadi bagian penting bagi pengembangan strategi omnichannel Blibli, di mana produk mereka telah dipasarkan tak hanya online, tapi juga offline di jaringan Blibli Mitra.

Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP Kominfo berharap, dukungan ini bisa memperluas digitalisasi untuk peningkatan skala bisnis UMKM.

"Terutama yang benar-benar dikreasikan secara lokal untuk mampu bersaing di pasar Indonesia yang begitu dinamis," kata Septriana.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Digitalisasi UMKM

Septriana mengatakan bahwa hingga saat ini, pemerintah juga terus berupaya mengoptimalisasi potensi digitalisasi UMKM sehingga bisa mendongkrak perekonomian nasional.

Dalam mendukung upaya digitalisasi UMKM, Blibli juga menggelar berbagai pelatihan dan webinar untuk para pelaku UMKM dalam memaksimalkan pemasaran produknya.

Sri Yuliastuti, salah satu pelaku UMKM binaan Blibli mengatakan, dirinya menjadi sadar betapa pentingnya memaksimalkan channel digital dalam menjalankan usaha, khususnya melalui e-commerce.

"Hal ini benar-benar membantu perjalanan transformasi digital UMKM saya untuk membuka peluang-peluang baru dari dunia digital dalam menumbuhkan usaha secara berkelanjutan," kata Direktur dari PT Rendang UniTutie ini menambahkan. 

4 dari 4 halaman

Promosi Produk Lokal

Melihat peluang yang masih terbuka lebar, Blibli juga menyatakan optimistis dapat mengharumkan produk-produk lokal lewat promo di momen 17-an ini.

Menurut anak perusahaan dari Djarum ini, UMKM masih memiliki potensi untuk terus berkreasi dalam meningkatkan kualitas produknya agar bisa berkembang dengan daya saing tinggi, yang bisa tembus hingga pasar internasional.

Maka dari itu, Blibli juga menghadirkan berbagai promo bagi pelanggan, yang sekaligus jadi momen promosi untuk produk-produk lokal.

Bersamaan dengan promo spesial HUT ke-77 RI, gerakan #PejuangLokal juga dapat ditemui dalam momen belanja 100 persen orisinal di Blibli, melalui program #PejuangLokal Tak Gentar.

Program ini memberikan local voucher berupa cashback di setiap pembelian produk dari berbagai kategori mulai dari Bliblimart, gadget dan elektronik, hingga lifestyle.

Selain itu, Blibli juga menghadirkan serangkaian program menarik dalam promo Merdeka Sale yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan.

Pelanggan juga bisa menikmati berbagai penawaran menarik dan mengikuti cek out tak gentar #PejuangLokal untuk mendukung produk lokal, yang berlangsung 15-17 Agustus 2022.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.