Sukses

iPhone SE 2022 Rilis di Indonesia 17 Juni 2022, Harga Mulai Rp 7 Juta

iPhone SE 2022 bakal rilis di Indonesia pada 17 Juni 2022, iPhone ini bakal dibanderol Rp 7,9 juta dan mengusung konektivitas 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Erajaya Group bakal memboyong iPhone SE 2022 sebagai iPhone terjangkau di Indonesia. Kelompok retail ini menyebut, iPhone SE 2022 akan mulai bisa dibeli pada 17 Juni 2022.

Pada saat penjualannya dimulai, iPhone SE 2022 akan dijual mulai dari Rp 7,9 juta di semua jaringan outlet Erafone, iBox, dan Urban Republic di seluruh Indonesia, ditambah dengan di Official Store iBox serta Erafone di Shopee.

Erajaya akan memboyong iPhone SE 2022 dalam tiga balutan warna yakni midnight, starlight, dan Product (Red).

Mengutip informasi dari kedua situs Digimap dan iBox, ada tiga varian memori yang tersedia, yakni 64GB, 128GB, serta 256GB.

iPhone SE 2022 64GB : Rp 7.999.000

iPhone SE 2022 128GB : Rp 9.499.000

iPhone SE 2022 256GB : Rp 10.999.000

Koneksi 5G

iPhone SE 5G 2022 kini mendukung jaringan 5G karena sudah menggunakan chipset A15 Bionic. Chipset tersebut juga digunakan pada iPhone 13 Series.

Dari sisi bodi, Apple masih menggunakan desain yang sama dengan model terdahulu. iPhone ini memiliki layar Retina HD 4,7 inci dengan bodi yang terbilang ringkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan di Kamera

Apple menyematkan satu kamera 12MP di bagian belakang. Berbekal kemampuan chipset terbaru, iPhone ini memiliki peningkatan dari sisi fotografi.

Dua fitur yang hadir di iPhone SE 2022 adalah Deed Fusion dan HDR 4 yang mampu meminimalisir kontras tinggi sekaligus meredam noise dengan lebih baik. Kedua fitur itu juga hadir di seri iPhone 13.

Sementara untuk kebutuhan selfie, smartphone ini memiliki kamera depan beresolusi 7MP. Kamera itu mampu menunjang perekaman video HD 1080p.

Sejumlah fitur lain yang juga hadir di perangkat ini adalah WiFi 6, Bluetooth 5, serta NFC. iPhone SE 2022 turut dibekali sertifikat IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

3 dari 4 halaman

iOS 16

Sebelumnya, pada ajang konferensi pengembang WWDC 2022 kemarin, Apple resmi merilis update sistem operasi terbaru, iOS 16.

Pengguna pun bisa menyesuaikan warna, font, wallpaper, dan lain-lain. Selanjutnya, iOS 16 juga memungkinkan pengguna menambahkan widget seperti jadwal, suhu, dan lain-lain.

iOS 16 juga menambahkan fungsi pemeriksaan keamanan untuk melindungi keselamatan pribadi pengguna.

Sekadar informasi, pemeriksaan keamanan memungkinkan pengguna untuk menggunakan tombol reset darurat yang berhenti berbagi lokasi dan mengatur ulang izin operasi sistem untuk semua aplikasi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Senior Apple, Craig Federighi, mengatakan, iOS 16 menjanjikan berbagai fitur baru, opsi personalisasi, dan tentunya tampilan lock screen yang dirombak. Apa saja?

Lock Screen

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Cukup dengan menggeser layar, pengguna iOS kini dapat dengan bebas mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood pada saat itu.

Agar dapat lebih memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan lock screen, Apple juga sudah menyediakan beragam wallpaper untuk dipakai.

4 dari 4 halaman

Fitur-Fitur di iOS 16

Notifikasi

Perusahaan juga melakukan perombakan dalam hal notifikasi di lock screen, dimana biasanya tampil menumpuk di layar kini akan "roll" di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur "live activities" yang akan menampilkan notifikasi terkait dengan aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan pakai Uber.

Live Text

Tak hanya dipakai untuk mengenali teks di foto, kini fitur Live Text juga dapat berfungsi dalam format video.

Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan ketika pengguna menggunakan Live Text di foto atau video.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menambahkan pustaka foto iCloud bersama, dimana fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.

Photos akan memberikan saran berbagi dan pengeditan gambar serta kata kunci akan disinkron untuk semua pengguna iPhone, iPad hingga Mac. 

Ubah Tampilan iMessage

Apple juga merombak besar-besaran aplikasi pesan bawaan mereka, yakni iMessages. Di iOS 16, pengguna kini dapat mengedit pesan dan menghapus pesan yang sudah terkirim.

Pengguna juga kini dapat memanfaatkan fitur SharePlay di aplikasi Messages. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur dikte ke dalam aplikasi Messages.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.