Sukses

Samsung Perkenalkan Produk Terbaru di Lini NEO QLED 8K

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kembali menggeler sesi Media Forum 2022 untuk memperkenalkan deretan produk terbarunya untuk tahun ini. Kali ini, Samsung mengungkap model TV generasi terbaru beserta perangkat audio yang mendukung dan aksesoris. 

"Media Forum memberikan kesempatan untuk menjadi yang pertama menyaksikan langsung produk terbaru kami, menyajikan pemahaman mendalam tentang teknologi dan inovasi yang membuat jajaran produk baru tahun ini begitu unik," tutur Executiive Vice President of Visual Display Business Samsung Electronics, Simon Sung.

Salah satu yang diperkenalkan Samsung kali ini adalah TV NEO QLED 8K. TV terbaru ini memanfaatkan teknologi Quantum Mini LED dan didukung prosesor Quantum 8K yang lebih canggih.

TV ini disebut mampu menyajikan warna dan kualitas gambar paling akurat karena didukung dengan contrast mapping 14-bit serta fitur upscalling cerdas berbasis kecerdasan buatan.

Fitur lain yang juga dibenamkan di seri NEO QLED TV 2022 adalah Smart Calibration dan EyeComfort Mode. Dengan Smart Calibration, pengguna dapat mengkalibrasi layar TV mereka dari menu atau melalui aplikasi Smart Calibration di smarpthone.

Sementara dengan EyeComfort Mode, TV akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya yang terdeteksi di lingkungan sekitar. Fitur ini memanfaatkan kombinasi sensor cahaya bawaan serta waktu Matahari terbit dan terbenam.

NEO QLED 2022 juga hadir dengan pembaruan UX termasuk kehadiran sejumlah fitur untuk mendukung pengalaman bermain game. Adapun salah satu fitur tersebut adalah Cloud Gaming yang memungkinkan pengguna bermain game secara streaming, tanpa perlu memasang atau mengunduh game terlebih dulu.

Lalu, Samsung juga menyertakan dukungan HDR10+ Gaming untuk pengalaman gaming lebih responsif dan akurat. Tidak ketinggalan, Samsung juga membuat mode khusus game berdasarkan genre, sehingga pengaturannya bisa dioptimalkan untuk hampir semua genre, seperti FPS, RPG, termasuk sport.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Fitur Multi-Device

Pada jajaran TV untuk tahun ini, Samsung juga menyertakan serangkaian fitur dan kemampuan untuk mendukung pengalaman multi-device. Karenanya, UI di jajaran TV Samsung tahun ini tampil baru dengan Smart Hub yang memudahkan kategorisasi fitur dan konten.

Lalu, ada pula SmartThings yang memungkinkan TV menjadi sebuah central hub. Jadi, pengguna bisa mengontrol berbagai perangkat pintar lain di dalam rumah dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Samsung juga menghadirkan fitur MultiView yang memungkinkan pengguna membagi layar TV menjadi empat. Dengan cara ini, pengguna dapat menonton konten dari empat sumber berbeda dalam satu waktu.

Pada lini TV premium tahun ini, Samsung juga menghadirkan aplikasi Samsung Health untuk melacak aktivitas dan rutinitas pengguna. Samsung juga membenamkan aplikasi Google Duo agar pengguna bisa melakukan panggilan video.

Sementara dari sisi audio, Samsung menghadirkan perangkat soundbar Q990B yang menawarkan komposisi 11.1.4 channel Dolby ATMOS, disertai wireless rear speaker, main body, serta sebuah subwoofer.

Perangkat ini juga dibekali teknologi Q-Symphony yang menciptakan 3D soundscape dengan melakukan sinkronisasi output dari soundbar dan Samsung QLED TV. Kombinasi tersebut menghadirkan pengalaman audio sinematik.

Soundbar 2022 juga diperkuat dengan Wireless Dolby Atmos untuk menghadirkan pengalaman audio berkualitas secara nirkabel. Samsung juga menambahkan speaker top channel untuk menciptakan pengalaman suara 3D.

Untuk tahun ini, Samsung turut menghadirkan jajaran soundbar ultra slim bagi pengguna yang menginginkan fleksibilitas dan menyatu dengan desain interior rumah. Pada soundbar S Series, Samsung juga menghadirkannya dengan desain baru, termasuk lapisan logam yang ramping dan ukuran yang ringkas.

3 dari 4 halaman

Aksesoris

Untuk tahun ini, Samsung juga menghadirkan sejumlah aksesoris, termasuk wall mount atau TV stand untuk memberikan personalisasi yang lebih baik dalam menggunakan TV. Ada Slim Fit Wall Mount yang memungkinkan pengguna memutar TV sekaligus mempersempit celah antara TV dan dinding.

Lalu, ada wall mount My Shelf yang mendukung pengguna untuk mendekorasi dinding sekitar TV agar bisa menampilkan ruangan lebih estetik. Aksesoris lain adalah Studio Stand Solution yang sudah diperbarui dengan finishing tembaga.

Aksesori baru yang diperkenalkan Samsung adalah Auto-Rotation. Aksesoris ini memungkinkan pengguna menikmati pengalaman menonton berbagai konten TV dalam format vertikal, seperti The Sero pada 2021.

Mulai tahun ini, Samsung juga berupaya sistematis mengurangi emisi gas rumah kaca dengan kampanye Going Green. Salah satu dilakukan dengan menyediakan Eco-Packaging untuk produknya, yakni kemasan yang dirancang khusus dapat digunakan kembali dan didaur ulang.

Pada tahun ini, Samsung turut memastikan turut mengurangi penggunaan tinta untuk teks dan grafik hingga 90 persen. Langkah lain yang diambil adalah meniadakan semua staples logam dari kemasan, sehingga kemasan tersebut lebih mudah didaur ulang dan mengurangi jumlah total limbah.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia