Sukses

Cara Mengajukan Refund Game di Epic Games Store

Berikut cara untuk mengajukan refund game di platform Epic Games Store

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games Store menjadi salah satu distributor game terpopuler yang banyak digunakan oleh gamers di seluruh dunia, untuk membeli game PC secara daring dan legal.

Di Indonesia, Epic Games Store juga menawarkan berbagai opsi metode pembayaran untuk mempermudah pemain di Tanah Air melakukan transaksi, khususnya jika tidak memiliki kartu kredit atau PayPal.

Metode pembayaran yang bisa digunakan saat membeli game di Epic Games Store mulai dari transfer bank atau ATM, lewat Alfamart, maupun menggunakan e-wallet seperti DANA, Doku, atau OVO.

Sama seperti Steam, Epic Games Store juga membuka layanan pengembalian dana alias refund, apabila game yang sudah dibeli gagal dimainkan dengan berbagai alasan.

Beberapa alasan game tidak dapat dimainkan di perangkat antara lain seperti crash, banyaknya bug dalam permainan, atau perangkat komputer yang tidak memenuhi syarat minimal untuk memainkan game tersebut.

Kali ini Tekno Liputan6.com bakal memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan apabila kamu ingin mengajukan refund game atau meminta pengembalian dana di Epic Games Store.

Buat kamu yang sering membeli game secara daring, mungkin familiar dengan cara melakukan pengembalian dana di Epic Games Store. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali, tips ini mungkin berguna.

Patut diingat, ada syarat yang harus dipenuhi apabila kamu ingin mengembalikan produk yang sudah dibeli.

Pertama, semua game di Epic Games Store dapat dikembalikan dalam waktu 14 hari setelah pembelian dengan alasan apa pun, kecuali sudah dimainkan selama dua jam atau lebih.

Kedua, akun yang diblokir atau dinonaktifkan karena pelanggaran Persyaratan Layanan, tidak memenuhi syarat melakukan refund.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Refund Game di Epic Games Store

Berikut ini langkah-langkah melakukan refund di Epic Games Store:

  • Pergi ke Account Page, dan klik Transactions
  • Cari game yang ingin dikembalikan di Purchase History
  • Pilih judul game melihat rincian pembelian. Jika game memenuhi syarat untuk self-refund, maka akan ada opsi Request Refund
  • Klik Request Refund. Apabila tidak ada pilihan tersebut, maka game tidak memenuhi syarat untuk layanan pengembalian secara mandiri
  • Pilih alasan pengembalian di jendela pop-up
  • Klik Confirm Refund. Kamu akan menerima pemberitahuan di layar yang menyatakan bahwa pengembalian sudah selesai

Secara otomatis, dana akan dikembalikan dengan metode pembayaran asli, namun ini juga tergantung metode pembayaran yang kamu gunakan untuk bertransaksi di platform tersebut.

Sebagai contoh, berdasarkan pengalaman saya membeli game menggunakan OVO, uang kamu tidak dapat dikembalikan secara langsung ke e-wallet tersebut.

Namun kamu tidak perlu khawatir atau takut kehilangan uang. Pasalnya, dana kamu nantinya secara otomatis akan dipakai dalam pembelian berikutnya, selama menggunakan akun yang sama

Selain itu, apabila game yang ingin kamu kembalikan tidak memiliki opsi self-service atau layanan mandiri tapi bisa dikembalikan, kamu bisa menghubungi Player Support.

Namun yang terpenting, ada baiknya kamu memastikan dulu apakah game yang ingin kamu beli dapat dimainkan di perangkatmu atau tidak.

 

3 dari 4 halaman

Fall Guys Gratis di Epic Games Store

Sebelumnya, Fall Guys secara resmi menjadi game gratis alias free-to-play pada hari ini, Selasa (21/6/2022), untuk platform PlayStation, Nintendo Switch, Xbox, dan PC melalui Epic Games Store.

Melalui laman resminya, tim pengembang pun mengungkapkan bahwa pemain dapat memainkan gim ini menggunakan fitur crossplay, cross-platform party, dan cross-progress yang didukung dengan menggunakan akun Epic Games.

Fall Guys atau juga dikenal dengan nama Fall Guys: Ultimate Knockout, merupakan gim battel royale yang digarap oleh Mediatonic dan diluncurkan di tahun 2020.

Di gim ini, 60 pemain akan mengendalikan makhluk berbentuk mirip jellybean, untuk menjadi pemenang di berbagai tantangan atau mini-game. Di awal kemunculannya, permainan ini disebut mirip acara TV Takeshi's Castle.

Di PC, kamu dapat menemukan Fall Guys melalui Epic Games Store dan dapat diklaim dan diunduh secara gratis. Namun, kamu bisa membeli beberapa konten tambahan serta Show-Bucks (mata uang dalam gim) untuk gim ini.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Minimal untuk Fall Guys

Berikut ini spesifikasi, baik minimal maupun yang direkomendasikan, apabila kamu ingin memainkan dan men-download Fall Guys menggunakan perangkat PC atau laptop, seperti dikutip dari Epic Games Store.

OS: Windows 10 64bit

Prosesor: Intel Core i5 atau AMD yang setara

Memori: RAM 8 GB

Penyimpanan: 2 GB ruang tersedia

Grafik: NVIDIA GTX 660 atau AMD Radeon HD 7950

Lain-lain: membutuhkan koneksi internet

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.