Sukses

Apple Pensiunkan Port Lightning iPhone dan Pakai USB Type C Mulai 2023?

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan pensiunkan port Lightning pada iPhone dan menggantikannya dengan port USB Type C mulai tahun depan. Informasi ini berdasarkan pernyataan dari analis Ming-Chi Kuo.

Dalam sejumlah cuitan, Kuo mengatakan, Apple akan memulai perubahan tersebut pada 2023.

Kuo mengatakan, adopsi USB Type C pada iPhone bisa meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone, namun untuk spesifikasi akhirnya masih tergantung pada dukungan iOS.

"Survei terbaru saya mengindikasikan iPhone 2023 akan meninggalkan port Lightning dan berganti ke port USB Type C. USB Type C bisa meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya dalam desain hardware, namun spesifikasi detail final masih tergantung pada dukungan iOS," kata Ming melalui akun Twitter.

Prediksi Kuo bukannya hal baru. Sebelumnya, rumor dan spekulasi bahwa Apple mengadopsi USB Type-C untuk iPhone telah beredar selama bertahun-tahun lalu.

Mengutip The Verge, Kamis (12/5/2022), industri smartphone umumnya telah menganut standar port USB Type C. Apple sendiri telah menambahkan port USB Type C ke iPad terbarunya dan menggunakan port Thunderbolt yang dengan USB Type C di sejumlah produk Mac.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Tekanan dari Regulator Uni Eropa

Bukan hanya dari industri, tekanan untuk beralih ke USB Type C juga muncul dari pembuat kebijakan. Pasalnya, Komisi Uni Eropa masih mempertimbangkan adanya aturan yang mewajibkan penggunaan port USB Type C pada smartphone dan perangkat elektronik lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengurangi limbah elektronik dengan menstandardisasi pengisi daya dan kabel data.

Sayangnya, Apple selalu menentang gagasan tersebut. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bahkan disebut-sebut mau membuat iPhone tanpa port dan mengandalkan pengisian daya nirkabel dan transfer data alih-alih menggunakan port USB Type C.

Tahun lalu pun, Ming Chi Kuo pun memperkirakan Apple tidak mempertimbangkan penggunaan port USB Type C. Pada Maret 2021, ia menyebut, Apple berencana mempertahankan port Lightning di iPhone untuk beberapa waktu yang yang bisa diperkirakan.

Berdasarkan rumor dari MacRumors dalam artikelnya baru-baru ini, saat Apple memperkenalkan standar port Lightning pada September 2012, Phil Schiller menyebutnya sebagai "konektor modern untuk dekade berikutnya."

3 dari 4 halaman

Tiga iPhone Tak Dapat Update iOS 16

Terlepas dari itu, sebelumnya saat iOS 16 diumumkan akhir tahun ini, kemungkinan akan ada tiga iPhone yang tidak lagi mendapatkan update iOS 16, meski kini ketiganya masih mendapatkan update software iOS 15.4.

Mengutip laman Tomsguide, Minggu (1/5/2022), berdasarkan tipster Apple LeaksApplePro, akan ada tiga iPhone yang kini menjalankan iOS 15, namun tidak akan mendapatkan iOS 16.

Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016).

Jika dicermati, ini bukan pertama kalinya beredar isu bahwa iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016) tidak akan mendapatkan update iOS 16. Tahun lalu, sumber berbeda menyatakan hal serupa.

Sebelumnya, di tahun lalu saat menghadirkan iOS 15, Apple memberikan kejutan yang menyenangkan. Di mana, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa diperbarui software-nya hingga iOS 15.

Namun seiring iOS yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dan daya komputasi yang lebih kuat, kejutan menyenangkan seperti di atas tidak bisa terus ada.

4 dari 4 halaman

Terlalu Lawas

Apalagi, iPhone 6S dan generasi pertama iPhone SE 2016 telah berusia masing-masing 7 dan 6 tahun pada tahun 2022 ini. Jadi sepertinya tidak begitu mengejutkan jika Apple menghentikan dukungan update iOS untuk ketiga model iPhone di atas.

Sebenarnya, mendapatkan dukungan update iOS hingga tujuh tahun lamanya menunjukkan betapa baiknya Apple dibandingkan berbagai merek ponsel Android.

Seperti diketahui, pembesut smartphone Samsung dan Google baru-baru ini saja mengumumkan dukungan software lebih panjang untuk perangkatnya.

Meski begitu, langkah Google dan Samsung tersebut masih belum bisa menyamai apa yang dilakukan Apple, yang telah menyuguhkan update iOS selama bertahun-tahun lamanya.

Tipster LeaksApplePro menyebut, iOS 16 akan hadir dengan fitur iOS yang lebih kaya, widget interaktif, pemintas 'quick action' yang bisa dipakai dari lockscreen, dan penyempurnaan kecil di aplikasi File serta Reminders.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, iOS 16 disebut-sebut akan menambahkan fitur pelacakan kesehatan baru dan kemampuan headset VR/ AR Apple yang akan datang.

Jika kamu adalah pemilik iPhone 6S, kehilangan iOS 16 bukanlah akhir dari segalanya. Pengguna tidak memerlukan iOS versi terbaru untuk menggunakan iPhone kamu sepenuhnya, tetapi mungkin pengguna akan merasa kehilangan jika ada sebuah fitur yang sangat menyenangkan diperkenalkan di generasi iOS mendatang.

(Tin/Isk)