Sukses

WhatsApp Bakal Larang Pengguna Screenshot Pesan View Once

WhatsApp akan melarang pengguna men-screenshot pesan gambar atau video yang dikirimkan untuk dilihat sekali alias view once. Kehadiran fitur ini untuk membuat WhatsApp makin aman dan meningkatkan privasi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan terpopuler di dunia, WhatsApp, diklaim bakal makin aman. Pasalnya, Meta sudah bersabda, mau membuat WhatsApp jadi aplikasi pesan yang seaman mungkin untuk pengguna.

Beberapa bulan lalu, WhatsApp merilis fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali. Fitur ini dinamai view once alias "lihat sekali".

Kini WhatsApp berupaya membuat fitur WhatsApp view once ini jadi makin aman dengan update terbarunya.

Mengutip Gizchina, Kamis (11/8/2022), penambahan keamanan yang dimaksud, pengguna lain kini tidak bisa men-screenshot foto atau video lihat sekali tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp memang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali oleh penerimanya. Namun, ada celah yang memungkinkan foto atau video itu masih bisa dibagikan ke orang lain, yakni dengan men-screenshot-nya.

Dengan update fitur keamanan WhatsApp terbaru, di mana lawan bicara tidak bisa men-screenshot, fitur lihat sekali ini bisa makin aman dan nyaman dipakai membagikan hal yang sifatnya pribadi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp memang belum menetapkan tanggal rilis untuk fitur ini. Namun kabarnya, pengerjaan untuk fitur larangan screenshot tersebut hampir selesai sehingga bisa segera digulirkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur WhatsApp Lainnya

Tinggalkan Grup Diam-Diam

Kini, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup chat secara diam-diam. Jadi, alih-alih menampilkan notifikasi ke grup saat seseorang keluar, notifikasi hanya diberikan pada admin. Fitur ini akan digulirkan untuk seluruh pengguna mulai Agustus.

Pilih Orang yang Bisa Melihat Status Online

Fitur lain yang juga akan digulirkan WhatsApp adalah pengguna memilih orang yang bisa melihat dan tidak bisa melihat status ketika dirinya sedang online. Pengguna aplikasi chatting ini disebut mulai bisa mendapatkan fitur baru di Agustus 2022. 

Hapus Pesan

Sebelumnya, WhatsApp juga menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna hapus pesan untuk semua orang setelah 2 hari dan 12 jam sejak pesan dikirim. 

Sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya memiliki batas waktu menghapus pesan 1 jam, 8 menit, dan 16 detik--secara spesifik.

Untuk menggunakan fitur baru di WhatsApp ini, kamu bisa buka grup atau chat individu. Pastikan untuk men-tap dan tahan pesan yang ingin dihapus.

Lanjutkan dengan klik tombol "Hapus", lalu pilih "Hapus untuk semua orang" atau "Hapus untuk saya".

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua penerima pesan harus sudah meng-update aplikasi WhatsApp mereka ke versi terkini agar fitur ini berfungsi.

Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika pesan WhatsApp tersebut tidak terhapus di sisi penerima.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kuasa Admin Grup WhatsApp Ditingkatkan

Selain itu, WhatsApp juga dikabarkan tengah bersiap untuk merilis sebuah fitur yang berguna untuk grup WhatsApp.

Lewat fitur yang tengah diujicobakan di WhatsApp versi Beta ini, nantinya, admin grup dapat menghapus pesan apa pun yang dikirim oleh semua anggota grup dan berdampak ke semua orang.

Mengutip Gizchina, Selasa (2/8/2022), dengan kemampuan untuk menghapus pesan dari semua orang, administrator grup WhatsApp diklaim bakal bisa mengatur grup WhatsApp dengan lebih baik.

Fitur ini akan tersedia bagi penguji beta WhatsApp di Android, yakni WhatsApp Beta hingga versi 2.22.17.12.

Jika kamu adalah admin sebuah grup dan bermaksud menghapus sebuah pesan melihat opsi "delete for everyone" atau "hapus pesan untuk semua orang", itu artinya fitur tersebut tersedia untuk kamu.

Nama admin WhatsApp bakal muncul di balon chat jika kamu (sebagai admin) menghapus pesan. Keterangan ini akan dapat dilihat oleh seluruh anggota grup. Dengan begitu, para anggota grup tahu, admin lah yang menghapus pesan tersebut.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.