Sukses

Bye Lightning Port, iPhone 15 hingga iPad Gen 10 Bakal Pakai USB Type C

iPhone 15 series hingga iPad Gen 10 entry level digadang-gadang tidak akan lagi menggunakan port lightning untuk pengisian daya, melainkan akan memakai port USB Type-C.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini semua orang tahu, iPhone (hingga iPhone 13) masih menggunakan port lightning utuk pengisian daya. Apple sudah mencoba mengkonversikan kabel lightning dengan USB Type-C dalam beberapa tahun terakhir.

Kini, Apple juga menyediakan port USB Type-C pada tiap Mac yang dijualnya, mulai dari MacBook Air hingga MacBook Pro.

Perangkat lain yang juga sudah didukung port USB Type-C adalah iPad Pro yang dirilis 2018, iPad Air 2020, genarasi keenam dari iPad Mini, Studio Display, dan Pro Display XDR.

Namun, rumor yang beredar belum lama ini bakal mengubah port lightning yang telah dipakai selama bertahun-tahun.

Mengutip Gizchina, Jumat (28/7/2022), menurut rumor tersebut, setidaknya akan ada lima produk dan aksesoris Apple yang akan berganti dari port lightning ke USB Type-C, termasuk iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

iPhone 15

Menurut analis Ming-Chi Kuo, iPhone 14 masih akan melanjutkan penggunaan port lightning. Namun tidak demikian dengan iPhone 15.

Pasalnya, kini Apple tengah menguji penggunaan port USB Type-C pada iPhone-nya.

Bulan lalu, Uni Eropa pun mengumumkan kesepakatan untuk memperkenalkan aturan baru yang mengharuskan penggunaan USB Type-C sebagai port pengisian daya universal untuk semua smartphone, headphone, dan alat elektronik lainnya, hingga 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPad Entry Level

iPad Entry Level

Apple juga berencana memperbarui iPad entry level-nya dengan port USB Type-C. Apple kemungkinan bakal merislis iPad generasi 10 pada September mendatang. Dengan pengenalan iPad Gen 10, Apple akan menuntaskan transisi ke USB Type-C untuk seluruh lini iPad-nya dalam waktu 4 tahun.

Charging Case AirPods

Analis Ming-Chi Kuo menyebut, begitu Apple mengaplikasikan port USB Type-C untuk iPhone, aksesoris Apple lainnya akan mengikuti. Salah satunya adalah charging case AirPods.

Sekadar informasi, kabarnya Apple akan merilis generasi kedua AirPods Pro akhir tahun 2022 ini.

Meski begitu, masih ada perdebatan apakah charging case AirPods baru tersebut bakal menggunakan port lightning atau berganti jadi port USB Type-C.

MagSafe Battery Pack

Kuo juga memprediksi, aksesori lain yang bakal berpindah ke port USB Type-C adalah MagSafe battery pack yang dapat dipakai untuk iPhone 12 dan yang lebih baru.

Ia menyebut, setidaknya ada tiga aksesoris untuk Mac yang akan pakai port USB Type-C untuk pengisian daya. Ketiganya adalah Magic Keyboard, Magic Trackpad, dan Magic Mouse.

Saat ini, ketiganya masih menggunakan port lightning untuk pengisian daya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tuntutan Uni Eropa

Sebelumnya, mengutip Gizchina, Senin (6/6/2022), Komisi Uni Eropa dan negara-negara Eropa akan menggolkan aturan yang menjadikan port USB Type-C sebagai standar kesatuan.

Menurut laporan, negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu pada Selasa 7 Juni untuk membahas dan mencapai kesepakatan.

Komisi Uni Eropa akan berupaya menyatukan antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone. Antarmuka terpadu akan menjadi USB Type -C yang kini banyak digunakan di Android.

Alasan hal ini diatur dan diterapkan karena alasan lingkungan. Pasalnya, antarmuka terpadu bisa dipakai kembali, mengurangi limbah, dan membuat pengguna hemat sekitar 250 juta euro per tahun.

Perlu diketahui, Uni Eropa juga sudah membahas proposal untuk menyatukan antarmuka perangkat digital selama lebih dari 10 tahun. Sebelumnya, Uni Eropa menerapkan kebijakan sebagian perangkat dengan port USB micro.

Menurut laporan, Uni Eropa tidak terbuka untuk adanya lobi. Uni Eropa bakal melaksanakan aturan ini dalam skala besar, termasuk penggunaan port USB Type-C untuk mengisi daya laptop.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.