Sukses

Cara Matikan HP Oppo Reno7, Ada yang Manual dan Otomatis

Liputan6.com, Jakarta - Oppo telah memperkenalkan smartphone seri terbarunya untuk pasar Indonesia lewat lini Reno7. Untuk pasar Tanah Air, ada dua model Reno7 yang diluncurkan, yakni versi 4G dan 5G.

Sebagai salah satu model andalan, Oppo membekali smartphone ini dengan beragam fitur yang mumpuni. Termasuk, salah satunya adalah dari lini fotografi yang menawarkan kemampuan apik untuk mengambil foto dan video.

Nah, kali ini Tekno Liputan6.com akan mengupas cara untuk mematikan HP Oppo Reno7. Cara ini sebenarnya bisa pula diterapkan untuk model smartphone Oppo lainnya.

Menariknya, tidak hanya bisa mematikan perangkat secara manual, pengguna juga bisa melakukannya secara otomatis. Untuk diketahui, mematikan HP memang perlu dilakukan sesekali, meski tidak perlu terlalu sering.

Selain itu, dengan mematikan HP, pengguna juga bisa mengatasi sejumlah masalah yang mungkin muncul. Tanpa berlama-lama, berikut ini langkah-langkah mematikan HP Oppo Reno7.

Cara Manual

  • Langkah paling umum yang dilakukan adalah menekan tombol Power
  • Pengguna tinggal menekan tombol Power beberapa detik hingga muncul opsi untuk mematikan ponsel
  • Setelah muncul, kamu tinggal menggeser layar dan memilih opsi Turn Off
  • Untuk versi 4G, selain tombol Power, pengguna juga perlu menekan tombol Volume Atas untuk memunculkan opsi Turn Off

Cara Otomatis

  • Buka menu Settings, pilih Additional Settings dan buka Automatic on/off
  • Untuk mematikan HP Oppo secara otomatis, aktifkan Auto Power-OffL
  • Lalu, atur waktu yang diinginkan dan pilih jadwalnya dengan mengklik Save
  • Untuk menghidupkan kembali secara otomatis, aktifkan Auto Power-On
  • Pengguna tinggal mengatur waktu yang diinginkan dan pilih Save

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo Reno7 5G

Untuk spesifikasi, Oppo Reno7 5G dipersenjatai dengan chipset MediaTek Dimensity 900 5G. HP Oppo terbaru ini memiliki RAM 8GB yang dapat diperluas hingga 5GB, serta memori internal 256GB yang dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 1TB.

Sebagai penunjang performanya, smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 4.500mAh yang mendukung 65W SuperVOOC. Dengan kemampuan itu, Oppo mengklaim smartphone ini bisa terisi penuh dalam waktu 31 menit.

Oppo Reno7 5G dilengkapi material penampang belakang yang dibuat dengan proses Laser Direct Imaging (LDI). Teknik ini diterapkan untuk meniru gambaran jejak bintang dan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron.

Smartphone ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci yang mendukung refresh rate 90Hz. Reno7 5G tersedia dalam dua pilihan warna, yakni star trails blue dan starry black.

Untuk kamera, Reno7 5G memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP f/1.7, lensa wide angle 8MP f/2.2, serta lensa makro 2MP f/2/4. Sementara kebutuhan selfie, Oppo menyertakan kamera depan 32MP.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno7 di Indonesia

Oppo Reno7 didukung Ultra-Sensing Selfie dengan sensor IMX709 yang memiliki sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan Oppo. Sensor ini mampu menangkap cahaya 60 persen lebih banyak daripada sensor RGGB standar, sekaligus mengurangi noise hingga 35 persen.

Adapun sensor ini digunakan untuk kamera depan Reno7 yang beresolusi 32MP. Berbekal sensor ini, kamera depan smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur andalan, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.

Beralih ke spesifikasi, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 680 yang dipadukan RAM 8GB dan ROM 25GB. Oppo juga membenamkan fitur RAM Expansion di smartphone ini untuk memberikan tambahan tenaga saat menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Smartphone terbaru Oppo ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dan mendukung refresh rate 90Hz. Layar perangkat ini juga sudah bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD untuk memutar video berkualitas tinggi.

Smartphone ini melanjutkan desain ikonik dari seri Reno yang diberi nama Ultra-Slim Retro Design. Ada dua warna yang diperkenalkan kali ini, yakni sunset orange dan cosmic black.

Reno7 sunset orange hadir dengan warna oranya cerah dan memiliki desain kulit fiberglass yang diterapkan pertama kali di smartphone. Sementara warna cosmic black menampilkan desain Oppo Glow yang ikonik.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo Reno7

Dalam hal fotografi, Reno7 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa bokeh 2MP, serta lensa mikro 2MP. Untuk membuka perangkat, ada fitur pemindai sidik jari di layar.

Sebagai penunjang performanya, perangkat ini dilengkapi baterai 4.500mAh dan sudah mendukung SUPERVOOC 33W. Dengan kemampuan tersebut, Oppo mengklaim baterai smartphone ini bisa terisi penuh dalam waktu 60 menit.

Oppo Reno7 menjalankan ColorOS 12 yang sudah berbasis Android 12. Selain deretan fitur baru, ColoroS 12 juga menjamin keamanan dan privasi data pengguna karena sudah tersertifikasi ISO, ePrivacy, serta TrustArc.

Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 5.199.000. Oppo Reno7 dapat dibeli secara eksklusif di laman resmi Oppo Indonesia. Sementara pembelian secara offline dilakukan di jaringan Oppo Store dan partner retail Oppo di seluruh Indonesia.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)