Sukses

Sony Akan Rilis Fitur Edit Video Pendek seperti TikTok di PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru-baru ini meluncurkan fitur baru untuk Share Factory Studio PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan pengguna membuat video gameplay pendek dengan pre-set seperti di TikTok.

Dalam blog resmi PlayStation Rabu pekan lalu, Stuart Platt, Senior Producer di Sony Interactive Entertainment mengungkapkan nama dari mode tersebut adalah Bits.

"Bits adalah cara yang disederhanakan untuk mempersonalisasi dan membagikan klip gameplay dan tangkapan layar Anda ke teman-teman Anda di PS5," kata Stuart, dikutip Selasa (21/6/2022).

Menurut perusahaan, pengguna dapat memilih salah satu dari banyak style Bit yang telah dikurasi untuk membuat meme yang sedang trending atau terkenal dengan cepat.

Selain itu, pengguna PlayStation 5 juga dapat memakai mode Quick Edit untuk membuat Bit sendiri. Sony mengklaim, mode pengeditan baru ini sangat ideal untuk editor pemula ataupun profesional.

Stuart menambahkan, Bits juga menjadi pendamping sempurna untuk fitur Game Captures yang baru dirilis di PS App.

Semua Bit yang dibuat di Share Factory Studio juga dapat diakses secara otomatis dari ponsel dan kemudian dibagikan ke aplikasi sosial favorit.

Pemain pun akan mendapatkan tema Bits baru yang dirilis setiap pekannya. Selain itu, tema Bits juga akan didasarkan pada acara-acara khusus, musim liburan, atau konten yang sedang trending.

"Tujuan kami dengan Bits adalah untuk membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi gamer PlayStation membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony.

Sebagai informasi, dikutip dari Engadget, Share Factory Studio adalah aplikasi editing gratis PlayStation yang memungkinkan pemain mengambil dan mengedit cuplikan permainan secara langsung di konsol, dan membagikannya di media sosial.

Aplikasi ini dikemas dengan fitur editing video dan audio, termasuk dukungan untuk video HDR dan kemampuan untuk menambahkan animasi, stiker, filter, dan efek suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Game Final Fantasy XVI Bakal Rilis di PS5 Musim Panas 2023

Square Enix akhirnya mengumumkan bahwa judul terbaru dari waralaba Final Fantasy, Final Fantasy XVI, bakal dirilis pada musim panas 2023 mendatang untuk platform PlayStation 5 (PS5).

Hal ini disampaikan Square Enix dalam serangkaian acara State of Play yang digelar oleh PlayStation. Meski begitu, belum ada tanggal spesifik kapan gim ini akan diluncurkan.

Mengutip Engadget, Jumat (3/6/2022), Final Fantasy XVI (FFXVI) pertama kali diumumkan pada September 2020. Tim pengembang saat ini menjanjikan bakal merilis lebih banyak informasi di 2021.

Namun pada Desember 2021, tim pengembang mengungkapkan bahwa gim ini harus molor enam bulan dari jadwal karena pandemi. Akhirnya, melalui State of Play, sebuah trailer pun dirilis.

 

3 dari 4 halaman

Dalam Tahap Penyempurnaan

Hiroshi Takai, Director FFXVI, mengatakan dalam trailer terbarunya, mereka memperkenalkan beberapa Eikons baru, serta memberikan gambaran lebih rinci soal sistem pertempuran di dalam game ini.

"Dengan progres pengembangan, dengan senang hati saya umumkan bahwa game ini sepenuhnya dapat dimainkan dari awal hingga akhir," kata Takai melalui blog PlayStation.

Namun, Takai juga mengakui baik dari pengoptimalan hingga penyempurnaan, masih ada "segunung tantangan yang harus diatasi saat kami menuju dorongan terakhir kami."

Selain itu, menurut produser dari game ini Yoshida Naoki, tim di bahwa arahan Hiroshi Takai, telah memasuki tahap akhir pengembangan dan berfokus pada pemolesan. 

 

4 dari 4 halaman

Latar Dunia Final Fantasy XVI

FFXVI akan berlatar di sebuah dunia fantasi bernama Valisthea, tempat orang-orang bisa hidup berkat pegunungan kristal bernama Mothercrystals.

Di Valisthea, terdapat enam faksi yang berkuasa yaitu Grand Duchy of Rosaria, Holy Empire of Sanbreque, Kingdom of Waloed, Dhalmekian Republic, Iron Kingdom, dan Crystalline Dominion.

Di game ini, Eikons, monster yang dipanggil dipanggil oleh atau diwujudkan melalui manusia bernama Dominants, akan menjadi plot utama dari cerita di FFXVI.

Untuk karakter, beberapa yang sudah diungkap adalah sang protagonis yaitu Clive Rosfield, Joshua Rosfield, Jill Warrick, Hugo Kupka, dan Benedikta Harman.

Sejauh ini, Final Fantasy XVI baru akan dirilis secara eksklusif untuk PS5. Belum diketahui apakah gim ini juga bakal diluncurkan untuk platform lain.

(Dio/Ysl)