Sukses

Cek Harga Oppo A57 di Indonesia, Lebih Murah dari A55

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A57 menjadi ponsel terbaru yang dilepas Oppo ke pasar smartphone Indonesia baru-baru ini. Membawa berbagai fitur yang ditingkatkan dari A5 Series pendahulunya, ponsel ini dijual dengan harga Rp 2 jutaan.

Di Indonesia, Oppo menghadirkan dua varian warna untuk Oppo A57 yaitu Glowing Green dan Glowing Black.

Sementara untuk varian penyimpanan, HP Android ini hanya dirilis dalam satu varian yaitu RAM 4GB + ROM 64GB, yang dijual dengan harga Rp 2.399.000. Harga Oppo A57 ini lebih murah dari pendahulunya Oppo A55 saat dirilis di Rp 2.699.000.

Untuk masalah penyimpanan ini, Oppo untungnya membawa fitur ekspansi RAM agar pengguna bisa menambahkan RAM sementara dengan tiga opsi di 1GB, 2GB, dan 4GB.

Saat fitur ekspansi RAM diaktifkan, berbagai kegiatan di latar belakang yang tidak diperlukan akan dihentikan, untuk meminimalkan beban sistem.

Aplikasi yang jarang digunakan juga akan dikompresi untuk mengosongkan penyimpanan internal. Kemudian, internal yang tersedia akan digunakan untuk membuat RAM tambahan sementara.

Sistem ini berpadu dengan ekspansi ROM hingga 1TB, untuk mengoptimalkan penyimpanan, dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial, langsung ke kartu Micro SD.

Pada ROM, pengguna bisa menambah kapasitas ROM di HP Oppo ini menggunakan MicroSD hingga 1TB. Ini menjadi peningkatan yang dibawa Oppo, setelah pendahulunya Oppo A55 hanya memiliki kapasitas MicroSD hingga 256GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perbandingan Oppo A57 dan Oppo A55

Dibandingkan dengan pendahulunya Oppo A55, Oppo A57 membawa berbagai peningkatan bertujuan untuk menunjang performa smartphone, meski ada juga beberapa fitur yang sama.

Dimulai dari prosesor, kedua smartphone ini memang sama-sama menggunakan Mediatek Helio G35 2,3 Ghz. Untuk layar, HP Oppo A55 mengusung Punch Hole 6.51 inci, 60Hz Refresh Rate, LCD HD+, dengan AI Eye Comfort.

Sementara, di Oppo A57, perangkat ini membawa layar Waterdrop 6,56 inci, 60Hz Refresh Rate, IPS LCD HD+, 96 persen NTSC Color Gammut, dan tetap mempertahankan keberadaan AI Eye Comfort.

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari sisi kamera. A55 terasa lebih unggul dari sisi kamera, di mana kamera depan mereka adalah 16MP, sementara A57 hanya menyematkan 8MP.

Untuk kamera belakang Oppo A55 membawa 50MP Main Camera, 2MP Bokeh, dan 2MP Macro. Sementara, A57 membawa kamera dengan susunan 13MP Main Camera dan 2MP Bokeh.

Kemudian, pada sistem buka perangkat, kedua smartphone ini sudah mendukung Side Fingerprint Unlock dan AI Face Unlock.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kecepatan Pengisian Daya Berbeda

Kedua perangkat juga memperlihatkan perbedaan yang cukup terlihat di sektor kecepatan pengisian daya, meski sama-sama menawarkan kapasitas daya 5000mAh.

Di perangkat Oppo A57, sudah menawarkan kemampuan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dengan 33W Supervooc-nya, sementara A55 masih 18W Fast Charging.

Sertifikasi pada A55 masih IPX4 Splash - Waterproof. Berbeda dengan A57 yang sudah mendapatkan sertifikasi IPX4 dan IP5X.

Untuk sistem operasi, A55 masih menggunakan ColorOS 11.1 dengan basis Android 11. Ini ditingkatkan di A57 yang menggunakan ColorOS 12.1 yang berbasiskan Android 12.

Keunggulan Oppo A57 lainnya adalah pada audio, yang sudah dilengkapi dengan Dual Speaker dan teknologi Dirac 3.0 dan Ultra Volume.

Untuk varian warna, dua-duanya memiliki warna yang sama-sama unik yaitu Rainbow Blue dan Starry Black pada A55, dan Glowing Black dan Glowing Green pada A57.

 

4 dari 4 halaman

Unboxing Oppo A57

Untuk kelengkapan penjualan Oppo A57, kamu akan menemukan aksesoris pelengkap standar seperti yang bisa ditemukan di berbagai smartphone.

Aksesoris yang bisa kamu dapatkan dalam boks selain ponselnya itu sendiri adalah kartu garansi, panduan, SIM Card ejector, kepala charger SuperVOOC 33W, dan kabel data atau charger, dan softcase.

Untuk perangkatnya sendiri, HP Oppo A57 memiliki desain bagian depan berbentuk waterdrop. Sementara bodi belakangnya hanya terdapat kamera di pojok kiri atas dan tulisan Oppo di pojok kiri bawah.

Pada bagian atas ponsel, kamu tidak akan menemukan lubang apapun. Hanya ada speaker itu pun berada di antara layar dan bagian atas smartphone, tepat di atas kamera selfie.

Sementara, di bingkai sebelah kanan terdapat tombol power yang juga bisa menjadi pemindai sidik jari. Di bodi kiri terdapat dua tombol volume dan slot untuk dua kartu SIM serta microSD.

Di bagian bawah smartphone ini terdapat speaker, konektor USB-C, mikrofon, serta lubang untuk audio jack 3,5 mm.

(Dio/Ysl)