Sukses

Cek Link Twibbon Pilihan Hari Perawat Internasional Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hari Perawat Internasional selalu diperingati pada 12 Mei setiap tahunnya. Sesuai namanya, Hari Perawat Internasional merupakan peringatan atas kontribusi perawat terhadap masyarakat.

Mengutip informasi dari International Council of Nurses, Kamis (12/5/2022), 12 Mei dipilih karena sekaligus merupakan kelahiran Florence Nightingale, sosok penting dan pelopor keperawatan modern.

Tema Hari Perawat Internasional 2022 adalah 'Nurses: A Voice to Lead - Invest in Nursing and Respect Rights to Secure Global Health' atau 'Perawat: Suara untuk Memimpin - Menanamkan Keperawatan dan Hormati Hak Mengamankan Kesehatan Global'.

Tema itu dirasa relevan karena dalam dua tahun terakhir peran perawat begitu terasa. Sebab, di tengah dunia yang sedang mengalami pandemi Covid-19, petugas kesehatan termasuk perawat menjadi garda depan dalam penanganannya.

Oleh sebab itu, apresiasi sebesar-besarnya juga perlu diberikan pada para perawat. Ada banyak cara untuk menyatakan bentuk apresiasi dan dukungan di Hari Perawat Internasional saat ini.

Salah satunya adalah menggunakan Twibbon dengan tema Hari Perawat Internasional. Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun seseorang.

Twibbon bisa digunakan untuk foto profil Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Tidak hanya itu, Twibbon juga bisa dikirimkan ke orang lain sebagai bentuk ucapan.

Nah, untuk memperingati Hari Perawat Internasionial dengan Twibbon, Tekno Liputan6.com akan memberikan rekomendasi link Twibbon yang bisa kamu pakai. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

  • twb.nz/nurseday22
  • twb.nz/mhsperawat
  • twb.nz/internationalnursesday2022
  • twb.nz/hariperawatseduniawithrssc
  • twb.nz/rsbmsind2021a
  • twb.nz/rsyossudarso
  • twb.nz/rsbaidn2022
  • twb.nz/wnd22-voicetolead-rsudciawi
  • twb.nz/hariperawatinternasional22
  • twb.nz/perawatgrandmed
  • twb.nz/hariperawatinternasionalrsbs
  • twb.nz/hariperawatinternasionall

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hari Perawat Nasional, Mengenal Sejarah dan Perannya

Di sisi lain, untuk mengingat jasa para perawat Tanah Air, ada satu hari yang ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional yakni setiap 17 Maret.

Tanggal ini bertepatan dengan berdirinya organisasi profesi perawat yakni Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tepatnya pada 17 Maret 1974.

PPNI menjadi organisasi satu-satunya yang mewadahi perawat di Indonesia, seperti dilansir dari laman resminya. Organisasi ini hadir sebagai wadah pembuatan kebijakan, pemersatu, pembina, pengembang, dan pengawas keperawatan di Indonesia (AD-ART PPNI, 2015).

Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 26 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 38 Tahun 2014 mendefinisikan keperawatan sebagai “kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat,” mengutip laman resmi PPNI, Kamis (17/3/2022). 

3 dari 4 halaman

Peran Perawat

Lebih lanjut, perawat juga memiliki berbagai peran. menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Pusdatin Kemenkes) 2017, peran-peran perawat meliputi:

- Care provider (pemberi asuhan).

- Manager and community leader (pemimpin komunitas).

- Educator (pendidik).

- Advocator (pembela).

- Researcher (peneliti).

Seorang perawat tidak hanya ditujukan untuk mengobati individu saja, tetapi juga memiliki peran yang lebih luas. Maka dari itu, profesi perawat ditempatkan di jajaran terdepan perubahan dunia kesehatan. 

Seperti profesi lain, perawat juga memiliki kode etik yang mesti dipatuhi. Kode etik perawat yakni:

Perawat dan Klien :

1. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, dan agama yang dianut serta kedudukan sosial.

2. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari klien.

3. Tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhan keperawatan.

4. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh berwenang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

4 dari 4 halaman

Kode Etik Perawat

Perawat dan Praktik :

1. Perawat memelihara dan meningkatkan kompetensi di bidang keperawatan melalui belajar terus menerus.

2. Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertai kejujuran profesional yang menerapkan pengetahuan serta keterampilan keperawatan sesuai dengan kebutuhan klien.

3. Perawat dalam membuat keputusan didasarkan pada informasi yang akurat dan mempertimbangkan kemampuan serta kualifikasi seseorang bila melakukan konsultasi, menerima delegasi dan memberikan delegasi kepada orang lain.

4. Perawat senantiasa menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan dengan selalu menunjukkan perilaku professional.

Perawat dan Masyarakat :

1. Perawat mengemban tanggung jawab bersama masyarakat untuk memprakarsai dan mendukung berbagai kegiatan dalam memenuhi kebutuhan dan kesehatan masyarakat.

Perawat dan Teman Sejawat :

1. Perawat senantiasa memelihara hubungan baik dengan sesama perawat maupun dengan tenaga kesehatan lainnya, dan dalam memelihara keserasian suasana lingkungan kerja maupun dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan secara menyeluruh

2. Perawat bertindak melindungi klien dari tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan secara tidak kompeten, tidak etis dan ilegal.

Perawat dan Profesi :

1. Perawat mempunyai peran utama dalam menentukan standar pendidikan dan pelayanan keperawatan serta menerapkannya dalam kegiatan pelayanan dan pendidikan keperawatan.

2. Perawat berperan aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan profesi keperawatan.

3. Perawat berpartisipasi aktif dalam upaya profesi untuk membangun dan memelihara kondisi kerja yang kondusif demi terwujudnya asuhan keperawatan yang bermutu tinggi. 

(Dam/Tin)