Sukses

Oppo Siapkan Dua Smartphone Layar Lipat Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone asal Tiongkok Oppo kemungkinan akan meluncurkan dua smartphone layar lipat terbarunya.

Menurut sumber Gizchina, dikutip Selasa (5/7/2022), kedua perangkat ini akan memiliki bentuk berbeda, didukung layar fleksibel, dan desain yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Smartphone layar lipat pertama Oppo bernama Oppo Find N yang memulai debutnya pada Desember lalu. Gadget ini memiliki layar fleksibel yang bisa dilipat berukuran 7,1 inci dengan resolusi 1.792x1.920 piksel dengan sebuah layar eksternal 5,49 inci.

Kinerja Oppo Find N juga disokong chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan lima kamera, termasuk yang utama dengan tiga modul, dengan konfigurasi 50MP + 16MP + 13MP. Sementara engselnya menggunakan 136 komponen.

Seperti diketahui, Oppo Find N akan memiliki penerus. Perangkat tersebut bakal didukung refresh rate 120Hz. Dibandingkan model smartphone layar lipat generasi pertama yang tebalnya 15,9mm dan berat 275 gram, model smartphone layar lipat Oppo baru ini akan lebih tipis dan ringan.

Oppo akan meluncurkan smartphone bergaya clamshell dengan tampilan fleksibel layaknya Samsung Galaxy Z Flip. Perangkat ini didukung refresh rate 120Hz pada layar dengan sistem engsel yang juga ditingkatkan.

Sebelumnya, Oppo menjadwalkan pengumuman sejumlah smartphone berperforma tinggi miliknya yang didukung chipset Qualcomm Snapdragon dan MediaTek Dimensity pada paruh tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Find N Jadi Smartphone Paling Laris di Tiongkok

Insider Digital Chat Station sebelumnya mengonfirmasi bahwa smartphone baru yang dirilis akan mengikuti jalur Oppo Find N yang sebelumnya telah diterima dengan baik, oleh reviewer maupun pengguna.

Sekadar informasi, sejak dirilis pada Desember 2021 hingga April 2022, smartphone layar lipat Oppo Find N memimpin penjualan terbanyak untuk kategori smartphone layar lipat di JD.com. Find N sekaligus menjadi model smartphone layar lipat terlaris di pasar Tiongkok.

Penjualan dan ulasan yang baik dari Oppo Find N tidak terlepas dari fakta bahwa hampir tidak ada lipatan di layarnya. Smartphone ini memiliki engsel Seiko yang dirancang oleh Oppo. Layar tersebut meminimalisasi kerutan dan dibuat agar bisa tahan lama.

Selain itu menurut banyak orang, Find N memiliki rasio aspek yang lebih baik dibandingkan milik pesaingnya.

3 dari 4 halaman

Sampai Kewalahan Penuhi Permintaan Oppo Find N

Sebelumnya, Oppo memperkenalkan smartphone layar lipat pertama besutannya pada Desember lalu, yakni Oppo Find N. Setelah sebulan diperkenalkan, permintaan smartphone ternyata membuat Oppo kewalahan.

Dikutip dari GSM Arema, Selasa (11/1/2022), perusahaan asal Tiongkok itu mengaku kesulitan memenuhi permintaan konsumen. Terlebih, menurut Oppo, saat ini ada 1 juta orang terdaftar yang tertarik dengan smartphone ini.

Menurut President Oppo China, Liu Bobbee, faktor utama tingginya permintaan ini adalah harga smartphone layar lipat ini yang terbilang menarik, yakni mulai dari 7.699 yuan atau sekitar Rp 17 juta.

Selain itu, faktor lain yang juga menarik dari Oppo Find N adalah bentuk yang ringkas dan lipatan yang tidak terlihat di layar bagian dalam.

Namun perlu diketahui, sistem pemesanan di Tiongkok agak berbeda. Sebab, konsumen mendaftar email mereka untuk menerima informasi saat stok masuk, sehingga belum semua konsumen nantinya akan benar-benar membeli smartphone tersebut.

Kendati demikian, Oppo Find N disebut hanya akan tersedia untuk pasar Tiongkok. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut Oppo mengenai smartphone layar lipatnya untuk pasar global.

Sebelumnya, perangkat ini juga dilaporkan laris terjual di Tiongkok. Saking laris manisnya, Oppo Find N juga ditemukan di platform e-commerce dan dijual kembali dengan banderol yang cukup tinggi, jauh melebihi harga resminya.

4 dari 4 halaman

Tentang Oppo Find N

Smartphone ini memberikan keseimbangan yang lebih baik bagi pengguna untuk beralih secara mulus dari layar dalam berukuran 7,1 inci yang lebar ke layar luar berukuran 5,49 inci yang simpel dan fungsional.

Saat layar dalam dibuka, tampilan layar memiliki rasio aspek 8,4:9 dan otomatis mengaktifkan mode lanskap yang cocok untuk menonton video, bermain gim, atau membaca buku tanpa harus memutar perangkat.

Saat layar dilipat, tampilan layar memiliki aspek rasio 18:9, menjadikan perangkat lebih kecil dan dapat dioperasikan dengan satu tangan dengan berbagai fitur yang fungsional. 

Flexion Hinge (engsel melengkung) yang hadir dengan desain tetesan air pada OPPO Find N menyatukan 136 komponen dengan sangat presisi hingga 0,01 mm.

Engsel melengkung ini sendiri berfungsi sebagai penyangga saat layar lipat sehingga, lengkungan pada layar menjadi tidak terlalu terlihat hingga 80 persen dibandingkan dengan perangkat lain.

Flexion Hinge juga diklaim bisa menghilangkan celah antara layar saat dilipat, sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi.

Selain itu, Oppo Find N juga memiliki Struktur gir dan pegas dalam Flexion Hinge, yang memungkinkan perangkat untuk berdiri tegap saat layar dibuka dengan besar sudut antara 50 hingga 120 derajat.

(Tin/Isk)