Sukses

Fakta Apple iPhone 14, Tanggal Rilis hingga Fitur Baru

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 14 menjadi salah satu ponsel paling dinanti kehadirannya pada tahun ini. Informasi tentang iPhone baru itu pun semakin ramai beredar di internet.

Apple sendiri masih belum mengonfirmasi apa pun tentang penerus iPhone 13 ini, termasuk spesifikasi hingga tanggal rilis iPhone 14.

Berkaca dari peluncuran seri iPhone sebelumnya, Apple sangat konsisten dengan jadwal pengumuman dan rilis model baru iPhone setiap tahun.

Dilansir 9to5Mac, Senin (4/7/2022), berikut ini adalah timeline peluncuran seri iPhone beberapa tahun belakangan ini.

  • iPhone 13: 23 September 2021
  • iPhone 12: 23 October 2020
  • iPhone 11: 20 September 2019
  • iPhone XS: 21 September 2018
  • iPhone X: 3 November 2017
  • iPhone 8: 22 September 2017
  • iPhone 7: 16 September 2016

Seperti yang bisa dilihat, Apple sering kali meluncurkan iPhone terbarunya cukup konsisten dengan beberapa pengecualian, contohnya iPhone 12.

Seri ini diumumkan telat 1 bulan dari biasa dikarenakan dampak dari Covid-19 pada 2020.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Dari informasi, peluncuran iPhone 14 diprediksi tidak akan mengalami penundaan dan akan diumumkan pada bulan September.

Soal tanggal, banyak pihak yang meyakini perusahaan rintisan Steve Jobs ini akan memperkenalkan iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max pada 13 September 2022.

Berdasarkan bocoran informasi saat ini, iPhone 14 akan mengalami peningkatan dalam hal kamera. Sedangkan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan tampil dengan desain baru.

Disebutkan, iPhone 14 Pro tidak akan lagi menggunakan notch di layarnya. Alih-alih, Apple mengadopsi punch hole dan potongan berbentuk lonjong untuk sensor dan kamera selfie ponsel.

Tak hanya itu, perusahaan juga dikabarkan bakal meningkatkan kemampuan kamera selfie, menyediakan opsi warna baru, dan fitur baru iPhone 14, yaitu always-on display.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Always-on Display

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Belum lama ini sejumlah laporan beredar terkait kehadiran iPhone 14 Series, September mendatang. Salah satu hal yang menarik adalah iPhone 14 Pro series akan didukung fungsi always on display.

Jika fitur always on display benar ada di iPhone 14 Pro series, ini merupakan pertama kalinya ada iPhone yang dibekali fitur always on display.

Padahal di Android, fitur always on display layaknya fitur yang wajib ada di ponsel seri menengah atau flagship sejak bertahun-tahun lalu.

Dengan implementasi fitur always on display, Apple tampaknya berupaya membuat iPhone kelihatan inovatif, padahal fitur yang diusung cukup lawas di Android.

Sebenarnya, seberapa sulitkah implementasi fitur always on display di layar iPhone?

Mengutip Gizchina, Selasa (14/6/2022), pada awal kemunculan feature phone, ada banyak ponsel yang hadir dengan flashing light alias lampu berkedap kedip.

Flashing light kala itu ada untuk mengingatkan ke pengguna di ponsel mereka ada panggilan tak terjawab, SMS, hingga baterai hampir habis.

 

3 dari 4 halaman

Seperti Ini Bentuk iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Berdasarkan gambar render baru yang dibagikan oleh Jon Prosser, kini kita bisa tahu seperti apa bentuk iPhone 14 Pro.

Mengutip Gizchina, Minggu (29/5/2022), hanya model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang akan memiliki desain berbeda dari model HP Apple terdahulunya.

Salah satu yang membuatnya berbeda adalah iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max tidak akan tampil dengan notch.

Seperti yang terlihat di render, Apple memilih untuk mengadopsi desain rumah untuk kamera selfie dan sensor berbentuk pill atau lonjong dan lubang di layar.

Tak hanya itu, baru-baru ini juga terungkap kabar yang mengatakan iPhone 14 Pro akan tampil dengan fitur yang sudah hadir di HP Android beberapa tahun ini.

Fitur itu adalah Always-on mode. Namun berbeda dari pesaingnya, fitur ini akan lebih hemat daya baterai berkat layar OLED baru iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Disebutkan, layar baru duo iPhone 14 ini sudah mendukung kemampuan refresh rate paling rendah, yaitu 1Hz.

 

4 dari 4 halaman

iPhone 14 Bakal Pakai Kamera Selfie Premium Buatan LG

Bocoran bentuk iPhone 14 Pro Max. (Doc: ShirmpApplePro/ PhoneArena)

Berdasarkan sumber anonim ke Korea IT News, Rabu (25/5/2022), kamera selfie buatan LG Innotek ini akan terpasang di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Sumber anonim itu juga mengatakan, kamera depan di kedua seri iPhone 14 tersebut akan tampil dengan fitur auto-focus.

Apple disebut-sebut berencana menggunakan kamera buatan LG Innotek untuk seri iPhone 15, namun perusahaan memajukan jadwal karena masalah teknis dengan kamera selfie buatan Tiongkok saat pengujian.

Karena tidak sesuai dengan standar dari Apple, perusahaan bentukan Steve Jobs itupun memutuskan untuk memutus kontrak dan menggantinya dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

(Ysl/Isk)